• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Ngopi Anti-Mainstream di Kebun Kopi Sambil Travelling

Ngopi Anti-Mainstream di Kebun Kopi Sambil Travelling

Tren ngopi memang sudah lama ngehit. Tapi ngopi di kebon kopi tentu punya sensasi tersendiri. Berikut ini beberapa pilihannya.

Kamu doyan traveling dan juga suka minum kopi? Wisata kebun kopi bisa jadi pilihan untuk plesiran bareng sahabat atau pacar, lho. Selain cuci mata melihat pemandangan alam, kamu bisa menyeruput kopi khas daerah yang kamu kunjungi. Tren ngopi memang sudah lama ngehit. Apalagi kedai-kedai untuk nongkrong sambil ngopi berjamuran belakangan ini. Tapi ngopi di kebon kopi tentu punya sensasi tersendiri. Berikut ini beberapa pilihannya.

Baca juga: 4 Coffee Shop di Jakarta yang Punya Kopi Paling Enak menurut Food Blogger

Kampoeng Kopi Banaran, Semarang

KampengKopiBanaran

Letaknya Cuma lima menit dari Terminal Bawen arah ke Salatiga. Di kebun kopi yang gede banget (40 hektare) milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN IX, kamu bisa menyesap kopi terbaik di sana. Enggak hanya itu. Kamu juga bakal tahu seluk beluk tanaman kopi. Kamu pun bisa melihat langsung para pemetik memilih buah kopi terbaik. Ada juga kereta wisata yang membawamu ke spot-spot untuk selfie atau wahana bersepeda.

Kebun Kopi Malabar, Pangalengan, Jawa Barat

KebunKopiMalabar

Jangan mengaku penggila kopi kalau belum pernah nyobain kopi Malabar. Ya, kopi Malabar memang sudah terkenal kenikmatannya di seantero jagat. Bahkan ada istilah di kalangan penggila kopi di Eropa pada abad ke-18, yaitu ‘secangkir Jawa’. Istilah itu katanya muncul karena nikmatnya kopi yang ditanam di bumi Parahyangan di antaranya Malabar. Tak heran kalau kawasan ini disebut-sebut jadi salah satu penghasil kopi terbaik. Di sini kamu bisa menyesap kopi yang dibikin dari buah kopi yang langsung dipetik dari pohonnya.

Seladang Café, Bireun, Aceh

SeladangCafe

Satu lagi kopi yang namanya beken di dunia: kopi Aceh. Kalau kamu mau nyobain kopi Aceh sambil wisata di kebun kopi, Seladang Café jadi pilihan tepat. Kamu bisa langsung memetik sendiri lalu meraciknya hingga siap diminum. Jadi kamu bisa berperan sebagai petani kopi sekaligus barista. Menyeruput kopi di hawa yang sejuk di tengah aroma bunga kopi jadi sensasi yang bikin orang bilang ‘mak nyus’.

Keboen Kopi Karanganyar

KebunKopiKaranganyar

Kebun kopi ini ada di Dusun Karanganyar, Desa Mondangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Sembari wisata kopi, kamu juga bisa wisata sejarah di sini. Soalnya, kebun kopi ini sudah ada sejak zaman Belanda pada 1874. Pabrik kopinya pun masih dengan arsitektur bangunan Belanda. Bukan cuma gedungnya, pelayannya pun ada yang dari Belanda. Mereka adalah relawan yang menjadi pelayan di sana. Tempat ini juga cocok untuk keluarga. Sebab, ada fasilitas seperti wahana taman bermain untuk anak.

Kebun Kopi Rantebua, Toraja Utara

Selain kopi Aceh, kopi daerah mana lagi yang terkenal dari Indonesia? Ya, kopi Toraja. Kalau mau coba wisata kebun kopi di Toraja, kamu harus datang ke kebun kopi di pedalaman Desa Bokin, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara. Dua jenis kopi yang bisa kamu coba di sini adalah arabika dan robusta. Kebun kopi di sini dikelola perusahaan Jepang, Key Coffee. Tapi kamu tetap bisa melihat penanaman, pemeliharaan, juga panen kopi.

Kopi Malabar, Aceh, dan Toraja bisa jadi pilihanmu untuk wisata ngopi di kebun. Mana yang kamu pilih?

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza