5 Hal Gampang yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jadi Seorang Pahlawan

Menjadi pahlawan di era modern seperti sekarang tidak melibatkan lagi bambu runcing atau pertumpahan darah!

Menyambut hari Pahlawan 10 November besok, kita sering selalu diminta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah meninggalkan kita, yang atas perjuangannya berhasil memberikan kita kemerdekaan.Kemerdekaan yang diwariskan pada generasi penerus, termasuk kita.

Dan kita beruntung, karena di waktu sekarang, kita nggak perlu angkat senjata untuk menjadi pahlawan. Kita nggak perlu melakukan penyerangan dengan bambu runcing dan menyerang musuh. Meski begitu, tetap ada cara untuk menjadi pahlawan di era modern. Semuanya gampang untuk dilakukan.

pahlawan modern

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Rasanya ini hal paling sederhana yang bisa kita lakukan. Mungkin bila kita sendiri yang melakukannya, hasilnya tak terlalu kentara. Tapi, bayangkan bila lebih dari 1000 orang mampu menanamkan sikap ini, sudah pasti daerah di sekitar bebas sampah dan nyaman serta asri. Menjadi bagian dari 1000 orang yang konsisten untuk menjaga kebersihan cukup memberikan kebanggaan. Kita sudah melakukan usaha terkecil untuk mengubah kondisi hidup di sekitar kita jadi lebih baik. Hitung-hitung ngeringanin bebannya Pak Ahok kalau kamu tinggal di Jakarta.

pahlawan modern

Membantu Orang Lain Menyeberang di Jalan

Sekali waktu kita pasti menemukan orang-orang dengan keterbatasan fisik yang berada di seberang jalan, dan tak mampu menyeberang sendirian. Langsung gerakkan dirimu untuk bantu mereka. Nggak cuma mereka saja, bisa juga orang tua yang kesulitan turun dari bis, orang buta yang berjalan pelan-pelan, atau rombongan anak kecil yang ingin menyeberang. Kamu nggak perlu menunggu dan melihat apakah ada orang lain yang akan membantu mereka. Kondisi-kondisi seperti ini tak perlu dipikirkan dengan ragu.

Baca Juga: Tokoh Ini Jadi Pahlawan di Bidang Olahraga untuk Indonesia

pahlawan modern

Nggak Melanggar Lampu Merah

Selain sampah, rasanya isu utama di kota besar adalah lalu lintas. Pengemudi-pengemudi yang tak sabaran, sering ditemukan mencoba mengejar pergantian lampu hijau ke merah, atau sebaliknya. Ini kebiasaan yang sudah pasti sangat berisiko. Kamu nggak perlu jadi bagian dari penantang bahaya kayak gini. Bener deh. Mending kita sama-sama jaga keselamatan diri dan orang lain di jalan. Bila ada 1000 orang yang berpikiran sama seperti kamu, kelancaran berkendaraan sudah pasti bisa dicapai.

pahlawan modern

Nggak Merokok di Sembarang Tempat

Pasti sudah tahu kan bahwa perokok pasif paling berisiko bila dibandingkan dengan si perokok sendiri? Menyebabkan orang lain sakit karena perbuatan kita tentu nggak keren. Untuk yang merokok, kamu juga masih bisa jadi pahlawan untuk orang lain kok. Caranya cuma dengan nggak merokok di sembarang tempat, apalagi di depan banyak orang. Pergi ke tempat terbuka atau memang ke ruang khusus merokok yang sudah banyak tersedia. Matikan atau menghindar kalau mulai banyak orang di sekitarmu, khususnya ibu-ibu hamil atau anak kecil. Yang paling hebat lagi? Berhenti merokok, dan jadi pahlawan untuk tubuh kamu.

pahlawan modern

Jadi Sukarelawan

Jadi pahlawan juga bisa dilakukan dengan jadi sukarelawan. Bisa apa saja dan di mana saja. Menjadi tutor bagi anak-anak jalanan atau bahkan turun langsung sebagai sukarelawan di tempat bencana alam. Buat yang nggak takut sama binatang, kucing atau anjing, kamu bisa meluangkan waktu untuk membantu menyelamatkan anjing dan kucing yang telantar di jalan untuk dirawat dan dimasukkan ke tempat penampungan hewan. Kalau kamu bisa merawat dan mengadopsi hewan yang terlantar tersebut, lebih keren lagi.

Cukup banyak bukan yang bisa dilakukan untuk bisa jadi seorang pahlawan, tanpa harus angkat senjata? Berbuat baik nggak pernah merugikan kamu. Dijamin, bakal ada sedikit rasa bangga setelah melakukannya.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza