• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Kenalan dengan Drone, Benda Terbang yang Sedang Jadi Tren

Kenalan dengan Drone, Benda Terbang yang Sedang Jadi Tren

Kami mengupas lebih jauh tentang benda terbang yang bisa dimanfaatkan buat berbagai keperluan ini. Simak, ya!

Benda terbang selalu memesona manusia. Keinginan kita untuk mengatasi tarikan gravitasi Bumi menghasilkan inovasi-inovasi mulai dari balon terbang, pesawat terbang hingga roket dan pesawat ulang alik. Pada gilirannya, berbagai benda terbang itu mendatangkan sangat banyak manfaat bagi kehidupan manusia dalam hal transportasi, komunikasi, cuaca, dan sebagainya. Belakangan ini ada drone, benda terbang yang sedang ngetren.

Secara sederhana, drone adalah benda terbang dengan ukuran tidak terlalu besar yang dikendalikan dari darat. Dikembangkan oleh militer Amerika Serikat sebagai alat mata-mata sekaligus alat untuk melakukan serangan, saat ini drone yang bentuknya mirip helikopter dengan 4 baling-baling ini lebih sering digunakan untuk selfie dari atas.

drones indonesia

Apa Sih Fungsinya?

Fungsi paling umum adalah untuk fotografi dan videografi. Beberapa drone mampu membawa kamera dengan resolusi tinggi. Kegunaannya bisa diterapkan untuk melakukan survei, memantau kondisi lalu lintas, mengabadikan event atau momen tertentu, melihat kondisi daerah yang kena bencana alam, hingga digunakan sebagai pesawat tempur! Yang terkini, untuk selfie atau yang lebih dikenal dengan #dronefie.

Berapa Harganya?

Untuk ukuran kecil bisa dibeli mulai harga Rp300 ribu. Sedangkan yang lebih besar yang menawarkan kemampuan lebih banyak tentu saja berharga lebih mahal, yakni antara Rp1,5 juta hingga Rp18 juta.

drones indonesia

Bagaimana Cara Mengendalikannya?

Mayoritas drone dikendalikan dengan joystick yang terdiri dari dua tombol. Agak-agak mirip stik PlayStation atau Xbox, lah. Satu tombol untuk mengendalikan gerak miring kanan atau kiri dan condong ke depan atau belakang. Satu tombol lagi untuk mengatur kecepatan dan rotasi baling-balingnya. Remotenya bekerja dengan gelombang radio. Namun ada juga yang memungkinkan kamu mengendalikannya dengan ponsel dan terhubung melalui gelombang wifi.

Sumber Tenaganya Berasal Darimana?

Semua drone yang dijual untuk umum memakai energi baterai untuk terbang. Daya tahan baterai drone masih belum cukup mumpuni karena berkisar di bawah 10 menit. Beberapa tipe kelas atas menawarkan baterai yang bisa membawa terbang selama 10-20 menit. Bahkan memiliki fitur ganti baterai sehingga setiap kali dayanya menipis, kamu bisa menurunkannya, mengganti baterai dengan yang masih penuh, dan menerbangkannya lagi.

Sepertinya masih butuh beberapa waktu untuk hadirnya drones dengan baterai yang bisa terbang lebih dari 30 menit. Lebih jauh lagi, apakah kelak akan ada drones yang ditenagai oleh bahan bakar minyak atau gas? Kita tunggu saja.

A video posted by Jonas Lovéus (@jloveus) on

Apakah Semua Drone Punya Kamera?

Ada yang memiliki kamera built in dengan kualitas kamera yang nggak terlalu bagus, paling cuma sekelas webcam laptop, makanya harganya murah. Tipe yang lebih canggih bisa menggendong kamera seperti GoPro. Nah, yang inilah yang sekarang diandalkan banyak orang untuk melakukan #dronefie! Selain itu, ada juga yang menawarkan fitur live view dari kamera yang ia bawa ke ponsel atau tablet di darat.

Aksesori dan Suku Cadang Drone

Ada banyak aksesoris yang tersedia, seperti lampu warna warni agar drone dapat terlihat di malam hari, sampai ke lampu sorot yang bisa dipakai untuk menerangi obyek yang gelap. Bila ada bagian yang butuh diganti, nggak usah khawatir karena banyak sekali penjual yang menawarkan suku cadang sehingga kamu nggak perlu membeli drone baru.

Setelah membaca artikel tadi, apakah kamu jadi tertarik untuk punya drone dan memanfaatkan kelebihan-kelebihannya? Ceritakan ke kami di kolom komentar, ya!

Baca Juga:
Mahirkan Diri Foto dengan Smartphone Sebelum Punya Drone!
Ini Cara Memotret dalam Gelap

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza