• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Cara Menghindari Keracunan Makanan di Akhir Bulan

5 Cara Menghindari Keracunan Makanan di Akhir Bulan

Mau ngirit pas tanggal tua dan nggak mau sakit? Nih cara menghindari keracunan makanan!

Hey! Di akhir bulan gini, kamu pasti lagi ngirit banget soal makanan. Tapi terlalu ngirit juga nggak baik. Karena salah makan aja bisa bikin kamu keracunan. Apalagi akhir-akhir ini ada kasus seseorang yang meninggal karena keracunan. Kamu nggak mau di akhir bulan ini jadi berakhir tragis, kan? Walaupun kamu beli makanan lewat delivery service biar gak mati kelaparan, Kamu perlu memperhatikan makanan yang mereka sajikan, beracun buat kamu atau enggak!

Makanya kita pun bakalan ngasih tips untuk menghindari keracunan makanan dan minuman. Disimak ya!

Perhatikan Alat Makanan

via GIPHY

Alat makanan itu perlu banget kamu perhatikan sebelum makan. Karena alat makan itu akan berhubungan langsung ke mulut kalian. Sedikit aja bakteri jahat yang hinggap di alat makan kamu, maka kamu akan keracunan dan bisa ganggu aktifitas kamu! Makanya kamu perlu membersihkan alat makan dan gelas kamu sebelum makan dan minum.

 

via GIPHY

Ini juga berlaku untuk air minum dalam kemasan. Kamu kan nggak tau tempat penyimpanan minuman yang dijual di minimarket itu kayak gimana. Udah jadi sarang tikus atau sarang kecoa aja kamu nggak tau. Makanya sebaiknya sebelum diminum, kamu bersihin dulu deh permukaan dari minuman kaleng yang kamu mau minum atau kamu bisa minum pakai sedotan yang bersih. Lebih aman!

Hirup Aromanya

via GIPHY

Ini sih biasanya sebelum kamu menyantap kamu udah tau kalau makanan itu masih layak atau nggak. Tapi kita perlu mengingatkan kamu. Kali aja kamu lagi flu dan nggak bisa mencium aromanya, sebaiknya kamu tanya ke temen kamu kalau aromanya masih enak atau nggak. Tapi seenggaknya, kamu yakin makanan itu masih layak atau enggak. Jangan-jangan udah basi masih kamu makan lagi. Ewh!

Perhatikan Tekstur

via GIPHY

Tekstur makanan merupakan salah satu hal penting sebelum kamu mencicipinya. Pastikan makanan kamu atau minuman kamu dalam tekstur yang seharusnya. Jangan sampai makanan kamu sudah berjamur bahkan berlendir. Itu bahaya banget buat kesehatan. Tapi itu tergantung tekstur makanannya. Karena ada juga makanan yang sebenarnya teksturnya kurang bagus tapi rasanya enak. Yaa, kamu perlu berhati-hati aja deh, dan perlu lebih banyak tahu soal makanan.

Cicipi Rasanya

via GIPHY

Nah sebelum kamu benar-benar menyantap makanan atau minuman yang tersedia, sebaiknya kamu cicipi sedikit dulu, dan perhatikan rasanya. Kamu perlu pastiin, apakah makanan dan minuman yang kamu mau santap itu rasanya sudah seperti selayaknya makanan atau minuman yang biasanya kamu santap, atau memang aneh. Kalau memang ada yang aneh, mending jangan kamu makan!

Sebaiknya Masak Sendiri

via GIPHY

Perlu kamu tahu, keracunan makanan itu tidak berpengaruh dari mahal atau murahnya makanan dan yang kamu beli, melainkan dari komposisinya. Makanya kamu jangan pikir karena itu makanan atau minuman mahal, kamu nggak bakalan keracunan. Siapa tau kamu memang nggak cocok dengan salah satu bahan makanan atau minuman tersebut.

Makanya lebih baik kamu mulai belajar masak deh dari sekarang. Karena kalau kamu masak sendiri, kamu akan lebih tau keseluruhan isi dari makanan yang kamu buat. Tentu masakan sendiri akan jauh lebih sehat dan lebih murah daripada beli makanan di luar terus.

Kebetulan MatahariMall.com lagi ada sale Smart Choice! Home Appliance, nih! Mending kamu beli aja dari sekarang peralatan dapurnya, lalu mulai deh belajar masak! Yuk mulai pola hidup sehat, Guys!

114c83251860f8ab0b32fc2d50502ad1

Dari semua tips di atas, sebenarnya kita nggak mau bikin kamu paranoid tentang kasus keracunan makanan yang terjadi belakangan ini. Sebenarnya keracunan makanan dan minuman itu sudah sering terjadi.  Dan pada umumnya dikarenakan kurangnya kebersihan pada makanan atau minuman tersebut. Makanya kamu tidak perlu takut, melainkan waspada saja terhadap makanan dan minuman yang akan kamu makan. So, Stay healthy ya!

BACA JUGA

Butuh Referensi Tempat Makan? Follow Food Blogger Ini di Instagram

4 Kelakuan Orang Indonesia Saat Makan yang Dibenci Para Chef Restoran

Bingung Mau Sarapan di mana? Contek Tempat Makan Favorit Pilihan 4 Food Blogger Ini Saja!

4 Jajanan Kentang Super Unik yang Lagi Hits Banget saat Ini

Rekomendasi 4 Tempat Makan Bubur Paling Enak di Jakarta menurut Food Editor Ibukota

This post was written by Dianthi Nida