Jaga-jaga Sebelum Ponsel Hilang, Ini 5 Caranya

Berapa kali kamu mengalami kehilangan ponsel? Sebelum terulang kembali, coba baca sejumlah langkah mencegah ponsel hilang

Smartphone itu ibarat “teman hidup”. Tanpa dia, hidup bisa terganggu. Sebab, berbagai data penting tersimpan di sana. Apa jadinya jika smartphone tersebut hilang lalu semua data jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab? Berikut lima langkah antisipasi smartphone hilang.


1. Gunakan Fitur Pengunci Layar

via GIPHY

Ini merupakan langkah pertama agar orang-orang yang tidak bertanggung jawab sulit membongkar isi smartphone-mu. Fitur macam PIN, dan pemindai sidik jari yang tersedia di smartphone harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Contohnya untuk PIN. Sebaiknya hindari penggunaan PIN yang mudah seperti PIN empat digit. Usahakan menggunakan PIN 8 digit yang berisi kombinasi huruf dan angka. Disarankan memakai kombinasi angka dan huruf yang rumit. Misalnya, Greg9691 ketimbang Greg1969.

Di sebagian smartphone, ada pilihan untuk menghapus secara otomatis semua data personalmu jika 10 kali gagal memasukkan PIN yang benar. Fitur tersebut sebaiknya diaktifkan.

2. Pakai Aplikasi Pencari Smartphone atau Find My Phone

Aplikasi ini berfungsi membantu kamu menemukan smartphone yang hilang atau dicuri. Agar aplikasi ini berfungsi, smartphone harus menyala dan mendapat sinyal Wi-Fi. Fitur pelacak lokasi atau GPS juga harus aktif agar bisa menemukan smartphone-mu di peta.

Untuk pemakai iPhone, kamu bisa mengunggah aplikasi Find My iPhone dari iTunesApp Store dan masuk menggunakan akun iTunes-mu.

3. Buat Catatan Kecil di Smartphone-mu

shutterstock_456496570
Buatlah catatan kecil berisi alamat email-mu lalu tempelkan di belakang smartphone-mu. Ini mungkin akan mengganggu penampilan smartphone-mu tapi cara ini sangat membantu jika smartphone-mu ditemukan orang yang jujur. Orang yang menemukan ponselmu bisa segera menghubungi kamu.

4. Bikin Cadangan Data Smartphone di Tempat Lain


via GIPHY

 

Dengan membuat cadangan data, kamu tetap bisa melihat video, foto, atau dokumen jika smartphone-mu hilang atau dicuri. Beberapa ponsel atau sistem operasi menawarkan layanan penyimpan data cadangan otomatis.

5. Catat Nomor Identitas Smartphone-mu


via GIPHY

Masing-masing smartphone biasanya memiliki seri nomor yang unik yang dikenal sebagai International Mobile Station Equipment Identity (IMEI) atau Mobile Equipment Identifier (MEI). Nggak seperti informasi lain yang tersimpan di kartu SIM smartphone-mu, IMEI atau MEI berada di sirkuit dalam smartphone dan sulit diubah. Terkadang polisi menanyakan IMEI atau MEI jika kamu melaporkan kehilangan ponsel agar bisa mengembalikan smartphone tersebut jika mereka menemukannya. IMEI atau MEI juga terkadang berada di bawah baterai ponsel. Cara mengetahui IMEI atau MEI adalah dengan menekan *#06#.

IMEI juga dapat digunakan untuk memblok smartphone agar tidak bisa mengakses ke jaringan seluler. Jika smartphone hilang, kamu dapat meminta kepada provider untuk memblok ponsel tersebut dengan cara mengirimkan kodenya.

Bagaimana, mudah kan caranya?

Baca juga: Ponsel Masuk ke Air? Jangan Panik dan Ikuti 8 Langkah Ini

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza