4 Hal yang Wajib Tahu kalau Kamu Punya Cita-Cita Jadi Barista

Menjadi barista kedengarannya keren dan seru. Tapi, sebenarnya apa saja yang harus diperhatikan bila ingin jadi barista?

Budaya minum kopi, dan menjamurnya coffee shop atau kedai kopi di banyak wilayah secara nggak langsung bikin kehadiran profesi barista makin dikenal banyak orang. Kehadiran film “Filosofi Kopi” pun punya peran besar yang menggambarkan sedikit kehidupan seorang barista. Nggak heran kalau sekarang mulai banyak orang yang pengin jadi barista, terlebih karena kecintaan mereka pada kopi.

Kami pun sempat ngobrol dengan Adi Taroepratjeka, mantan barista dan coffee taster kelas internasional, soal apa saja sih yang harus seseorang bisa kalau mau jadi barista?

Memahami Perilaku Kopi

Dengan cinta yang besar pada kopi itu sendiri, seorang barista harus tahu karakteristik biji kopi yang ia racik. Karena kopi adalah produk alam yang sensitif, memahami sifat-sifat kopi akan sangat membantu dalam meracik minuman kopi yang bagus. Barista yang baik akan tanggap dengan perubahan kondisi biji kopi.

Bisa Mengoperasikan Mesin Kopi

Mesin pembuat kopi wajib kehadirannya di sebuah coffee shop. Seorang barista yang baik harus bisa mengoperasikannya. Dengan adanya mesin pembuat kopi dan pemahaman yang tinggi akan sifat-sifat kopi adalah kombinasi yang kuat dalam menghasilkan minuman kopi yang bagus pula. Nggak ada salahnya kamu punya mesin kopi di rumah seperti yang kami pernah bahas sebelumnya supaya lebih mahir meracik kopi.

Bisa Menggambarkan Rasa Kopi

Seorang barista yang baik, dengan cintanya yang besar pada kopi harus bisa menceritakan atau menggambarkan rasa kopi yang ia buat pada pelanggan. Kemampuan bercerita tentang minuman yang diraciknya menjadi poin khusus untuk seorang barista. Nggak sedikit pelanggan coffee shop yang justru menantikan cerita-cerita di balik minuman kopi. Cerita ini membuat mereka tertarik mencoba minuman kopi yang sebelumnya bahkan belum mereka rasakan.

Baca Juga: Kasih Tahu Juga ke Mereka, Ini 4 Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

 

Passion yang Besar

Selain ke Adi, kami juga sempat bertanya ke Tania Savitri yang juga pernah jadi barista di sebuah coffee shop ternama. Menurutnya, kunci menjadi barista yang baik adalah passion, passion, dan passion. Cinta yang besar pada kopi bisa selaras dengan keinginan untuk selalu menciptakan minuman yang nikmat bagi pelanggan. Pelanggan yang puas tentu akan kembali lagi, dan lagi.

Jadi, apa kamu kira-kira mampu memenuhi empat hal di atas? Kalau sudah, segera melamar jadi barista di salah satu dari lima coffee shop berikut. Jangan lupa juga kompetisi kelas internasional untuk menaikkan ‘harga’mu sebagai seorang barista.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza