• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Hal yang Nggak Perlu Kamu Lakuin Ketika Ada Musibah

5 Hal yang Nggak Perlu Kamu Lakuin Ketika Ada Musibah

Memang semua orang gak pengen kena musibah. Tapi kalau kamu kena musibah, atau berada di lokasi musibah please jangan lakuin hal ini

Guys, Jakarta hari ini terkena musibah yang bikin siapapun jadi males ke Jakarta. Hari ini Jakarta terkena serangan bom oleh para teroris di daerah Sarinah. Maka, marilah kita sisihkan waktu untuk mendoakan para korban dan para polisi untuk memberantas selalu terorisme. Tentunya Indonesia bukan kali ini aja terkena serangan bom dan teroris. Parahnya, serangan bom kadang bisa dimana-mana, mulai dari cafe, toilet, hingga pos polisi. Banyaknya serangan teroris ini membuat kita perlu lebih berwaspada tapi nggak perlu lebay! Makanya kali ini Mozaic membagikan tips ketika musibah terjadi di sekitar kita. Ini dia 5 hal yang sebenernya nggak perlu kamu lakuin ketika ada musibah.

Tips Ketika Musibah: Jangan Mendekat ke Lokasi

A photo posted by DZAKI (@dzakikhairullah) on

Kamu sadar kan salah satu ciri khas orang Indonesia adalah suka kepo ketika ada musibah? Please deh, itu sama sekali nggak perlu. Ketika ada orang nabrak kamu suka kepo ngeliatin, bukannya nolongin tapi malah bikin macet. Sama seperti musibah lain kayak ada serangan teroris seperti hari ini, kamu sebaiknya menjauh dari lokasi. Nggak perlu sok-sok foto atau video kejadian dengan mendekat ke lokasi, kecuali kamu memang wartawan. Ketika ada musibah sebaiknya kamu melakukan hal-hal yang perlu saja. Selamatkan diri kamu, dan orang lain. Bukannya kepo!

Jangan Menambah Kepanikan

 

Untuk kondisi genting seperti musibah dan serangan teror bom, kamu boleh panik. Tapi kamu gak perlu bikin situasi jadi semakin sulit dengan bikin situasi jadi nggak jelas. Sebaiknya kamu menenangkan diri kamu dan tetap cari jalan keluar atau tempat aman terdekat. Semakin kamu tenang maka akan bermanfaat  untuk keselamatan kamu, dan orang lain. Fokus ketika ada peristiwa dan bencana itu perlu untuk mencari solusi yang efektif. Karena panik yang nggak jelas itu bisa bikin kamu melakukan hal yang gak perlu bahkan gak penting yang sama sekali gak ada manfaatnya. Intinya, panik untuk semua hal itu nggak perlu, apalagi jungkir balik gak jelas!

Jangan Share Foto Korban

 

 

A photo posted by @raisa6690 on

Share foto korban bom di social media merupakan hal yang sangat tidak perlu. Semakin banyak foto korban dan exposure dari serangan teror bom justru akan bikin para teroris seneng. Kebayang dong hancurnya perasaan para keluarga korban ketika melihat foto keluarga mereka di foto yang baru kamu share itu? Lagian buat apa sih?.

Paling Nggak Perlu Ketika Musibah: Menyebarkan Info Hoax

A photo posted by Rizki Nur (@rizkinur95) on

Ini sering banget kejadian! Ketika ada teror bom di sebuah tempat, banyak pihak iseng yang menyebarkan isu bom di tempat lain. Ini sama sekali nggak keren, guys. Bukannya bermanfaat, malah bikin orang lain panik. Menyebarkan info terkait serangan teror bom dengan tujuan biar temen dan keluarga kamu menghindari titik lokasi teror bom dan memastikan mereka baik-baik aja itu perlu banget guys. Tapi jangan nyebarin info-info hoax. Lihat dulu info-info dari pihak yang terpercaya seperti pihak kepolisian, baru deh kamu sebarin info itu.

Sembarangan Menyebarkan Postingan Musibah di Sosial Media

Dampak sosial media itu viral banget. Tapi dengan adanya hashtag #PrayForJakarta, #SaveJakarta bakalan bikin citra negara kita makin rusak. Kamu bisa bayangin kan karena kejadian ini, mata uang Rupiah makin anjlok dan Indonesia akan terancam travel warning? Makanya untuk menekan eksposure netizen yang berlebihan, kita perlu sama-sama meredam info-info yang bisa menghancurkan bangsa kita dan sama-sama membantu mengamankan Jakarta. Memang kita perlu mendoakan Jakarta agar bisa pulih dari serangan terorisme, tetapi gak perlu pasang di sosial media kamu. Mendingan, kamu tetap tenang, berdoa, dan bantu keadaan sekitar. Perlu kamu tau, makin banyak eksposure tentang terorisme di Indonesia, maka para teroris bakalan makin seneng karena misi mereka berhasil. Kamu gak mau itu terjadi kan?


Yuk sama-sama lawan teroris dengan share keadaan sekitar kamu aman di sosial media kamu dengan cantumin tagar #IamSafe dan #SafetyCheckJakarta 😀

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza