5 Hobi yang Bikin Kamu Makin Pintar

Banyak hobi yang punya manfaat, selain bisa ngasih duit tambahan alias jadi bisnis sampingan, hobi juga ternyata bisa mempertajam otak kamu.

Ada anggapan kalau kecerdasan seseorang itu sudah bawaan dari lahir, dan kita nggak bisa mengubahnya. Tentu aja anggapan ini salah. Kemampuan otak kita dalam mengolah data dan memproses informasi bisa terus berkembang seiring bertambahnya umur kita. Namun, untuk membuat otak kamu lebih tajam dan makin cerdas, kamu perlu mengasahnya agar kemampuannya terus bertambah.

Tekun belajar dan rajin nongkrong di perpustakaan tentu aja bisa bikin otak kamu jadi lebih cerdas. Tapi ada cara yang lebih menyenangkan buat mengasah otak kamu, yaitu dengan menekuni beberapa hobi berikut ini. Menurut penelitian, beberapa hobi ternyata dapat menghambat penurunan fungsi otak dan secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan otak untuk menyerap informasi. Kalau hobi kamu termasuk dalam daftar di bawah ini, berarti kamu punya kemampuan untuk memaksimalkan otak kamu.

1. Yoga

meditation-1287207_1280

Kalau kamu hobi yoga, pasti kamu sering melakukan meditasi. Dengan bermeditasi, kamu menstimulasi otak untuk lebih fokus sehingga makin mudah berkonsentrasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan Richard Davidson dan sudah dipublikasikan di Wall Street Journal, meditasi membuat kita mampu mengendalikan gelombang otak serta mampu membuat kita merasakan apa yang ingin kita rasakan. Seperti merasa percaya diri sebelum ujian, merasa yakin sebelum negosiasi, dan tentu juga merasa lebih fokus.

Baca juga: Jangan Ragu Lagi Coba yang Namanya Yoga, Ini 5 Alasannya!

2. Bermain Musik Instrumen

guitar-756326_1280

Banyak banget manfaat yang bisa kamu dapetin dari main musik. Selain bikin ibu kamu bangga, bermain alat musik bisa bantu kamu ningkatin kreativitas, kemampuan menganalisa dan masih banyak lagi. Berdasarkan penelitian, bermain alat musik akan menstimulasi otak kiri dan kanan secara bersamaan dan menambah kemampuan kognitif seseorang secara signifikan. Otak kamu juga bakal lebih baik dalam memecahkan masalah matematis.

Baca juga: 5 Hobi Laki-laki Paling Seksi Menurut Perempuan

3. Nge-gym

fitness-465205_1280

Siapa bilang kegiatan latihan fisik nggak ada hubungannya sama kecerdasan? Selain ngasih banyak manfaat buat tubuh kamu, latihan di gym bakal ngasih pengaruh positif buat kamu karena bisa ningkatin kreativitas, mood dan rasa percaya diri. Saat kita berlatih di gym, otak kita akan melepas protein dalam otak lebih banyak yang berhubungan dengan berbagai manfaat kognitif dan daya ingat jangka panjang. Jadi kamu bakal lebih mudah mengingat sesuatu.

4. Main bola atau cuma nonton

door-husband-1271621_1280

Buat kamu yang suka sport seperti bermain bola, atau hanya hobi nonton bola, kegiatan ini sama-sama ngasih pengaruh positif buat otak kamu. Dengan bermain bola atau hanya menontonnya, fungsi otak kamu akan meningkat dan membuat otak kamu jadi lebih responsif, koordinasi lebih baik, kemampuannya jadi bertambah dan bonusnya ningkatin rasa percaya diri kamu. Nggak peduli kamu suka sepakbola, basket, tenis, badminton, kalau kamu sering nonton atau bermain, maka kamu sudah ikut membantu meningkatkan performa otak kamu.

Baca juga: 5 Olahraga Murah yang Cocok untuk Mengisi Weekend Kamu

5. Main puzzle

puzzle-1487340_1280

Permainan ini memang udah terbukti mampu menstimulasi otak kamu. Saat bermain puzzle, otak kamu akan terpicu untuk terus berpikir, dan pada saat itulah sel-sel otak akan saling terhubung satu sama lain dan membuat kamu lebih fokus. Ini adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan buat mempertajam otak kamu dan meningkatkan daya ingat. Ada banyak permainan puzzle yang punya efek sama buat otak kamu, di antaranya jigsaw puzzle, rubiks hingga catur.

Baca juga: 6 Hal Yang Bisa Bikin Kamu Makin Cerdas Tiap Hari

6. Melahap semua buku bacaan

adult-1869624_1280

Membaca buku ensiklopedia tentu aja bikin kamu tambah pinter. Tapi kamu nggak perlu tersiksa buat baca buku tebel yang bikin pusing itu. Kalau kamu hobi baca buku, membaca banyak buku dengan topik yang berbeda-beda seperti fiksi, biografi, sejarah dan sebagainya, ternyata bermanfaat menajamkan otak dan menambah kecerdasannya. Dengan banyak membaca, selain pengetahuan kamu bakal bertambah, otak kamu jadi lebih produktif dan mudah memecahkan masalah. Bonusnya, stres kamu berkurang dan kamu jadi nggak gampang emosi.

Perlu diingat bahwa manfaat hobi tersebut akan lebih maksimal bila kamu melakukannya secara rutin. Jadi, mana pun yang menjadi hobi kamu, pastiin kamu selalu meluangkan waktu buat menekuninya, asal jangan sampai lupa dengan kewajiban kamu yang lain ya.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza