• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 5 Jenis Headset Yang Sesuai Dengan Gaya Hidupmu

5 Jenis Headset Yang Sesuai Dengan Gaya Hidupmu

Setiap headset punya karakter masing-masing. Apa kamu suka berpergian, bermain game, atau bersantai di kafe? Headset apa yang cocok untukmu?

Buat kamu penggemar berat musik, atau kamu yang suka dengerin podcast sambil nunggu kereta, pasti sudah familiar dengan alat ini. Headset dapat memudahkan kamu untuk mendengarkan audio tanpa mengganggu publik. Tinggal colok jack ke handphone atau music player dan kamu bisa langsung mendengarkan musik.

Namun orang Indonesia mengenal headset sebagai segala jenis alat untuk mendengarkan musik secara langsung di telinga. Padahal definisi headset hanya terbatas pada alat pendengar yang dipakai di kepala dan disertai dengan mikrofon. Alat pendengar ini memiliki beragam nama sesuai bentuk dan fungsinya masing-masing.

Apakah kamu sudah punya headset yang cocok untukmu? Atau mungkin ada alternatif yang lebih baik? Yuk lihat berbagai macam headset yang mungkin lebih cocok untuk telinga dan keseharianmu..

Praktis Untuk Yang Suka Berpergian

HeadsetSumber: neovain

Secara umum earphones mengacu pada perangkat kecil yang digunakan untuk mendengarkan file audio, berbentuk speaker kecil yang kita kaitkan pada lubang telinga dan kabel jack. Menggunakan earphone adalah cara mendengarkan musik yang paling praktis dan simple.

Untuk kamu yang suka berpergian dan sering menghabiskan waktu dalam perjalanan, earphone bisa jadi alat yang paling cocok untuk dirimu. Karena bentuknya yang kecil dan mudah disimpan di kantong ataupun tas, kamu dapat menggunakan dan menyimpannya dengan cepat.

Earphone sendiri memiliki beberapa variasi desain, coba putuskan mana yang paling cocok untukmu.

1. Yang Mendasar Untuk Seluruh Keperluan

HeadsetSumber: Just Charles

Earbud merupakan variasi earphone yang paling standar. Untuk kamu yang lebih suka mendengarkan suara vokalis, tetapi tidak terlalu memperhatikan permainan bass, ini adalah pilihanmu. Untuk kamu yang ingin mendengarkan lagu, podcast, ataupun audiobook, tetapi masih ingin mendengarkan keadaan di sekitarmu, ini juga menjadi pilihan yang tepat.

2. Yang Merekat di Telinga Selama Aktivitas

HeadsetSumber: tc_manasan

Earfit merupakan earphone yang memiliki fitur tambahan agar terpasang dengan baik di telinga. Entah dengan kabel yang dikaitkan di sekitar daun telinga atau ada plastik/karet tambahan untuk mencegahnya terlepas dari telinga. Ini adalah perangkat paling cocok untuk kamu yang punya banyak aktivitas dan suka berolahraga, seperti nge-gym atau jogging.

3. Suara Superior Untuk SI Audiofil

HeadsetSumber: Matti Mattila

Kalau kamu ingin praktis, tapi juga ingin kualitas suara yang superior, ini dia jawabannya. In-ear-monitors atau yang lebih sering disebut IEMs.

IEMs ini bersifat mengisolasi suara dari luar karena bentuknya yang menyumbat lubang telinga. Dengan IEMs kamu bisa mendengar suara tanpa perlu terganggu kebisingan di sekitarmu. Cocok untuk kamu yang ingin mendengarkan musik di kafe ataupun kantor dengan maksimal. Yang penting jangan gunakan ini di jalan, terutama bila kamu sedang mengemudi atau menyebrang.

Kompleksitas Untuk Yang Profesional

HeadsetSumber: Rainer Stropek

Berbeda dengan earphone yang tinggal dikantungi saja, headphone memiliki bentuk yang lebih besar dan tidak begitu mudah untuk disimpan. Jika pada speaker earphone dimasukkan ke dalam telinga, headphone akan terletak di luar (on-ear-headphone) atau bahkan membungkus keseluruhan telingamu (over-ear-headphone).

Headphone memiliki band yang disandarkan ke kepalamu ketika digunakan sehingga tidak mudah lepas. Speakernya juga jauh lebih besar, dan dibungkus dengan bahan busa yang empuk dan nyaman di telinga. Suara yang dihasilkan juga tentu lebih berkualitas.

4. Teknologi Canggih Yang Memblokir Gangguan

HeadsetSumber: ON Magazine

Untuk kamu yang suka teknologi canggih, pasti suka headset yang satu ini. Noise-cancelling headphone dapat mengurangi suara bising dari luar. Tanpa perlu memperkeras volume, musik yang kamu mainkan dapat terdengar jernih di tengah kebisingan sekalipun.

Semua itu berkat kemampuan noise-cancelling headset untuk mengirimkan gelombang ke luar dan membatalkan gelombang suara yang datang. Ya, tidak hanya mengisolasi telingamu, headset ini juga membatalkan kebisingan luar. Satu-satunya kelemahan teknologi ini adalah ketika menyalurkan lagu atau suara berfrekuensi tinggi yang memiliki gelombang pendek.

Jadi kalau kamu ingin tidur di penerbangan yang bising. Headset satu ini bisa jadi jawabanmu.

5. Sistem Surround Untuk Kamu Yang Hardcore Gamer

Headset16Sumber: Carlye Rangeo

Headset jenis ini cenderung memiliki bentuk yang menyelimuti seluruh telingamu (over-ear-headphone). Tidak hanya mengurangi suara luar, namun dia juga mempunyai sistem kompleks yang membuat suara seakan datang dari arah-arah tertentu. Buat kamu yang suka main video games, ini jelas headset yang cocok apalagi ketika main game FPS (First Person Shooter). Untuk pecinta musik dengan bass yang super berat. Ini juga cocok buat kamu.

Baca juga: Yuk Mengenal Kepribadian Lewat Merk Smartphone

Categorised in: ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi