• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • Koleksi LEGO Minifigures, Hobi Unik yang Nggak Mahal

Koleksi LEGO Minifigures, Hobi Unik yang Nggak Mahal

Tahukah kamu kalau dinosaurus dan manusia di film Jurassic World bisa kamu pindahkan ke mejamu dalam bentuk LEGO? Simak dulu tips mengoleksi LEGO minifigures dari Mozaic di bawah ini.

Permainan LEGO terdiri dari dua bagian penting, yakni blok-blok untuk membuat bangunan, kendaraan atau tempat-tempat lain, sertai sosok-sosok ‘manusia’ yang kerap disebut sebagai minifigures. Kedua bagian ini saling melengkapi dalam membuat sebuah ‘dunia’ LEGO minifigures yang nyata, mirip dengan kehidupan betulan.

Sekarang kita akan bahas soal sosok minifigures alias sosok manusia di dunia LEGO. Minifigures bisa mewakili sosok-sosok biasa yang sering kita temui di dunia nyata. Ada minifigures polisi, pekerja bangunan, pemadam kebakaran, dokter dan sebagainya. Selain itu, ada juga minifigures bertema yang biasanya diambil dari film atau buku populer seperti minifigures Star Wars, Avengers atau pemain sepak bola.

Seperti halnya hobi mengoleksi diecast yang pernah kami bahas, mengoleksi minifigures juga nggak hanya mendatangkan kepuasan pribadi bila berhasil menyusun sebuah dunia LEGO, tapi bisa juga mendatangkan keuntungan finansial bila kamu melakukan jual beli.

Ini dia deretan hal yang perlu kamu lakukan untuk memulai hobi mengoleksi minifigures.

Tentukan Tema

Saran kami, mulailah dengan membangun dunia yang tak terkait tema populer seperti Star Wars karena akan butuh pengeluaran yang cukup besar. Yang lebih terjangkau, buatlah tema dunia nyata seperti rumah sakit atau restoran. Kamu bisa memulai dengan mengoleksi minifigures tokoh-tokohnya seperti dokter, perawat, koki, pelayan, dan seterusnya. Ketika kamu sudah menyelesaikan tema-tema yang umum, kamu bisa membuat dunia bertema eksklusif, seperti Star Wars. Tentu saja kamu harus membeli berbagai tokohnya seperti Luke Skywalker, Yoda, Obi Wan Kenobi, dan sebagainya.

hobi lego minifigures

Di mana Membeli LEGO Minifigures?

Seperti disebut di atas, LEGO minifigures bisa didapat di toko-toko mainan besar di pusat perbelanjaan. Kalau mau membeli online, tempat terbaik tentu saja adalah situs resmi LEGO yang beralamat di shop.lego.com. Kamu juga bisa membelinya melalui online shop terpercaya atau melalui teman-teman di komunitas pencinta LEGO.

Rawat dengan Baik

Perawatan adalah hal penting dalam hobi apapun, tak terkecuali mengumpulkan minifigures. Secara rutin, bersihkan minifigures-mu dengan penyapu debu atau dilap dengan kain yang dibasahi. Semakin rajin dirawat, warna dan bentuk minifigures akan tetap indah dilihat.

hobi koleksi lego

Pertimbangkan Harganya

Banyak toko mainan menjual paket LEGO tema tertentu yang terdiri dari bangunan dan kendaraan serta minifigures tokohnya. Harganya tentu saja cukup mahal. Alternatif yang lebih murah adalah kamu membeli minifigures terpisah tanpa membeli LEGO bangunan atau kendaraannya.

Sebagai panduan, sebuah minifigures tokoh biasa berharga mulai dari Rp5000 per buah. Semakin langka tokohnya, semakin mahal harga minifigures-nya, bahkan ada yang harganya lebih dari Rp100.000 per buah. Untuk minifigures bertema tertentu biasanya harganya lebih mahal, mulai dari Rp10.000 sampai di atas Rp350.000 (tentu saja tergantung kepada tingkat kelangkaannya).

Bergabunglah dengan Komunitas LEGO Minifigures

Dengan bergabung ke komunitas, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti memperoleh pengetahuan dan kenalan baru, bisa tukar menukar atau jual beli koleksi, dan sebagainya. Dari teman-teman komunitas ini kamu bisa mencari minifigures yang tidak tersedia di toko-toko atau menjual koleksi yang diminati oleh temanmu. Makanya, jangan lupa ikut bila ada pertemuan atau kopi darat. Ada beberapa komunitas pengoleksi LEGO dan minifigures yang bisa kamu cek, mulai dari Komunitas LEGO Indonesia (KLI), Indonesia LEGO User Group (INDOLUG), LEGO Shop, hingga LEGO Biggest Fans.

Sudah tergoda dengan menyenangkannya hobi mengoleksi LEGO minifigures? Ayo mulai dari sekarang!

Baca Juga:
Wajib Baca Buat yang Hobi Ngopi!
Game Wajib Coba untuk Kamu yang Hobi Nge-Game

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza