• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 4 Makanan Indonesia Yang Bentuknya Kurang Bagus Tapi Rasanya Enak Banget

4 Makanan Indonesia Yang Bentuknya Kurang Bagus Tapi Rasanya Enak Banget

Sebagai orang Indonesia, sudah seharusnya kita lebih sering menyantap masakan asli Indonesia dong. Yang pasti, semua masakan Indonesia itu enak-enak!

Selain terkenal akan kehindahan alamnya, Indonesia juga terkenal akan makanan tradisionalnya. Sebagai negara Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki beragam suku, budaya , dan bahasa, pastinya makin membuat Indonesia memiliki ragam makanan daerahnya yang begitu banyak. Makanan-mkanan khas ini tentunya nggak kalah enak dibandingkan dengan makanan luar negeri.

Tap masalahnya, banyak banget orang yang malas mencoba beberapa makanan Indonesia karena memiliki bentuk yang kurang bagus, ataupun bentuknya terlalu diacak-acak. Padahal, rasa makanan yang bentuknya kurang bagus tersebut justru enak banget!

Papeda

Pertama kali melihat papeda ini, banyak yang nggak percaya kalau ini adalah makanan. Bentuknya yang warna abu-abu transparan dan lengket ini membuat kamu mungkin jadi enggan untuk memakannya. Tapi tunggu dulu, papeda ini adalah makanan pokok khas dari Maluku dan Papua yang ternyata enak banget.

A video posted by @ridhooke on

Papeda ini adalah bubur yang terbuat dari tepung sagu, dan biasa disajikan dengan lauk dengan ikan tongkol bumbu kunyit, atau lauk-pauk ikan dan sayuran lainnya. Teksturnya yang kenyal dan memiliki rasa manis karbohidrat yang agak mirip dengan nasi ini banyak banget diincar oleh petualang kuliner setiap berkunjung ke Maluku atau Papua. Mau coba makan Papeda tanpa perlu jauh-jauh ke tempat asalnya? Mampir aja ke Restoran Yougwa di Kelapa Gading, Jakarta Utara!

Nasi Gila

Nah, walaupun bentuknya acak-acakan, makanan yang ini pasti sudah familiar banget bagi kita, warga urban Ibukota. Kamu bisa menemui nasi gila ini dimana-mana, mulai dari gerobak kaki lima hingga restoran di dalam mall.

A photo posted by Caryn 林笑笑 (@carynnlin) on

Nasi gila sendiri adalah nasi putih yang di atasnya ada tumisan sayuran yang dicampur dengan bakso, sosis, telur orak-arik, dan daging ayam, lalu berbumbu pedas seperti saus sambal. Selain dengan nasi putih, ada juga jenis varian lainnya, yaitu nasi goreng gila. Bedanya hanya nasi putih diganti dengan nasi goreng, lalu diatasnya tetap diberi tumisan ‘gila’. Rasanya yang hangat-hangat gurih ini bikin nasi gila dan nasi goreng gila pas banget untuk dinikmati kala lapar dimalam hari.

Binte Biluhuta

Dari namanya, mungkin terdengar asing bagi kamu. Ya, Binte Biluhuta ini adalah makanan khas Gorontalo yang terdiri dari sup jagung dengan isian ikan, udang, kelapa parut, belimbing sayur, daun kemangi, bawang merah, bawang daun, dan cabai. Isian yang banyak pada sup ini lah yang membuat tampilannya seperti sup acak-acakan. Namun sebenarnya, Binte Biluhuta ini mempunyai campuran rasa yang cukup unik, yaitu rasa pedas, pahit, dan kecut. Hal ini dikarenakan ada 3 bumbu yang digunakan untuk sup ini. Ada bumbu dari cabe rawit untuk rasa pedas, daun pepaya untuk menciptakan rasa pahit, dan jeruk nipis untuk sensai kecut. Kalau kamu nggak suka pedas, boleh banget kok untuk nggak pakai bumbu cabe rawitnya.

Rujak Cingur

Kamu yang berasal dari Surabaya pasti nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Kata ‘cingur’ sendiri adalah ‘mulut’. Jadi, rujak ini adalah rujak dengan irisan moncong (mulut) sapi yang direbus , lalu diiris-iris. Cingur tersebut dicampurkan dengan aneka sayuran, seperti mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kangkung, tauge, lontong, hingga tahu dan tempe. Wow, rame banget yah isinya. Yang bikin makin lezat, bumbu rujak cingur ini adalah sambal petis udang. Petis udang tersebut dicampurkan dengann bahan-bahan tadi, dan diacak-acak hingga bumbu tercampur semua.

A photo posted by Winny Charita (@winnycharita) on

Buat kamu yang belum pernah coba, rujak cingur ini memang punya penampilan acak-acakan yang aneh banget. Mungkin juga kamu akan berpikir ulang untuk mencobanya ketika tahu ada irisan moncong sapi rebus. Tapi kamu nggak perlu khawatir, walaupun penampilannya kurang oke, tapi rujak cingur punya rasa yang ‘maknyus’ banget deh!

Setelah melihat foto-foto dan deskripsi makanan diatas, mungkin kamu memang jadi malas untuk mencobanya. Tapi kamu harus ingat, ada pepatah “don’t judge a book by its cover’. Walaupun bentuknya kurang bagus, tapi kalau kamu coba pasti rasanya enak semua.

Baca Juga:
Cobain Juga Resep Kue Cubit Tradisional Dengan Rasa Green Tea Yang Lagi Ngehits
Nasi Goreng ala Indonesia Sekarang Juga Diberi Bumbu Rasa Green Tea!

This post was written by Dianthi Nida