Jumlah THR yang Pantas untuk Orang Tua, Adik, sampai Asisten di Rumah

Kamu pengen ngasih THR dalam bentuk uang cash ke orang-orang terdekat, ini kira-kira jumlah THR yang pantas.

Standarnya sih, dari kantor kita akan dapat THR yang berjumlah 1 bulan gaji (sudah termasuk tunjangan – take home pay pokoknya). Di kantor yang cukup oke, bahkan biasanya jadi momen untuk berbagi bonus. Jadi THR dan bonus tahunan diberikan bersamaan. Lalu, saat ingin berbagi THR, berapa sih jumlah yang pantas diberikan? Yang perlu diingat, jika kita setiap tahun mudik, maka jumlah THR yang akan diberikan jangan sampai mengganggu dana mudik. Sebagian dari THR yang kita dapat juga harus bisa kita tabung. Setelah disimpan untuk tabungan, dan biaya mudik aman, dari sisanya kita perhitungkan jumlah THR untuk orang tua atau kerabat.

Untuk Ibu

A post shared by Dozan Alfian (@alfiandozan) on

Ibu, mama, nyokap adalah salah satu yang biasanya wajib ada di daftar THR semua orang. Nggak semua orang ngasih cash sih, kadang benda seperti perlengkapan rumah tangga yang mungkin sedang dibutuhkan beliau. Misal, oven, mesin cuci, pasang AC baru, atau beli televisi yang lebih bagus. Jadi, jumlah THR dalam rupa cash yang bisa dikasih ke ibu barangkali bisa sepantas harga sebuah televisi baru. Yang kemungkinan besar akan dia pakai untuk membeli bahan-bahan membuat kue, atau kordin baru yang cantik (semua ibu-ibu kayaknya membutuhkan kordin baru yang bersih saat hari raya, benar?). Ya, 1 juta rupiah itu sudah benerlah. Ada juga nih aturan nggak baku, ngasih THR pertama semua ke ibu. Itu terpulang lagi ke kita. Kenapa bokap nggak dikasih? Norma umumnya sih biasanya jumlah segitu udah untuk mereka berdua. Kecuali kita punya hadiah lain berupa barang yang pengen dikasih ke bokap hari raya ini.

Untuk adik

Tentu nggak akan sebesar THR yang diberikan ke orang tua biasanya. Apalagi bila punya adik banyak, jumlah THR yang dikasih biasanya kita sesuaikan saja dengan kebutuhan hari raya mereka. Semacam mentahan untuk beli baju baru, atau menambah tabungan mereka untuk beli sesuatu yang sudah lama mereka inginkan. Kira-kira Rp250.000 sampai Rp500.000,- jumlahnya. Tapi jumlah ini sebenarnya tergantung dari usia si adik. Nggak perlu banyak-banyak kalau masih kecil, kok.

Baca juga: Ide hadiah ulang tahun yang pantas untuk adik cowok.

Untuk keponakan

Patokannya sih biasanya jumlahnya akan lebih kecil dari apa yang kita kasih ke saudara kandung. Anggap saja THR ini jadi uang jajan yang akan habis dipakai dalam sehari, hari raya itu saja. Apalagi kalau punya keponakan banyak. Jumlah masuk akal untuk dibagikan dari Rp25.000,- sampai Rp100.000,-.

Untuk OB

Sejatinya sih, staf OB di kantor sudah mendapat THR sendiri dari kantor. Tapi, mengingat hubungan kekerabatan yang sudah terjalin antara sesama karyawan, kita dan mereka, nggak ada salahnya untuk berbagi rejeki dengan patungan bersama yang lain untuk memberi THR bagi OB yang sudah rajin membantu kita sepanjang tahun. Belanja produk-produk seperti sembako dan dipaketkan bisa jadi alternatif (bisa belanja bahan pokok ini di Matahari Mall juga, lho), atau benar-benar mengumpulkan uang lalu nanti dibagi rata sesuai jumlah OB yang bekerja di kantor. Mengumpulkan dari masing-masing orang Rp25.000 sampai Rp50.000,- akan jadi jumlah yang cukup.

Untuk asisten rumah tangga

Ini bisa dikomunikasikan dengan orang tua di rumah, apalagi bila kita sebenarnya nggak selalu berada di rumah. Jadi, sebenarnya kita berbagi THR untuk asisten rumah tangga yang membantu orang tua setiap hari. Lain halnya kalau kita sudah berkeluarga, maka asisten rumah tangga kita sendiri yang harus jadi fokus THR. Kalau mereka sudah bekerja setahun penuh maka mereka layak mendapat THR sebesar satu bulan gaji. Tapi bila kita mau membantu orang tua untuk berbagi THR dengan asisten rumah tangga mereka, tinggal tanya ke orang tuamu berapa yang biasa atau pantas diberikan. Bisa dari kamu semuanya, atau mau patungan dengan orang tua. Atau bila orang tua sudah memberikan asisten mereka THR, kita bisa berikan tambahan dengan sukarela. Nominal Rp250.000,- masih tak terlalu berlebihan, jika ART di rumah ada satu orang.

Baca juga: Untuk diri sendiri, pikirkan 7 barang ini untuk dibeli dengan THR sebagai investasi gaya.

Mudah-mudahan panduan di atas cukup masuk akal untuk dipraktikan hari raya ini. Jadi, kita bisa berbagi rejeki dengan yang lain, tanpa harus melakukannya dengan berlebihan sementara kita sendiri masih juga mungkin masih harus menabung atau punya kebutuhan lain.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza