Ini Dia Cara Bikin Anjing Nurut Disuruh Duduk dan Tiduran

Anjing jenis apa pun yang kamu punya bakal lebih keren kalo pintar dan nurut sama kamu. Nggak susah kok buat melatih mereka. Ikuti cara berikut ini.

Memelihara anjing memang menyenangkan. Anjing memang terkenal setia dengan majikannya. Tapi kesetiaan mereka tergantung pada seberapa kuat kamu membangun ikatan emosional dengan mereka. Kalau kamu sering mengajak mereka main, bahkan melatih mereka, maka dijamin anjing kamu bakal lebih setia dibanding pacar kamu. Pengen tahu gimana supaya anjing nurut sama kamu?

Yang perlu kamu pahami adalah, melatih anjing butuh komitmen dan kesabaran. Semakin muda usia anjing kamu, semakin gampang melatihnya. Usia paling tepat memulainya adalah saat anak anjing berusia 3 bulan. Walau kadang anak anjing gemar sekali bermain dan manja, tapi asal kamu tekun, mereka akan cepat patuh dan nurut. Coba mulai dengan melatih dua trik yang paling umum, yaitu duduk dan tiduran. Lain kali, ketika pacar kamu datang ke rumah, tunjukin kehebatan anjing kamu, dijamin bakal bikin kagum dia.

Persiapan Supaya Anjing Nurut

1. Pastikan area sepi. Anak anjing kadang gampang sekali untuk nggak fokus. Gangguan sekecil apa pun bisa bikin buyar konsentrasinya. Karena itu, pastikan area di sekitar tempat latihan nggak terlalu ramai dan berisik biar anak anjing bisa fokus latihan.

2. Ikat bila perlu. Kadang anak anjing terlalu agresif sehingga kamu perlu mengikatnya agar ia bisa fokus berlatih dan nggak lari ke sana kemari. Pilihlah tali daripada rantai. Gunakan pula kalung leher dari bahan kulit atau nylon yang lentur.

3. Siapkan hadiah. Kamu perlu hadiah buat anak anjing kamu setiap kali dia berhasil melakukan perintah yang kamu berikan. Hadiah ini bisa berupa camilan khusus anjing yang banyak dijual di toko hewan atau toko online. Camilan khusus anjing ini punya aroma yang kuat dan rasa yang lezat buat anjing.

4. Beri pujian. Pujian bisa kamu ucapkan dalam bahasa apa pun, tapi intonasi adalah hal terpenting. Ketika kamu mengucapkan “good boy!” atau “good girl”, pastikan terdengar lembut dan tulus karena mereka akan mengetahuinya. Kamu bisa mengganti pujian dengan clicker training. Suara “klik” setiap anjing berhasil melakukan trik akan terngiang terus dalam ingatan anjing. Tetap beri belaian setelahnya.

5. Tunjukkan kalau kamu adalah Bos. Jangan sampai anak anjing kamu menunjukkan bahwa dirinya adalah pemimpin. Tunjukkan kalau kamu yang berkuasa, dan ia harus menuruti perintah kamu.

Perintah duduk

1. Ikat anjing dan berdirilah di depannya sambil memegang camilan wangi di tangan kamu (kalau perlu goda dia dengan menunjukkan camilan tersebut).

2. Dalam posisi berdiri dengan keempat kakinya, dekatkan camilan tersebut ke arah bagian atas hidungnya, lalu ucapkan “SIT!” sambil mendorong camilan tersebut ke arah atas belakang kepala anjing melewati hidungnya. Cara ini akan memaksa anjing mendongak ke atas dan mundur ke belakang sambil duduk. Jika ia tidak duduk, gunakan tangan kamu yang satu untuk mendudukkan bokongnya. Perintah harus jelas, tegas dan singkat. Jangan mengulangi perintah berkali-kali. Cukup satu kali dengan suara tegas dan terdengar jelas. Bila ia belum melakukannya, tunggu beberapa detik, lalu ulangi lagi.

3. Berikan hadiah camilan saat ia berhasil duduk dan puji anak anjing kamu sambil membelainya. Lakukan berkali-kali hingga ia paham sebelum kamu pindah ke trik berikutnya.

Perintah tiduran

1. Pada posisi awal yang sama, seperti di atas, atau bisa juga pada posisi duduk setelah anak anjing kamu memahaminya, siapkan camilan di tangan kamu, dan dekatkan ke arah hidungnya lagi. Kali ini, ucapkan perintah singkat “DOWN!” sambil mengarahkan camilan ke dasar atau ke arah bawah, sehingga memaksanya untuk menurunkan moncongnya ke bawah hingga pada posisi tiduran.

2. Beri camilan dan penghargaan yang sama seperti di atas. Jangan menyerah ketika ia mengacuhkan kamu sampai ia melakukannya.

3. Lama-lama, anjing kamu akan memahami perintah yang kamu ucapkan. Saat anjing sudah mulai paham, ucapkan kata perintah tanpa mengarahkannya dengan camilan. Tapi tetap berikan camilan ketika ia berhasil melakukannya.

Lakukan latihan ini tiap hari hingga ia mahir, sebanyak dua kali sehari dengan durasi 15 menit per latihan. Jangan terlalu lama, karena jika ia bosan, maka ia menganggap latihan tersebut sebagai siksaan. Pastikan suasana latihan menyenangkan dan penuh kasih sayang agar anjing kamu semangat melakukannya. Selamat mencoba!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza