5 Lifehack Wajib Tau Buat Anak Kosan

Kehidupan mandiri di kos itu penuh dengan berbagai tantangan dan kesulitan, namun ada lifehack cerdas untuk membuat hidupmu lebih santai.

Buat yang merantau keluar kota untuk kepentingan kuliah atau kerja, kemungkinan besar kamu akan ngekos agar hemat ongkos transport dan juga waktu ke tempat tujuan.

Jauh dari rumah dan keluarga, di kos kamu harus mandiri dan mengurus kebutuhanmu sendiri. Dengan uang bulanan dan fasilitas kos yang terbatas, terkadang ada beberapa hal yang harus dikorbankan untuk bisa hidup dengan damai. Namun, kamu juga harus lebih kreatif untuk menangani permasalahan sehari-hari.

Kekurangan ruang kerja?

Kekurangan ruang kerja?

Sumber: Reddit
 

Terkadang kamu menemukan tugas kuliah yang mengharuskan kamu untuk buka laptop, handphone, dan sejumlah buku di saat bersamaan. Masalahnya meja belajar kamu kekecilan dan nggak ingin merogoh kocek buat meja baru. Ada trik unik yang cocok buat kamu.

Trik ini berguna bila meja kamu memiliki laci. Buka saja laci mejamu dan taruh suatu benda dengan bidang datar yang luas di atasnya. Bisa saja clipboard, talenan masak, atau bahkan buku hardcover. Dengan cara ini, kamu bisa memperluas ruang kerja di meja kamu, bahkan hingga dua kali lipat.

Tidak yakin dengan kesegaran telur?

Tidak yakin dengan kesegaran telur?

Sumber: Samantha Carter
 

Apa kamu pernah beli telur ayam, tapi lupa sudah berapa lama di wadah? Pengen masak, tapi nggak yakin masih bisa dimakan atau sudah basi telurnya?

Siapkan saja baskom penuh air dan masukkan telur-telur ayamnya ke sana. Kalau telurnya masih terendam di bawah permukaan air, itu artinya aman untuk dimasak. Kok bisa tahu?

Telur yang sudah basi memiliki gas di dalamnya sehingga lebih mudah terapung bila dibandingkan dengan telur yang belum basi. Jadi, kalau ada telur yang mengambang di baskom air, sebaiknya kamu buang saja.

Perlu kurangi debu?

Perlu kurangi debu?

Sumber: Lasse Rintakumpu
 

Baru selesai nyapu lantai, tapi debu sudah terkumpul lagi? Mungkin terlalu banyak kabel di lantai yang malah jadi jala penangkap debu. Bagaimana kalau kamu manfaatkan ruang yang biasa tidak banyak dipakai? Hanya dengan modal sekrup, obeng, tali, dan niat, kamu dapat meringkas kabel-kabel di kamarmu serta mempermudah kebersihan kamar di saat bersamaan.

Dengan sedikit usaha, kamu bisa menggulung kabel-kabel sisa dan mengikatnya ke bagian dasar meja ataupun sisi lemari. Ingat, siapkan dulu tempat dengan menyekrup atau memaku lokasi yang kamu inginkan. Pastikan semua kabel terikat dengan kencang dan sekrup sudah terpasang mantap.

Baca juga: Super Males? Selamatkan Dirimu dengan 10 Situs Ini!

Alarm nggak mempan buat bangunin kamu?

Alarm nggak mempan buat bangunin kamu?

Sumber: Clint Gardner
 

Apa kamu tipe orang yang kuat tidur? Padahal, teman udah gedorin pintu kamar, tapi masih belum bangun? Alarm volume udah maksimal, namun masih nggak berasa?

Apa kamu sudah pernah coba masukin alarm kamu ke dalam gelas kaca kosong? Suara dari speaker handphone atau alarm kamu akan memantul berkali-kali pada permukaan dalam gelas. Ketika gelombang suara alarm keluar dari gelas, bunyi yang dihasilkan akan jauh lebih nyaring daripada biasanya.

Makan mewah tanpa banyak usaha

Makan mewah tanpa banyak usaha

Sumber: Shubert Ciencia
 

Ingin makan mewah tanpa keluar biaya banyak? Jawabannya masak sendiri. Ingin masak, tapi fasilitas dapur kosan nggak lengkap? Ada satu masakan cepat saji yang cocok buat situasi ini.

Hanya bermodalkan kompor dan panci, kamu sudah dapat membuatnya. Ya, jawabannya adalah mi instan. Jangan kecewa dulu, ada banyak cara loh untuk mengolah mi instan standar jadi berbagai macam hidangan unik yang terasa mewah.

Kalau kamu ingin rasa pedas yang unik, tambahkan sambal Bangkok dan bubuk lada hitam pada mi gorengmu. Ingin sedikit warna pada kuah di dalam mi-mu? Tambahkan potongan daun bawang, telur segar, dan biji wijen. Tenang saja, bumbu mi instan dan bahan-bahan tersebut akan saling berpadu dengan baik.

Mau lebih kreatif lagi? Untuk sensasi creamy, tambahkan susu segar secukupnya ke mi yang sudah ditiriskan. Untuk membuat martabak mi, campur mi yang sudah direbus, bumbu, dan dua butir telur. Goreng semuanya seperti kamu menggoreng telur dadar pada umumnya.


Semoga tips di atas bisa membantu kamu melewati serunya hidup sebagai anak kos ya. Apakah kamu punya tips keren lainnya? Yuk diskusikan di kolom komentar.

Sumber gambar utama: Ryan Cadby

Categorised in: , ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi