Koleksi Mobil Diecast, Hobi yang Bawa Untung

Sesungguhnya apa sih diecast itu? Sekadar mainan atau punya nilai ekonomis tinggi? Simak di sini ya.

Diecast adalah miniatur mobil dengan skala tertentu. Materi diecast biasanya dari logam atau dicampur dengan plastik. Mainan diecast memiliki detail yang sangat mendekati aslinya walau pun ukurannya sangat kecil. Hal-hal istimewa inilah yang membuat penggemar diecast jatuh hati.

Selain sebagai hobi, kegiatan mengumpulkan mainan diecast juga bisa menghadirkan keuntungan ekonomi. Ada koleksi-koleksi yang harganya lebih mahal ketimbang saat beli. Nah, makin tertarik lagi kan? Yuk simak apa yang harus dilakukan kalau kamu berniat menggeluti hobi koleksi mobil diecast.

Banyak kumpulkan informasi

Karena kamu newbie, tentu saja saran pertama yang harus kamu lakukan adalah banyak-banyak mengumpulkan informasi. Untuk yang online, kamu bisa berkunjung ke milis, forum atau blog tentang diecast. Atau kamu juga bisa mencari majalah atau katalog di toko buku. Tip: kadang, majalah untuk anak-anak juga memuat informasi tentang mainan ini.

Catat saja hal-hal penting dari bacaan-bacaan tadi, misalnya soal tren atau jenis-jenis mainan diecast mana yang tengah digemari.

Di bawah ini ada beberapa contoh situs, forum atau blog yang membahas mengenai diecast:

  • Indodiecast: http://indodiecast.com
  • PND (Pusat Ngumpulnya Diecaster): https://www.facebook.com/groups/102409779846210/
  • Search saja di FB dengan kata kunci ‘komunitas diecast’.

Mulai berburu di toko-toko

Segera setelah kamu mengerti jenis-jenis diecast, materinya, mana jenis diecast yang langka dan banyak pemburunya, kamu sudah harus memulai mengumpulkan. Biasanya, untuk pemula, belilah satu diecast yang harganya Rp20.000-30.000. Untuk yang sudah mulai tingkat menengah atau tingkat mahir, kamu bisa membeli diecast yang harganya mulai Rp200.000-400.000.

Diecast bisa kamu beli di toko-toko mainan di pusat perbelanjaan atau beli melalui jalur online. Kalau beli di toko online, pastikan bahwa tokonya terpercaya dan bukan penipu ya.

Bergabunglah dengan komunitas

Bergabung dengan komunitas membawa banyak manfaat, misalnya bertukar informasi, tip dan trik, sampai barter atau jual beli koleksi mobil diecast. Jangan lupa hadir bila mereka menggelar kumpulan atau kopi darat (kopdar). Kamu bisa melihat koleksi rekan-rekanmu dan mendapat banyak pengetahuan baru.

Tak cuma yang terkait dengan mainan diecast, berkumpul dengan komunitas juga bisa membuat kamu mendapat teman baru dan membuka peluang-peluang baru, atau malah dapat *ehm* jodoh lho.

Hobi mobil diecast

Selalu rawat diecast-mu

Setelah memiliki koleksi mobil diecast, jangan lupa untuk selalu merawatnya agar tetap berkondisi baik. Secara rutin, lap mainan diecastmu agar tidak berdebu. Perawatan yang rutin juga diperlukan untuk membuat fungsi-fungsi mainan seperti roda tetap berjalan, pintu dan kap tetap bisa membuka dan menutup, dan sebagainya.

Mainan diecast yang terawat juga membuat harganya tetap tinggi bila kelak dijual kembali. Jadi, jangan malas untuk merawat mainanmu secara rutin.

Mulai penjualan

Selain mendatangkan kesenangan dengan mengoleksi, hobi diecast juga bisa mendatangkan keuntungan. Kalau koleksimu ternyata memiliki nilai ekonomi, kamu boleh menjualnya.

Beberapa diecast yang bisa kamu jual antara lain adalah: diecast yang kamu punya lebih dari satu dari jenis yang sama, diecast yang kamu sudah bosan, diecast yang tengah populer atau diecast yang termasuk dalam kategori langka. Kalau menurutmu menjual diecast bisa menguntungkan, kamu bisa melakukannya sebagai hal yang rutin.

Bagaimana, menarik kan mengoleksi mainan diecast itu? Tunggu apa lagi, ayo ikut koleksi.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza