5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Semangat Nasionalisme

Kemerdekaan adalah sebuah hal besar yang tahun ke tahun terasa kurang diapresiasi. Kesibukan kita sehari-hari membuat kita sering menafikan momen penting ini. Lalu, hasil perjuangan pahlawan yang sudah berkorban hanya kita hargai di mulut saja.

Bagaimana membuktikan kecintaan kita pada bangsa ini, mengapresiasi kemerdekaan dengan tepat sehingga perjuangan para pahlawan tidak sia-sia? Terlebih di jaman sekarang, di mana sebenarnya nilai-nilai kemerdekaan wajib sekali untuk diperdalam. Dengan semua masalah yang dihadapi oleh bangsa kita, yang berpotensi menghambat kemajuan pembangunan (agak berat, ya), kita harus kembali ke awal. Bangsa yang besar, seperti selalu dikatakan, adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pahlawannya. Mari kita jaga semangat nasionalisme kita.

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan? Yang mudah? 6 hal di bawah ini bisa kamu renungkan, wujudkan. Membantu bangsa kita untuk jadi lebih baik, lebih mahsyur. Sudah siap?

Bekerja keras di bidang masing-masing

A photo posted by PRIBADI (@maleo95) on

Bekerja keras di bidang yang kita geluti, nggak semata-mata untuk menambah penghasilan. Tapi, kita juga ikut memutar roda perekonomian. Kita harus menyadari, bahwa pekerjaan yang kita lakukan juga berkaitan dengan orang lain. Ada orang lain di luar sana, yang bisa mendapat penghasilan, berkat apa yang kita kerjakan. Dengan memahami ini, harusnya kita lebih sadar bahwa kita tiap hari ke kantor itu nggak cuma untuk diri kita. Kita sekaligus membuka rejeki orang lain.

Jangan lakukan hal yang merugikan negara

A photo posted by Sharon Chen (@sha.roon) on

Berbicara mengenai poin satu ini, di era sekarang sangat relevan. Saat negara kita diserang begitu banyak isu yang merugikan. Seperti korupsi, obat-obatan terlarang, tidak taat pajak (ngemplang pajak), bagian dari kerusuhan, sampai terorisme. Jangan lah terlibat dengan semua hal tadi itu. Semuanya membuat kemajuan pembangunan bangsa yang sudah jauh, jadi mundur, jadi sia-sia. Warga negara yang baik, yang menyadari betapa susahnya menyatukan perbedaan warganya yang terdiri atas berbagai suku bangsa, nggak akan terlibat hal-hal seperti itu – seharusnya. Kita ingin jadi solusi, bukan sumber masalah. Kita ingin jadi faktor pendukung kemajuan bangsa kita, bukan jadi penyebab pembangunan macet. Bukan jadi penyakit masyarakat.

BACA JUGA: 5 Hal Unik Tentang Indonesia Berikut Dipastikan Bisa Bikin Kamu Makin Cinta Negeri Ini

Memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang dibangun negara

A photo posted by rokkyo (@rokkyo) on

Intinya, jangan jadi penyakit masyarakat yang nggak mampu menjaga fasilitas publik yang sudah disediakan negara agar hidup kita jadi lebih mudah. Jangan mengubah fungsi fasilitas itu, ke fungsi lain yang tidak sepantasnya. Jaga keindahan sekitar. Kalau sekeliling kita enak dilihat, kita juga yang menikmati dan akan memberi kesan baik bagi siapapun yang mengunjungi negara kita. Malaysia yang baru merdeka di tahun 1957, atau bahkan Jepang yang hancur luluh lantak di tahun 1945 kini tumbuh lebih bagus – jauh lebih bagus – daripada kita. Ada yang salah di situ. Kenapa kita malah tertinggal jauh?

BACA JUGA: Mempopulerkan Tujuan Wisata Tanah Air Juga Bisa Jadi Bentuk Cinta Indonesia, Seperti 5 Travel Blogger Ini

Ikut bela negara yang mudah

A photo posted by Pin. (@vinaalvinaa_) on


Ini masih ada hubungannya dengan tidak melakukan hal yang merugikan negara. Ikut menjaga ketenteraman lingkungan bisa jadi cara mudah mengaplikasikan poin ini. Ikut siskamling di lingkungan, bila masih ada. Tanggap terhadap kondisi sekitar. Melaporkan kepada pihak berwenang saat ada potensi-potensi yang menyebabkan keresahan di lingkungan. Termasuk bila kita menyadari ada orang-orang yang patut dicurigai di lingkungan kita. Bila kamu adalah olahragawan, mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga juga bisa jadi bentuk bela negara yang sesuai dengan profesi kita. Jadi, bela negara itu nggak hanya bermakna sempit di lingkup keamanan saja.

Belajar yang rajin lalu pilih profesi yang bisa bermanfaat untuk orang banyak


Masih sekolah? Tidak ada yang lebih tepat dari menuntut ilmu dengan tekun, dan mengarahkan diri pada profesi yang bisa membantu orang banyak nantinya. Faktanya, tidak banyak orang yang mungkin seperti kita bisa bersekolah di semua tingkatan, bahkan mendapat pekerjaan yang layak. Jadi, manfaatkan kesempatan yang sudah diberikan ini untuk belajar dengan benar, dengan tekun. Raih profesi impianmu, dan jadikan itu bermanfaat bagi banyak orang. Karena sejatinya, kita baru benar-benar hidup saat hidup kita berguna untuk orang lain.

Baca juga: Coba belajar dari 5 orang ini bagaimana profesi mereka bisa berguna untuk orang banyak, tapi sekaligus bawa harum nama bangsa di dunia

Poinnya nggak banyak sih, tapi setahun sekali dapat renungan seperti ini nggak terlalu berat, kan? Karena sekali lagi, Indonesia tanah air kita. Kemajuan, kemunduran bangsa ini ada di tangan kita.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza