• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • Guide
  • >
  • Jangan Ngaku Suka Banget sama Tamiya Kalau Nggak Tahu 7 Fakta Penting Ini!

Jangan Ngaku Suka Banget sama Tamiya Kalau Nggak Tahu 7 Fakta Penting Ini!

Tamiya, si mainan mobil-mobilan untuk semua umur sekarang hits lagi!

Kenal sama Dash Emperor atau Magnum Saber? Selamat, artinya kamu sudah cukup tua saat ini. Haha! Dua karakter tadi memang terkenal banget di era tahun 1980-an akhir dan 1990-an lewat sebuah mobil-mobilan bernama Tamiya. Rasanya jaman itu, semua anak pengin punya Tamiya, otak-atik mobilnya, dan ngadu sama temen buat lihat mobil siapa yang paling keren.

Nah, setahun terakhir, ternyata Tamiya mulai hits lagi! Di balik keseruan koleksi, modifikasi, sampai balapan, kamu harus tahu beberapa poin penting soal mobil kecil ini biar kamu dianggap penggemar Tamiya sejati.

Bukan Tamiya Namanya

Sesungguhnya, Tamiya itu adalah nama merk! Tamiya memang merk dari perusahaan pencipta mainan mobil kecil tersebut. Tapi nama sebenernya mobil kecil ini adalah Mini 4WD (4 wheels-drive). Kenapa 4WD? Soalnya dalam konsep aslinya, Tamiya itu memang dirancang semua rodanya bergerak.

Merk Tamiya sendiri sudah terbukti terjamin kualitasnya. Plastiknya kuat dan nggak gampang patah atau rusak. Tapi memang sih buat satu mobil Mini 4WD bermerk Tamiya ini terbilang mahal, rata-rata sekitar Rp100-150 ribu untuk yang standard aja. Yaa.. buat tipe-tipe orang yang “biar punya” gitu aja. Kalau edisi spesial atau yang tergolong langka di Indonesia, seperti seri Dash Emperor tertentu, harganya bisa mencapai Rp1 juta!

Yang Paling Keren, Bagus, dan Banyak Dicari Orang

Asal kamu tahu, orang-orang yang mau beli Tamiya rata-rata yang dicari bukan seri tertentu lho, melainkan chasis yang dipakai. Yang paling sering dicari itu adalah seri Tamiya yang menggunakan chassis TZ (Super TZ atau TZ-X). Contohnya, Beat Magnum, Buster Sonic, dan beberapa seri lainnya. Rata-rata yang sering pakai Tamiya dengan chasis ini punya alasan daya tahan chasissnya yang kuat dan seimbang.  

Ada Tiga Kelas Balapan

Saat ini ada tiga kelas balapan untuk mobil Mini 4WD, yaitu STB (Standard Tamiya Box), STO (Standard Tamiya Original), dan Japan Style. Sebenernya STO dan Japan Style nggak jauh beda, tapi Japan Style lebih keren dan stylish aja tampilannya.

STB itu benar-benar balapan dengan mobil Mini 4WD yang semua partsnya dari box yang kita beli. Kita cuma boleh ganti atau modifikasi ban, roller plastic, sama dinamo aja. Benar-benar biasa banget. Tapi kelas ini terbilang banyak peminatnya karena semua orang punya kesempatan yang sama buat menang.

Kalo STO dan Japan Style adalah balapan yang menguras otak dan dompet. Soalnya mesti benar-benar memastikan berapa ukuran akar yang dipakai, jenis roller apa yang beratnya bisa menyeimbangi kecepatan mobil atau roller yang bisa bikin mobil tetap stabil di tikungan, sampai pemberat yang nggak berat-berat banget itu masangnya di mana, dan segala macam lainnya.

Ribet banget kan? Nah, ribet yang begini yang bikin main Tamiya lebih seru. Lebih tertantang gitu. Biasanya kalau melihat balapan mobil kelas STO atau Japan Style kita bisa sampai pusing sendiri karena mobil-mobilnya kenceng-kenceng banget!

A photo posted by Ryo (@japonism_9034) on

Mau Dimodif Jadi Super Kencang? Siapin Kocek Minimal Rp300.000!

Tertarik buat ikut balapan? Berarti kamu mesti memodifikasi mobil Mini 4WD kamu nih. Memodifikasinya bukan sekedar ganti dinamo, tapi juga ganti roller dan bearing. Kalau kamu ikutan kelas STB (Standard Tamiya Box), minimal kamu akan menghabiskan Rp300 ribu buat beli ban, velg, roller double plastik merah atau biru (biasanya disebut roller naga), dan kadang bearing.

Kalau kamu ikutan kelas STO (Standard Tamiya Original), seminimal-minimalnya kamu akan menghabiskan Rp1 juta untuk beli roller alumunium, akar, tiang-tiang kecil, dan hal lainnya. Kalau ikutan kelas Japan Style, ya kurang lebih sama kayak STO deh harganya.  

Mau Balapan? Main Ke Mall!

Sekarang kalau mau lihat atau ikutan balapan, kamu bisa mampir ke mall-mall yang biasanya dipakai buat balapan atau kompetisi atau turnamen Tamiya. Kalau di Bandung ada Pasteur Hyper Point. Kalau di Jakarta ada di MGK Kemayoran lantai dasar dan Blok M Square lantai 3A di area mainan. Buat kamu yang tinggalnya di Depok, turnamen Tamiya biasanya digelar di Depok Townsquare lantai paling atas.

Seru Nih! Beli di mana, Ya?

Kalau kamu pengin beli Tamiya tapi nggak tau yang murah itu biasanya dijual di mana, mungkin kamu bisa beli lewat forum-forum macam Kaskus. Atau bisa beli juga di MatahariMall.com yang jual Tamiya dengan segala perlengkapannya. Tapi umumnya di tempat-tempat kompetisi atau turnamen Tamiya juga disediain kok toko dadakan buat jualnya. Kalau di mall yang classy sudah pasti mahal sih.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa beli di Toys Fair yang biasanya harganya cukup miring dan suka ada bonusnya! Di toys fair begini, kamu juga bisa beli langsung peralatan-peralatan seperti alat pemotong, obeng, sampai box Tamiya.

 

A photo posted by M (@b1j1) on

Rahasia kalau Mau Jago Balapan

Sekenceng-kencengnya Tamiya orang, kalau melajunya nggak baik, pasti bakal mental di tikungan ataupun pas melalui bagian jumping atau bridge. Makanya kalau balapan Tamiya itu bukan soal seberapa cepatnya mobil, tapi lebih ke soal melaju dengan baik dan nggak mental! Penting nih.

 

A video posted by Dika Permadi (@deekapermadi) on

Nah, rahasia umum buat balapan adalah baterai charger yang nggak full. Kenapa? Karena kalau baterai kamu full, kemungkinan besar mobil akan mental ke luar track. Gear dan dinamo Tamiya kamu pun harus licin dan tetap dingin. Rahasia lainnya, orang banyak lebih milih pakai ban yang ukurannya kecil biar Tamiya-nya lebih kencang dan seimbang. Catat semua!

Seru kan main Tamiya! Mau cuma buat koleksi, modifikasi, atau sampai ikut balapan semuanya pasti bikin kamu lupa waktu dan lupa sama pacar. Siapkan diri dari sekarang untuk menghadapi ngambeknya nanti…

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza