5 Latihan untuk Cegah Badan Berotot, Kaki Kerempeng

Biasanya, orang terlalu fokus pengen punya dada atau otot tangan besar. Lalu lupa bahwa kaki nggak dilatih. Ini dia cara biar kaki berotot.

Tidak sedikit orang yang gemar berlatih angkat berat di gym, sibuk melatih tubuh bagian atas tapi malah kurang melatih tubuh bagian bawah mereka. Hasilnya? Postur tubuh yang nggak enak dilihat sebenarnya. Tubuh atas yang besar dan berotot, tapi pinggang ke bawah kecil. Betis dan paha harusnya sama-sama ikut menjadi besar dan berotot, bukan kerempeng seperti terlupakan. Pasti pernah melihat yang seperti itu, kan?

Mencegah itu ada beberapa bentuk latihan kaki yang bisa dilakukan. Setidaknya 2 kali seminggu. Dan semua mudah dilakukan.

Squat

A post shared by Personal Trainer (@lukas.amb) on

Alias jongkok. Bisa dimulai dengan squat menggunakan berat badan sendiri. Dari posisi berdiri, lalu tekuk kedua lutut ke depan dengan sudut 90 derajat. Tahan beberapa hitungan lalu berdiri lagi. Lakukan variasi dengan menggunakan beban. Kalau di gym bisa dengan dumbbell atau barbel. Di rumah? bisa dengan membawa galon air. Latihan ini secara teratur dan sering akan membentuk anggota tubuh pinggang ke bawah.

Baca juga: Olahraga Murah Meriah Demi Perut Sixpack

Calf raise

Yang betisnya masih kerempeng dan ingin terlihat agak berotot, wajib lakukan ini sering-sering. Mudahnya sih ini mirip dengan saat kita berusaha berjinjit. Lakukan dengan kedua kaki, tahan beberapa hitungan, lalu ulang sampai 15 atau 20 kali. Untuk level lebih lanjut, coba jinjit dengan satu kaki.

Walking lunges

Latihan ini harus dilakukan dengan membawa barbel di kedua tangan, dengan posisi di samping tubuh, setidaknya 2-5 kilogram. Prinsipnya sih, kita berjalan ke depan, tapi di setiap langkah yang kita buat kita menekuk kaki depan 90 derajat, dan kaki belakang 90 derajat ke bawah. Ini akan melatih paha, betis, dan pantat sekaligus. Jadi ini latihan mudah yang sempurna sebenarnya. Bahkan kalau punya barbel di rumah, kita nggak perlu jadi anggota gym sebenarnya.

Baca juga: Coba 5 Olahraga Murah Ini, Demi Lebih Fit di 2017

Leg press

A post shared by JP (@jpineapples7) on

Ini sebenarnya adalah bentuk lain dari squat, hanya posisinya saja diubah. Di mesin leg press, biasanya kita mulai dengan posisi baring dan beban ada di atas tubuh secara diagonal. Leg press melatih kurang lebih otot yang sama dengan squat, tapi kita lebih dimudahkan untuk mengangkat beban yang lebih berat ketimbang saat squat. Karena saat squat biasanya kita kewalahan dengan beban berat, yang justru lebih mudah dilakukan dengan leg press.

Leg extension

A post shared by Caleb Lynch (@lynchlifts) on

Latihan satu ini akan memperbesar paha. Tentu kita ingin bentuk paha yang seimbang dengan betis. Latihan dengan mesin biasanya dimulai dengan posisi duduk, dan kedua kaki terlipat ke bawah, hingga 45 derajat. Dengan penambahan beban, angkat kaki hingga lurus ke depan.

Setidaknya paket latihan kaki paling dasar sudah ada di daftar ini. Saat tak sempat ke gym, lakukan latihan mudah yang bahkan bisa kamu lakukan di dalam kamar. Lengkapi semua latihan di atas dengan kardio, seperti jalan cepat atau lari. Karena selain membakar lemak dan kalori, lari dan jalan di mesin treadmill juga melatih tubuh bagian bawah.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza