• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • 10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel & DC

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel & DC

Siapa bilang komik superhero keren cuma di Amerika? Berikut adalah 10 komik superhero Indonesia yang mampu menandingi komik Marvel dan DC.

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia perfilman internasional sedang dihebohkan oleh film-film superhero yang diambil dari komik-komik penerbit komik superhero raksasa, seperti Marvel dan DC.

Tapi, tahu nggak sih kalau sebenarnya komik-komik superhero Indonesia juga nggak kalah bagusnya? Bahkan, pembuatan komik superhero di Indonesia sudah dimulai sejak 40 tahun yang lalu, lho. Penasaran? Yuk dibaca 10 komik superhero karya anak bangsa Indonesia berikut ini.

1. Godam Manusia Besi

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 1

Sumber: hermawayne.blogspot

Godam Manusia Besi adalah mahkluk di negeri yang berada di dimensi lain. Sesuai dengan namanya, superhero ini memiliki badan yang keras seperti besi. Ia merupakan putra seorang bangsawan, namun dengan keberaniannya melawan sang ratu yang kejam, ia dicap sebagai seorang pemberontak.

2. Gundala Putra Petir

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 2

Sumber: muvila

Cerita ini bermula dari seorang ilmuwan jenius bernama Sancaka. Ambisinya untuk meneliti yang terlalu besar membuat Sancaka melupakan hari ulang tahun pacarnya. Kecerobohan itu berujung pada berakhirnya hubungan mereka. Karena kesedihan tersebut, Sancaka pun berlari di tengah hujan dan tersambar petir hingga jatuh koma. Ia kemudian ditarik oleh kekuatan planet lain, yaitu Kerajaan Petir, dan diberikan kemampuan super untuk memancarkan petir dari telapak tangannya.

3. Merpati

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 3

Sumber: wawker

Sedhah Esti Wulan adalah seorang wartawati yang pandai ilmu bela diri. Ia terjatuh ke sebuah jurang ketika sedang menolong ayahnya yang diculik. Ia kemudian ditolong oleh segerombolan merpati yang membawanya kepada Ratu Merpati. Dengan ramuan ajaib yang dibuat sang Ratu, Sedhah mendapatkan kemampuan terbang sehingga disebut “Merpati”.

4. Caroq

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 4

Sumber: superheropedia

Caroq yang memiliki nama asli Ongko awalnya berprofesi sebagai sopir taksi. Ia mempunyai kekuatan magis yang mampu mengubah dirinya menjadi superhero yang hebat dan lincah. Caroq menggunakan dua buah celurit sakti yang panjang sebagai senjatanya. Musuh utama Caroq adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

5, Zantoro

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 5

Sumber: pinterest

Berasal dari keluarga broken home, Zantoro tinggal bersama ayahnya. Nggak hanya mewarisi bakat sang ayah dalam membuat senjata tajam, ia juga ahli menggunakannya. Zantoro yang sangat benci pada kejahatan pun memanfaatkan kemampuannya untuk melawan dan memberantas para penjahat.

6. Volt

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 6

Sumber: kasamago

Kisah ini berawal dari seorang anak kecil berumur 13 tahun bernama Ruben yang berhasil membangunkan kekuatan putih titisan dewa. Karena Ruben sering menciptakan superhero sendiri dalam imajinasinya, kekuatan putih tersebut pun melahirkan sosok superhero yang dapat mengontrol listrik dan petir bernama Volt.

7. Nusantara Ranger

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 7

Sumber: dandysaurus.devianart

Mungkin nama ini terdengar seperti Power Ranger, tetapi komik Nusantara Ranger cukup berbeda karena ada nuansa budaya Indonesia di dalamnya. Nusantara Ranger terdiri dari lima orang dari pulau berbeda yang ingin melindungi bumi dari kejahatan. Ksatria Nusa merah berasal dari Jawa, Nusa kuning dari Sumatera, Nusa hitam dari Sulawesi, Nusa hijau dari Kalimantan, dan Nusa Biru dari Papua. Mereka juga memiliki kekuatan roh dari binatang khas Indonesia, lho.

8. H2O

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 8

Sumber: jawapos

Komik superhero Indonesia ini bercerita tentang seorang mahasiswa pecinta robotika dari Bandung bernama Rama. Ayahnya merupakan desainer proyek pemerintah yang menciptakan robot-robot tokoh pewayangan, termasuk robot Rahwana dan para raksasa. Namun, semuanya menjadi kacau ketika pengusaha kaya memenangkan tender yang menyabotase proyek tersebut dengan niat jahat.

9. Hebring

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 9

Sumber: ciricara

Heru yang berasal dari Tasikmalaya menemukan sebuah baju super di desanya. Dengan membawa baju tersebut, ia pun pergi ke Jakarta untuk mencari kakaknya dan bekerja sebagai tukang ojek. Tetapi, Heru malah bertemu dengan Mimin si ahli komputer dan Nada yang ternyata juga memiliki baju super tersebut. Ketiganya pun berteman dan bekerja sama dalam menumpas kejahatan yang terjadi di ibukota.

10. Bima Satria Garuda

10 Komik Superhero Indonesia yang Sekeren Komik Marvel  DC 10

Sumber: bimasatriagaruda.wikia

Berbeda dengan komik-komik superhero Indonesia sebelumnya, Bima Satria Garuda awalnya merupakan sebuah serial TV yang kemudian dibuat versi komik dengan cerita yang lebih mendetil. Ray Bramasakti mendapatkan Powerstone Merah dari seorang pemuda misterius yang membuatnya mendapat kekuatan untuk berubah wujud menjadi “Bima”, sang Satria Garuda. Bima beraksi melawan kejahatan penguasa Kerajaan Vudo yang ingin menghancurkan Dunia Paralel tersebut.

Nah, komik-komik di atas dijamin nggak kalah seru dari komik superhero internasional! Kalau kamu adalah pecinta komik superhero Indonesia maupun luar, yuk cek di sini. Percaya deh kalo kamu bakal hemat beli komik lokal ini!

Baca juga: 5 Fakta Menarik Wonder Woman, Superhero Wanita Terkuat!

Categorised in: ,

This post was written by Erine Yovinda