• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Ini Rahasia Sukses Mengambil Foto dengan Kamera Smartphone

Ini Rahasia Sukses Mengambil Foto dengan Kamera Smartphone

Sekarang semua bisa dilakukan dengan hanya menggenggam smartphone kesayangan. Seperti mengambil foto misalnya.

Tak semua orang mau repot-repot membawa kamera—baik pocket maupun DSLR—saat liburan. Dengan teknologi yang ada sekarang, kamera di smartphone masa kini terbilang cukup bagus untuk mengambil gambar selama liburan. Bagaimana cara memaksimalkannya? Yuk simak tips-tips berikut ini.

Kuncinya Ada di Pencahayaan

Dengan memperhatikan kondisi pencahayaan di sekitar, kamu bisa menghasilkan gambar luar biasa dengan smartphone. Contohnya, dengan memanfaatkan cahaya dari matahari terbit maupun terbenam, kamu bisa menghasilkan foto yang dramastis.

Atur Titik Exposure secara Manual

Meski menggunakan pengaturan exposure otomatis, kamu bisa menentukan sendiri di titik mana exposure itu dihitung, dan taruhlah titik tersebut pada daerah yang ingin kamu tonjolkan. Pada Android misalnya, tekan dan tahan kotak pada layar smartphone, dan geserlah pada titik yang diinginkan. Misalkan ingin memotret sunset, maka arahkan kotak tersebut ke area paling terang, yaitu matahari.

Jangan Terlalu Mementingkan Teknik

Fotografi tak melulu soal teori, praktik itu lebih penting. Maka banyak-banyaklah memotret, dan pelajari lagi hasilnya, agar kesalahan yang pernah dibuat tak terulang lagi. Rajinlah juga melihat hasil karya orang lain. Cara belajar fotografi yang paling gampang adalah dengan melihat hasil karya orang lain. Kamu bisa mempelajari sudut pandang dan komposisi foto yang menarik dari foto-foto tersebut.

Jangan Pakai Zoom

Kecuali kamu memakai smartphone yang mempunyai zoom optikal, lebih baik lupakan sejenak penggunaan zoom saat memotret dengan smartphone. Hasil zoom digital akan memperburuk kualitas foto. Jadi, jika ingin memperbesar gambar, mendekatlah ke objek yang mau difoto.

foto dengan smartphone

Gunakan Aplikasi Editing Foto

Untuk mendapatkan hasil gambar yang unik, andalkan aplikasi editing foto. Jangan bergantung pada filter yang sudah jadi, seperti di Instagram atau Path. Gunakan aplikasi semacam SnapSeed, Photoshop Express, atau iPhoto – untuk iPhone. Atur tingkat contrast, sharpness, ataupun color temperature, untuk mendapatkan hasil foto yang kamu inginkan.

Lupakan Flash Internal

Gambar yang dihasilkan jika memotret menggunakan flash akan terasa datar dan kurang hidup. Tapi bagaimana jika suasana area yang ingin difoto terlalu gelap? Coba eksperimen dengan menggunakan lilin. Misalnya, taruh lilin di dekat objek yang ingin difoto, hasilnya akan lebih menarik ketimbang memotret menggunakan flash.

Jaga Kebersihan Lensa Kamera

Ini yang sering terlupa, apalagi ketika sedang berlibur. Terkadang, ada debu atau pasir yang bisa menempel pada lensa kamera. Debu ini akan menghasilkan titik hitam di foto yang nantinya diambil. Maka rajin-rajinlah membersihkan lensa kamera kamu. Jika tak punya pembersih khusus lensa, pakai kaos pun tak apa, asal bersih dan steril.

Sudah tahu tips untuk memaksimalkan penggunaan kamera di smartphone kan? Yuk kita berkarya lagi pakai kamera smartphone!

Baca Juga :
Pilihan Aplikasi Smartphone untuk Mengedit Foto
Langkah-langkah Menghindari Backlight Saat Memotret 

Categorised in: , , , , ,

This post was written by Kak Moza