• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Kenalan dengan Google Cardboard dan 5 Aplikasi Wajibnya

Kenalan dengan Google Cardboard dan 5 Aplikasi Wajibnya

Mari kenalan sama Google Cardboard, peralatan virtual reality murah meriah, beserta aplikasi pendukungnya.

Virtual reality (VR) adalah sebuah kondisi di mana seseorang bisa merasakan pengalaman yang nyata tentang sebuah tempat atau sebuah kejadian dengan sebuah alat bantu visual. Peralatan tersebut biasanya berbentuk mirip kacamata (visor). Beberapa peralatan VR berharga mahal, tapi Google Cardboard justru lebih terjangkau.

Pada prinsipnya, Cardboard adalah peralatan untuk merasakan pengalaman VR dengan visor sederhana dengan bahan dari karton. Makanya, sebuah Cardboard bisa dibeli dengan harga Rp25.000 sampai Rp50.000. Cukup murah dengan hasil pengalaman yang menyenangkan. Bahkan, kalau kamu cukup niat, Google menyediakan pola Cardboard yang bisa kamu cetak sendiri.

google cardboard

Setelah kamu membeli Cardboard, kamu harus memasangnya sendiri. Ada beberapa produk yang di setiap sambungan ada nomornya untuk memudahkan perakitan, tapi ada juga yang nggak. Tak usah khawatir, di YouTube banyak bertebaran video panduan perakitan Cardboard. Dalam waktu kurang dari 5 menit, seharusnya Cardboard-mu sudah terakit dan siap dipakai.

Ponsel apa saja yang berukuran 4 hingga 5,7 inci bisa dipakai di Cardboard versi pertama. Untuk Cardboard versi kedua yang berukuran lebih besar, ponsel yang dipasangkan bisa sampai berukuran 6,5 inci.

Berikut ada beberapa aplikasi smartphone yang layak dicoba untuk Cardboard-mu.

Aplikasi Resmi Google Cardboard

Google Cardboard adalah aplikasi resmi dari Google. Sayangnya, aplikasi ini hanya untuk ponsel Android. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melihat permukaan bumi dengan aplikasi Google Earth, melihat jalanan kota-kota dunia dengan Streetview, atau menonton video YouTube. Seru!

Aplikasi Nonton Konser Paul McCartney

Aplikasi ini mengajakmu buat menonton konser salah satu personel The Beatles: Sir Paul McCartney. Rasakan pengalaman menjadi penonton terdepan yang melihat McCartney tampil atau justru jadi McCartney (atau pemain band-nya) yang melihat ribuan orang penonton mengelu-elukanmu dalam konser. Tersedia dalam iOS dan Android.

google cardboard

Seramnya Aplikasi Insidious 3

Kamu yang gemar menonton film horor pasti suka aplikasi ini. Di aplikasi ini, kamu berada di dalam sebuah ruangan yang gelap. Kemudian, tengoklah kanan dan kirimu, nanti kamu akan melihat sosok-sosok mengejutkan yang bisa membuat bulu kudukmu berdiri. Siap-siap juga terlonjak kaget karena tiba-tiba saja ada sesuatu yang nongol di hadapanmu.

Memanjat Tebing dengan Aplikasi The North Face: Climb

Ikuti perjalanan dua orang pemanjat tebing jempolan, Cedar Wright dan Sam Elias, memanjat centi demi centi dua lokasi ikonik di Amerika Serikat, yakni Moab di Utah dan Taman Nasional Yosemite di California. Dengan aplikasi yang hanya tersedia di Android ini kamu bisa melihat tingkat kesulitan yang harus dihadapi pemanjat yang secara perlahan naik hingga ke puncak. Menegangkan dan seru!

Test Drive dengan Aplikasi Volvo Reality

Lewat Cardboard, Volvo mengajak para penggemar otomotif untuk menjajal mobil SUV XC90 yang baru akan dirilis tahun 2016 nanti. Begitu memakai aplikasi ini, kamu langsung berada di dalam XC90. Sementara mobil melaju, kamu bisa menoleh ke kanan dan kiri untuk menikmati pemandangan yang indah. Kamu juga bisa menoleh ke arah-arah lain untuk menikmati interior mobil mewah buatan Swedia tersebut.

Nah, kalau kamu ingin mencicipi pengalaman virtual reality, kamu sudah tahu kan biayanya tidak mahal dan banyak aplikasi pendukungnya? Tunggu apa lagi?

Photo Credit: Slashgear, Cnet, staanceapp.tumblr.com

Baca Juga:
5 Game Android Wajib Coba
5 Game Strategi yang Menantang Kemampuan Berpikirmu

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza