4 Kepala Negara yang Eksis di Medsos Seperti Jokowi

Selain Presiden Joko Widodo yang aktif di medsos dan nggak gaptek ini, ada sejumlah medsos kepala negara lain yang seru buat disimak.

Presiden Joko Widodo jadi ramai dibicaraiin media internasional setelah mengunggah Vlog bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Selain Vlog, Jokowi juga memanfaatkan Twitter, Instagram dan Facebook. Jokowi nggak sendiri. Ada empat kepala negara lain yang juga aktif di media sosial lho, yaitu Donald Trump, Angela Merkel, Narendra Modi, dan Justin Trudeau.

Coba intip apa aja yang biasanya mereka post!

1. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

Perdana Menteri Kanad,a Justin Trudeau aktif di media sosial terutama Twitter via akun @JustinTrudeau. Pengikutnya di Twitter sudah mencapai 3 juta orang. Adapun pengikut di Instagram mencapai 973 ribu pengikut. Dia pun sempat membuat snapchat saat menggelar pertemuan di Balai Kota Ontario.

Trudeau telah mengunggah ratusan foto dan video selama 2016. Sejak menggunakan media sosial pada Maret 2008, Trudeau menge-tweet 3,3 lebih sering ketimbang Perdana Menteri Kanada Stephen Harper. Alhasil, dia menjadi salah satu dari lima pemimpin negara dengan pengikut terbanyak di Twitter. Belum
lagi foto-foto mudanya yang diunggah menjadi pergunjingan netizen beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Kita Iri Sama Kehidupan Barron Trump

2. Narendra Modi

A post shared by Narendra Modi (@narendramodi) on

Ketika terpilih sebagai Perdana Menteri pada pemilu India pada 2014, Narendra Modi disebut-sebut sebagai Perdana Menteri India media sosial pertama. Pada 2016, Majalah Time menobatkan Narendra sebagai satu dari 30 orang yang paling berpengaruh di internet.

Saat ini, Modi menjadi pemimpin dunia dengan jumlah pengikut terbanyak di Facebook sebanyak 40 juta. Ketika terjadi ketegangan antara India dan Pakistan pada 2015, Modi meresponsnya bukan lewat konferensi pers atau pidato di televisi, melainkan nge-tweet.

3. Angela Merkel

Kanselir Jerman Angela Merkel bergabung dengan Instagram dengan akun @bundeskanzlerin pada Juni 2015. Akun tersebut langsung diikuti hampir 35 ribu pengikut dalam waktu sepekan atau langsung melewati politikus Amerika Serikat yang aktif di Instagram, John McCain.

Hanya dalam waktu sepekan dia sudah mengunggah 45 foto. Mayoritas foto yang diambil adalah kegiatan resmi Merkel sebagai kanselir. Namun, terdapat banyak foto candid yang menarik untuk dilihat.

Baca juga: 5 Cowok Ini Bisa Sukses karena Mengejar Passion

4. Donald Trump

Salah satu faktor keberhasilan Donald Trump dalam memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat adalah berkat penggunaan media sosial. Trump mengatakan kombinasi 28 juta pengikutnya di Twitter, Facebook, dan Instagram telah membantunya menang pada pemilihan presiden AS. Media massa Negeri Abang Sam menyebut Trump sebagai presiden ‘media sosial’ pertama setelah John F Kennedy dianggap sebagai presiden ‘televisi’ AS pertama, Franklin D Roosevelt sebagai presiden “radio” AS pertama, dan Barack Obama presiden ‘internet’ AS pertama.

Trump sangat aktif di Twitter via akun @realDonaldTrump. Setelah dilantik menjadi Presiden AS, Trump juga aktif berkicau di Twitter lewat akun kepresidenan @POTUS.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza