8 Kegiatan yang Pasti Dikangenin Anak Zaman 90-an

Wahai anak zaman 90-an, masih ingatkah kamu dengan kegiatan-kegiatan ini?

Kalau kamu sempat menjalani masa kecil atau remaja di tahun 90-an, pasti udah kangen dengan hal-hal yang sering kamu lakukan dulu. Masa itu adalah masa saat smartphone serta tablet belum menjadi produk mainstream dan kamu hanya bisa mengandalkan televisi dan mainan-mainan sebagai hiburan. Hayo, anak zaman 90-an, ingatkah kamu dengan masa-masa tempo dulu yang diramaikan dengan kegiatan berikut ini?

Telenovela

telenovela amigos, favorit anak zaman 90an

Sumber: Bintang
Ketika telenovela Amigos tayang di Indonesia, tokoh Anna dan Pedro langsung mencuri hati para penggemar remaja. Kisah persahabatan sekelompok anak sekolah yang diwarnai drama dalam keluarga mereka pun menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu pada sore hari sepulang dari sekolah.

Nggak hanya telenovela anak, kamu juga pasti rajin menemani mama nonton telenovela dewasa kan? Artis latin bernama Thalia dari seri Rosalinda pasti udah nggak asing di telinga kamu.

Baca juga: Nonton Bareng Keluarga? Ini nih Film Drama yang Cocok

Tukeran kertas binder

tukeran isi binder

Sumber: Solidrop
“Nih, aku punya yang gambarnya Sailor Moon. Mau nggak? Tukar ya sama kertas kamu yang ada gambar Barbie?” Familiar nggak dengan kalimat-kalimat itu? Dulu, anak zaman 90-an senang menjadi kolektor kertas binder. Biar koleksi kertasnya banyak dan beragam, kamu harus aktif tuker-tukeran sama teman.

Kalau kamu punya kertas bagus yang tebal ditambah ada gambar kartun yang langka, kamu bisa menukernya dengan 2 lembar kertas binder lain. Hmmm… kecil-kecil udah jago tawar menawar, ya?

Telepon umum dan wartel

telepon umum temannya anak zaman 90-an

Sumber: malesbanget.com
Sekarang kayaknya agak males ya menerima uang kembalian koin-koin receh. Tapi dulu, justru banyak orang yang menukar uang kertas dengan koin-koin receh biar bisa teleponan. Di zaman tanpa hp, orang-orang hanya bisa mengandalkan telepon rumah. Kalau udah di luar rumah, kamu harus cari telepon umum yang dibayar menggunakan koin. Kalau teleponnya nggak bisa nyambung, koinnya akan keluar lagi.

Mau curhat lebih lama, tapi nggak punya telepon di rumah? Saatnya jalan ke wartel atau warung telepon. Dengan tarif per hitungan waktu, kamu bisa menelepon di dalam ruangan kecil yang menjamin privasi kamu.

Tayangan minggu pagi

go go power ranger

Sumber: Cinema Blend
Hari Minggu pagi itu saatnya anak zaman 90-an menguasai TV di rumah. Doraemon, P-Man, Chibi Maruko Chan, Hamtaro, Let’s & Go, dan masih banyak lagi tayangan-tayangan anak yang disiarkan secara marathon di hari itu. Belum lagi kalau melihat jeda iklan yang isinya iklan mainan-mainan terbaru. Rasanya ingin cepat-cepat merayakan ulang tahun dan kodein mama biar dibeliin, deh.

Bermain tamiya

main tamiya

Sumber: Tamiya
Setelah menonton kartun Let’s & Go, banyak anak-anak yang juga heboh bermain tamiya, mobil rakitan yang ditenagai oleh baterai dan bisa dilombakan. Setelah pulang sekolah, para pecinta mobil balap ini langsung mampir ke rumah teman atau toko mainan yang menyediakan track untuk main tamiya.

Hayo, kangen nggak masa-masa merakit dan balapan tamiya sama teman-teman? Kalau iya, sekarang kamu masih bisa beli tamiya, lho.

Koleksi CD dan kaset

kaset anak zaman 90-an

Sumber: snd63
Di tahun 90-an, belum ada tuh yang namanya download lagu. Kalau nge-fans sama Spice Girls, kamu harus pergi ke toko musik dan beli kaset atau CD-nya. Masih ingat nggak rempongnya memutar-mutar lubang pita kaset pake pensil?

Tapi, yang bikin seru itu setiap kaset dan CD udah dilengkapi lirik lagu dari setiap lagunya. Terkadang, di belakang lirik juga ada poster dari sang penyanyi. Langsung tempel deh di dinding kamar!

ASL PLS

8 Kegiatan yang Pasti Dikangenin Anak Zaman 90-an chat mIRC

Sumber: merdeka.com
ASL PLS atau “Age, Sex, Location, Please?” merupakan pertanyaan singkat yang biasa dilontarkan ketika lagi chat menggunakan mIRC, yaitu software untuk Windows yang digunakan anak zaman 90-an untuk chatting dengan sesama penggunanya di seluruh dunia. Fungsi pertanyaan “ASL PLS” adalah untuk meminta lawan bicara kita memberitahukan usia, jenis kelamin, dan tempat tinggalnya. Setiap penggunanya juga menggunakan username yang unik-unik, seperti prettygirl_85 atau cool_guy_17. Masih ingat dengan nama super kece yang kamu pakai dulu?

Layangan

layangan mainan ngetren anak zaman 90-an

Sumber: zephylwer0
Keringatan dan kulit jadi gelap karena gosong terpapar sinar matahari di siang bolong udah nggak bisa dihindari bagi anak-anak layangan. Setiap hari kerjanya terbangin layang-layang sampai nyangkut di atap rumah tetangga atau tiang listrik. Pulang-pulang udah dekil dan diomelin orang tua. Ini nih salah satu keseruan anak zaman 90-an yang mungkin udah hampir punah sekarang.

Begitulah kegiatan-kegiatan anak zaman 90-an dulu. Walaupun nggak punya smartphone dan media sosial tapi tetap happy. Ada-ada aja yang seru dilakukan bareng teman-teman.

Habis selesai baca, kamu jadi makin kangen kan dengan 8 kegiatan ini? Kalau kamu punya ide kegiatan lain yang sering kamu lakukan dulu untuk seru-seruan, yuk comment di bawah!

Sumber Gambar Utama: infobondowoso

Categorised in: ,

This post was written by Karen Tungka