• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Siomay & Batagor Bandung yang Super Enak tapi Banyak Orang Jakarta yang Nggak Tahu!

5 Siomay & Batagor Bandung yang Super Enak tapi Banyak Orang Jakarta yang Nggak Tahu!

Mau cari 5 tempat jajan siomay dan batagor di Bandung yang beda dari biasanya? 5 tempat ini wajib kamu coba!

Bandung memang terkenal banget dengan wisata kulinernya. Selain punya tempat makan berkonsep alam terbuka, Bandung juga punya deretan jajanan seru. Rasanya, belum ke Bandung kalau belum jajan yang namanya siomay dan batagor. Umumnya, tempat-tempat jajanan di Bandung, siomay dan batagor selalu tersedia barengan.

Nama-nama seperti Batagor Riri dan Kingsley mungkin udah sering kamu denger dan langganan untuk oleh-oleh. Tapi tahu nggak? Di luar kedua nama tersebut, masih banyak banget siomay dan batagor enak yang juga nggak kalah ramai pengunjungnya. Penasaran di mana aja? Ini dia!

Batagor Abuy

“Sore-sore atau malam hari arahkan kendaraan ke Jalan Lengkong Besar karena di sana ada pujasera yang jual banyak pilihan jajanan, yang salah satunya bernama Batagor Abuy. Batagor campur siomay ini memang salah satu favoritnya warga Bandung karena rasanya yang gurih dan disajikan dengan bumbu kacang yang legit. Enaknya karena pujasera, tentu kamu bisa jajal makanan lain seperti otak-otak, martabak, hingga bubur.” — Let’s Go Eat, Food Blogger http://letsgoeatall.blogspot.co.id/

A photo posted by Novika Ryandari (@vikhaira) on

Baso Tahu Mang Ade

Nah, kalau lagi belanja ke daerah Riau, jangan lupa belok sedikit ke Jl. Ternate. Di sini ada siomay enak yang tempatnya cuma modal gerobak pinggir jalan aja. Namanya Baso Tahu Mang Ade. Meskipun cuma gerobak, tapi pelanggannya banyak banget! Jadi siap-siap sabar ngantri kalau ke sini.

Kamu bisa cicipin siomay yang teksturnya padat dan berasa banget ikannya. Beda banget deh sama kebanyakan penjual jalanan yang ngandelin tepung sama penyeda rasa. Yang bikin beda lagi, di dalam siomaynya juga ada potongan wortel. Harganya cuma Rp1700 lagi. Kalau ke sini sebaiknya dari sebelum makan siang (buka jam 10 pagi) karena saking lakunya jam 2 siang udah tinggal sisa-sisa aja. Plus, jangan hari Minggu ya!

Baca Juga: Jajanan Paling Hits Sepanjang Tahun 2015 

Bungtagor Lecker

“Kalau belum pernah dengar, Bungtagor itu sebenarnya rebung tahu goreng. Karena jajanan yang satu ini memang perpaduan antara batagor dengan lumpia khas Semarang. Sekilas kelihatannya sih memang kayak batagor yang digoreng pada umumnya, padahal dalemnya irisan rebung. Disajikannya dengan sambel cocol perpaduan bumbu kacang yang dicampur tauco, serta acar timun yang bikin seger mulut. Penasaran? Langsung ke outlet-nya di Jalan Sawah Kurung ya. Di sana pun tersedia bakar klaten yang disiram dengan bumbu rempah. Yummy!” Let’s Go Eat, Food Blogger http://letsgoeatall.blogspot.co.id/  

Baso Tahu Tulen

Yang satu ini juga langganan camilannya warga Bandung dan Jakarta. Tempat utamanya ada di Jalan Situ Indah, Pagarasih Barat, tapi sekarang sudah banyak banget cabangnya, kayak di Buah Batu, Setiabudi, Jl. Kemuning (samping Prima Rasa), bahkan di Rest Areanya Tol Pasteur. Nah, yang terakhir yang terbilang paling ramai. Pit stop-nya orang Jakarta yang butuh camilan sebelum macet-macetan pulang.

Baso Tahu Tulen itu namanya karena sebenarnya orang banyak mengenalnya dengan siomay. Di sini rasa ikan tengirinya cukup kuat, disajikan bisa dengan kentang kukus, telor rebus, kol, hingga pare. Khasnya lagi, bumbunya cukup pekat dengan tekstur kacang yang cukup kasar, dan tentu ada sensasi pedasnya. Sayang harganya Rp6000/buah. Mahal. Tapi enak sih.

Baca Juga: 4 Jajanan Kentang yang Lagi Banyak Dibeli Orang

A photo posted by Elsa Aprilia (@quenelz) on

Batagor Darto

Setelah puas foto-foto di Tebing Keraton, puaskan perutmu dengan jajan batagor di kawasan Simpang Dago. Di sana ada Batagor Darto yang sudah ada dari tahun 1980-an. Kamu bisa pilih batagor kering dengan bumbu kacang yang legit dan potongan mentimun, atau juga yang khas batagor kuah dengan campuran ceker ayam. Duh, langsung kebayang enaknya apalagi kalo musim hujan gini! Meski bentuknya warung sederhana, tapi lezatnya batagor bikin mahasiswa-mahasiswa rajin mangkal di sana. Apalagi Batagor Darto buka dari pagi – malam hari!

Sudah mulai ngiler pengin jajan siomay dan batagor di deretan tempat di atas? Kalau kami sudah!

This post was written by Kak Moza