6 Hobi Ini Bisa Bikin Kamu Makin Kaya Raya

Kalau kamu punya salah satu hobi berikut ini… Selamat! Kamu punya kesempatan buat meraup untung dan bikin kamu makin kaya raya!

Buat kebanyakan orang, berapa pun uang yang dihabisin, nggak masalah bila memang buat hobi. Bahkan orang rela ngabisin sebagian besar tabungan mereka untuk memuaskan diri demi hobi mereka. Pernah ngalamin hal ini? Ingat dulu ketika kamu masih sekolah, bela-belain nabung dan ngabisin semua duit kamu buat beli sepatu basket demi hobi kamu main basket?

Baca juga: 4 Hobi Laki-Laki yang Disebelin Perempuan

Semakin kamu mendalami sebuah hobi, dijamin semakin rela kamu nguras duit kamu buat hobi itu. Wajar aja kalau ada yang bilang hobi itu mahal atau bikin boros. Tapi, tahukah kamu kalau beberapa hobi justru bisa mendatangkan uang buat kamu? Ya, sebenarnya hampir sebagian besar hobi bila kamu seriusin bisa menambah pundi-pundi uang kamu. Bahkan sudah banyak orang yang sukses berkat hobi yang ia tekuni. Nah, apa saja hobi yang bisa membuat kamu kaya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Memelihara Anjing

wet-dog-1517722_1280

Bisnis anjing ras kini makin berkembang pesat di Indonesia. Jadi, kalau kamu punya hobi memelihara anjing ras, nggak ada salahnya kalau kamu sekalian terjun ke bisnis ini dengan menjadi breeder dan membuat kennel anjing yang terdaftar di Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin). Ketika anjing-anjing kamu terdaftar di Perkin dan memiliki surat silsilah, harganya akan melambung tinggi dibandingkan anjing yang tidak memiliki surat. Kamu bisa menawarkan adopsi anak-anak anjing kamu dengan harga yang cukup tinggi. Bayangkan, ketika satu ekor anjing kamu mampu menghasilkan enam ekor puppy, dan harga per puppy bisa mencapai 3-5 juta.

2. Fotografi

man-839604_1280

Punya hobi jeprat jepret pakai kamera bukanlah hal yang murah. Harga kamera profesional saja bisa cukup nguras kantong. Tapi buat kamu yang hobi fotografi, ada banyak kesempatan buat dapetin uang lebih dari hobi kamu ini. Foto-foto hasil jepretan kamu sebenernya bisa kamu jual di beberapa situs agen penyedia foto, seperti Getty Images, Shutter Stock dan masih banyak lagi. Daripada koleksi foto-foto keren kamu cuma disimpan dan dipandangi terus tiap hari, baiknya kamu tawarkan untuk dijual secara online. Kamu bisa buka jasa foto dan tawarin ke temen-temen kamu yang butuh fotografer wedding, foto prewed, buat company profile dan sebagainya. Plus kamu bisa mengikutkan foto-foto kamu ke ajang-ajang lomba fotografi.

3. Masak

food-1155130_1280

Banyak hal yang bisa kamu dapetin dari hobi masak. Kalau kamu punya hobi masak, kamu bisa buka bisnis kuliner, seperti restoran atau kafe. Semakin unik makanan yang kamu hidangin, semakin banyak peminatnya dan bisa bikin viral di sosial media. Coba cari tau makanan apa yang belum ada di area kamu, dan cari resepnya. Lalu posting di sosial media untuk mancing orang biar dateng. Atau kamu juga bisa nyiptain produk makanan jadi yang bisa kamu tawarin untuk dijual ke convenience store sebagai pemula. Kalau berhasil, kamu bakal bisa dapet pesanan rutin dengan jumlah yang nggak sedikit lho!

4. Main Game

game-1232879_1280

Main game bukan cuma buat anak-anak aja. Orang dewasa pun senang main game, baik online maupun lewat console saking serunya. Dan dari hobi ini, kamu bisa menghasilkan uang sampai jutaan dolar! Kamu bisa memanfaatkan hobi kamu ini dengan membuat tutorial game di sosial media atau Youtube channel. Banyak orang yang sudah sukses lewat cara ini, seperti akun Youtube PewDiePie yang konon sudah berhasil menghasilkan 7 juta dolar lewat hobinya ini. Beberapa permainan online bertujuan mengumpulkan koin, menaikkan level atau menambah kekuatan, nah, kamu bisa menjual akun game online kamu ke orang lain yang membutuhkan. Ketika Pokemon Go booming, banyak yang berjualan akun Pokemon Go yang udah nyampe level tinggi dengan jumlah Pokemon yang banyak.

Baca juga: 5 Game Konsol yang Hits Tahun 90

5. Mengoleksi Sesuatu

ldkagfmhdei-max-kaharlytskyi

Banyak banget orang yang hobinya mengoleksi sesuatu. Nggak peduli apa yang kamu koleksi, pasti banyak orang di luaran sana yang punya hobi sama dengan kamu dan pengen dapetin apa yang kamu punya sementara dia nggak punya. Kamu bisa menjual beberapa koleksi kamu ke mereka yang membutuhkan dengan harga yang nggak murah. Karena, semakin susah dapetin barang yang kamu koleksi, semakin mahal harganya. Walau koleksi kamu adalah mobil-mobilan diecast atau kartu basket sekali pun. Pajang di Ebay, karena bisa menambah kemungkinan orang yang rela bayar kamu dengan harga mahal.

6. Ngedit Gambar

junumqvbwgc-luis-llerena

Di dunia digital seperti sekarang ini, banyak orang yang hobi utak-atik gambar digital. Baik lewat aplikasi di ponsel pintar kamu, maupun lewat software Photoshop di PC. Hobi kamu ini bisa berguna buat banyak orang yang perlu jasa desain grafis buat editing foto atau membuat gambar untuk produk mereka. Di beberapa situs pencari freelancer, ada banyak proyek-proyek yang diposting yang butuh jasa design grafis dan photo editing. Kamu bisa cari yang sanggup kamu kerjain dan tawarin harga kamu untuk proyek itu.

Udah kebayang kan bagaimana cara menghasilkan duit lewat hobi kamu? Sekarang tinggal bagaimana caranya kamu serius mendalaminya dan nyari celah untuk bikin hobi kamu jadi menguntungkan. Selamat mencoba!

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza