• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Instagram Stories Versus Snapchat: Mana Yang Lebih Oke?

Instagram Stories Versus Snapchat: Mana Yang Lebih Oke?

Instagram baru saja meluncurkan fitur baru bernama Instagram Stories yang sangat mirip dengan Snapchat. Namun, apakah bisa menyaingi Snapchat? Yuk, bandingkan!

Selama ini, Instagram merupakan media khusus untuk meng-upload foto atau video kita yang paling bagus. Sementara, Snapchat merupakan media untuk menyiarkan aktivitas keseharian kita kepada dunia. Kedua media sosial raksasa tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, misalnya postingan di Instagram akan bertahan selamanya, sedangkan di Snapchat akan hilang dalam waktu 24 jam. Namun, semuanya berubah ketika Instagram Stories menyerang.

Instagram Stories merupakan tiruan Snapchat Stories. Itulah yang dikatakan CEO Instagram, Kevin Systrom dalam wawancara dengan TechCrunch . Ia mengungkapkan bahwa desain, tujuan, dan cara menggunakannya sama persis dengan Snapchat!

Jadi, apakah ini akhir dari Snapchat? Belum tentu! Mari kita bandingkan keduanya!

Rancangan dan Tampilan

Instagram Stories Versus Snapchat: Mana Yang Lebih Oke?

Sumber: Karissa Bell

Dari segi rancangan penggunaan, Instagram Stories merupakan fitur dari aplikasi Instagram. Snapchat merupakan aplikasi tersendiri. Untuk Instagram Stories, setiap ‘cerita’ disajikan di bagian atas dari timeline postingan gambar atau video, dengan lingkaran berwarna pelangi di sekitar stories yang belum kamu buka. Setelah dibuka, maka hilanglah lingkaran tersebut.

Untuk Snapchat, kamu langsung dihadapkan dengan layar yang siap mengambil gambar/video ketika aplikasi dibuka. Geser ke kanan untuk stories dari teman dan sponsor dan geser ke kiri untuk mengirim snap ke teman secara rahasia. Kemudian, geser ke bawah untuk melihat profil kamu.

Dari segi tampilan, Instagram Stories memang terlihat cantik. Namun, untuk yang terbiasa menggunakan Snapchat, akan lebih nyaman dengan tampilannya yang lebih familiar. Selain itu, Snapchat juga membagi stories ke dalam kategori yang lebih jelas, seperti stories yang baru muncul dan mana yang sudah lama. Sedangkan Instagram hanya menggeser tampilan stories lama ke kanan setiap ada penambahan baru. Jadi, sementara:

Snapchat: 1 vs. Instagram Stories: 0

Baca juga: Belum Gaul Kalau Belum Follow 5 Akun Snapchat ini!

Cara Kerja

Instagram Stories Versus Snapchat: Mana Yang Lebih Oke?

Sumber: Engadget

Untuk membuat stories, kamu tinggal menyentuh ikon plus (+) di sisi kiri atas layar. Selanjutnya, kamu dapat memilih foto dengan menyentuh tombol di tengah sekali atauvideo dengan menahannya. Ketika Snapchat dibuka. aplikasi akan langsung menampilkan tampilan kamera. Perbedaannya juga terletak pada warna tombol ketika merekam. Pada Snapchat berwarna merah, dan Instagram Stories berwarna oranye.

Namun, ketika selesai melakukan snap dengan Snapchat, kamu bisa memilih untuk mengirimkannya ke orang lain. Walau Instagram memiliki fitur direct, kamu masih nggak bisa mengirimkan Stories kamu ke teman lain. Kamu juga nggak bisa langsung membalas stories temanmu. Kamu harus menekan bagian send message untuk mengirim pesan dan pesan itu akan muncul di bagian notifikasi direct mereka.

Untuk Snapchat, kamu bisa men-download dan menghapus story kamu. Untuk Instagram Stories, kamu memiliki pilihan lebih banyak. Kamu bisa melihat siapa saja yang sudah membuka dan ‘view’ story-mu seperti Path. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya menjadi postingan di timeline!

Meski Instagram Stories unggul dalam segi fleksibilitas opsi stories, kami memberikan poin kepada Snapchat dengan pertimbangan kecepatan pengambilan Snap dan kemudahan berinteraksi dengan orang lain.

Snapchat: 2 vs. Instagram Stories: 0

Media di Instagram Stories vs Snapchat

Instagram Stories Versus Snapchat: Mana Yang Lebih Oke?

Sumber: Karissa Bell

Dari segi fungsionalitas medianya keduanya bisa mendukung gambar dan video. Keduanya juga memberikan kesempatan untuk menghias dan mencorat-coret hasil stories-nya. Di sini, Snapchat jelas lebih unggul karena memiliki banyak sekali filter yang lucu dan seru.

Meski filter di Instagram Stories masih sedikit, namun fitur ini memiliki kapasitas warna dan jenis coretan yang lebih bervariasi, seperti coretan yang memiliki efek terang (glow). Namun, Snapchat bisa menandingi ini dengan beberapa sticker eksklusif yang lucu-lucu. Dari aspek media, jelas bahwa:

Snapchat: 3 vs. Instagram Stories: 0

Baca juga: 5 Tipe Pengguna Snapchat, Kamu yang Mana Nih?

Keunikan masing-masing

Instagram Stories Versus Snapchat: Mana Yang Lebih Oke?

Sumber: Entrepreneur

Selain beberapa aspek di atas, kamu bisa melihat fitur-fitur pembeda antar kedua aplikasi ini. Hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah merek atau akun official di Snapchat. Stories Snapchat pada umumnya banjir dengan sponsor-sponsor dari perusahaan dan media yang menjengkelkan. Namun, dari Snapchat juga kamu jadi bisa mengetahui berita dunia yang lagi nge-hits saat ini. Masih belum jelas apakah Instagram Stories akan mengikuti jejak yang sama.

Kedua, segi follower. Stories di Snapchat hanya akan diperlihatkan pada teman-teman kamu, yang pada umumnya nggak sebanyak di Instagram. Sementara itu, stories kamu di Instagram dapat dilihat oleh semua follower kamu. Dengan begitu, hasil rekaman kamu akan dilihat oleh lebih banyak orang.

Selain itu, Instagram Stories merupakan fitur sampingan dari Instagram yang sudah memiliki jumlah pengguna 3 kali lipat dari Snapchat (500 juta melawan 150 juta). Nggak heran teman-teman, kalau merek terkenal, dan juga idola-idola kamu akan lebih sering bertengger di Instagram. Mereka akan berpikir, dengan fungsi yang hampir sama, kenapa harus berpindah-pindah tempat. Meski ada akun sponsor di Snapchat, namun dibandingkan jumlah mata yang jauh lebih ramai di Instagram, maka:

Snapchat: 3 vs. Instagram Stories: 1

Kesimpulan

Segalanya masih terlalu awal untuk ditetapkan. Instagram Stories baru diluncurkan beberapa minggu dan kita belum tau apa saja fitur-fitur yang akan ditambahkan untuk bisa mengalahkan Snapchat. Kita juga belum tau senjata apalagi yang akan diluncurkan Snapchat untuk menangkal serangan Instagram ini. Satu hal yang pasti adalah jika Snapchat masih begitu-begitu saja, maka Instagram Stories akan cepat mengejar ketinggalannya.

Bagaimana dengan kamu? Tentukan pilihanmu pada polling di bawah ini.

Sumber Gambar Utama: Mariale

Categorised in: , , , , ,

This post was written by Tommy Prayoga