Jenis-Jenis Sepatu Olahraga yang Sebaiknya Kamu Tahu

Bagi kamu yang mau mulai berolahraga, salah satu perlengkapan yang biasanya wajib dimiliki adalah sepatu. Tapi tidak sembarang sepatu bisa dipilih. Seperti banyak sepatu yang dikhususkan untuk olahraga tertentu, sepatu atletik juga jenisnya bermacam-macam. Sepatu atletik dirancang untuk beberapa kebutuhan mau pun medan. Berikut ini beberapa jenis sepatu atletik yang harus kamu ketahui. Baca juga: 5… View Article

Bagi kamu yang mau mulai berolahraga, salah satu perlengkapan yang biasanya wajib dimiliki adalah sepatu. Tapi tidak sembarang sepatu bisa dipilih. Seperti banyak sepatu yang dikhususkan untuk olahraga tertentu, sepatu atletik juga jenisnya bermacam-macam.

Sepatu atletik dirancang untuk beberapa kebutuhan mau pun medan. Berikut ini beberapa jenis sepatu atletik yang harus kamu ketahui.

Baca juga: 5 Model Sepatu Sneakers di Bawah 500 Ribu Yang Bisa Kamu Ajak Main Outbound

Sepatu jogging

cowokjogging

Karena dipakai untuk lari, sepatu ini didesain untuk gerakan satu arah. Berbeda misalnya dengan sepatu untuk training yang dirancang untuk gerakan segala arah. Tapak sepatu untuk jogging lebih halus ketimbang untuk training. Sebab, tapak sepatu jogging dibuat untuk memuluskan laju ketika berlari. Sepatu jogging juga punya bantalan yang lebih banyak untuk meredam kejutan ketika berbenturan dengan jalan atau trotoar.

Baca Juga: 5 Parfum Ini Bikin Kamu Wangi Sepanjang Berolahraga

Sepatu untuk training

cowokngegym

Berbeda dengan sepatu lari dan sepatu untuk jalan, sepatu training didesain untuk gerakan ke segala arah. Mau ke samping, ke depan, atau ke belakang, sepatu ini harus nyaman digunakan. Sepatu untuk training juga punya foam yang lebih tebal disbanding sepatu lari. Foam yang tebal juga membuat sepatu lebih awet. Intip cara merawat sepatu biar sepatu kamu selalu terlihat seperti baru.

Sepatu untuk jalan

walkingshoe

Mirip dengan sepatu jogging, sepatu untuk jalan atau walking shoes biasanya lebih ringan. Di bagian tumit, biasanya lebih tebal dan lembut untuk menjaga kaki nyaman saat berjalan. Solnya agak bundar untuk membantu menggeser berat lebih lancar dari tumit ke jari-jari kaki.

Sepatu trail running

trailrunningshoe

Sepatu trail running punya tapak yang lebih berat daripada sepatu lari biasa. Solnya lebih tebal dan berkontur karena dipakai untuk melalu medan yang berat seperti pegunungan. Bantalan di tumit dan sekitar kaki pun lebih empuk agar kamu tetap nyaman saat berlari di permukaan yang tidak rata.

Sepatu minimalis

nikeminimalis

Banyak yang menganggap sepatu minimalis hanyalah barefoot shoes. Padahal nggak juga. Barefoot shoes sendiri bentuknya mirip sarung tangan yang dipakaikan ke kaki. Sepatu ini sangat ringan sehingga ketika dicopot mudah dilipat seperti sehelai kain. Selain barefoot shoes ada juga sepatu minimalis yang mirip sepatu biasa. Bedanya, dengan barefoot shoes, sepatu minimalis jenis ini sedikit lebih tebal meski masih tetap lentur. Bentuknya pun enggak seperti sarung tangan, tetapi lebih kayak sepatu biasa. Salah satu modelnya adalah Nike Free.

Baca Juga: 5 Atlet Olahraga Ekstrem yang Mendunia

Nah, di atas tadi beberapa jenis sepatu atletik yang bisa kamu pakai untuk kebutuhanmu sekaligus tempat kamu bisa beli secara online. Nggak ada alasan untuk nggak mulai latihan dari sekarang. Selamat berolahraga!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza