• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • 6 Tips Memilih Backpack untuk Traveling yang Wajib Kamu Tahu

6 Tips Memilih Backpack untuk Traveling yang Wajib Kamu Tahu

Suka Traveling? Tips-tips berikut akan membantu kamu memilih backpack yang tepat dan pas untuk gaya traveling kamu!

Sebenarnya ada banyak pilihan tas yang bisa kamu gunakan untuk pergi traveling, seperti koper, tas selempang, duffle bag, dan juga tas pinggang. Namun, kalau kamu ingin membawa banyak barang dan ingin tetap simple untuk dibawa kemana-mana, lebih baik kamu menggunakan backpack .

Backpack memiliki berbagai jenis dan ukuran yang bisa kamu pilih. Semuanya tergantung dengan selera dari dirimu sendiri. Akan tetapi untuk bisa memiliki backpack yang tepat untuk traveling, kamu harus memperhatikan 6 hal ini saat memilih backpack.

Sesuaikan Ukuran Tas dengan Kebutuhan

memilih backpackSumber:Andrew Allingham
Ukuran backpack yang bisa kamu pilih memang beragam, tapi kamu harus menyesuaikan ukurannya dengan lama waktu perjalananmu. Semakin lama waktu perjalananmu maka kapasitas backpack yang kamu butuhkan akan semakin besar.

Misalnya kamu ingin traveling selama 1-2 hari, kamu bisa menggunakan backpack berukuran 20-50 liter. Sedangkan kalau kamu traveling selama lebih dari 5 hari, umumnya kamu harus menggunakan backpack yang berukuran lebih dari 80 liter. Tentunya kamu juga harus menyesuaikan barang bawaanmu dengan lama waktu perjalananmu.

Pilih yang Nyaman

memilih backpackSumber: Tortugabackpacks
Membawa backpack saat traveling bisa membuat tubuhmu lelah, karena itu pilihlah yang nyaman saat dipakai. Cari backpack yang memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuhmu. Kalau kamu membawa backpack yang terlalu besar atau terlalu kecil, lama-kelamaan punggungmu bisa sakit loh saat traveling. Coba temukan backpack yang memiliki ukuran yang sesuai dengan panjang punggu dan lebar pinggangmu.

Tali pada bagian pundak haruslah memiliki bantalan supaya pundakmu juga nyaman saat memakai backpack. Sebisa mungkin carilah backpack yang memiliki strap dada dan strap pinggul. Kedua strap tersebut akan membantu meringankan beban dan keseluruhan beban nggak akan bertumpu di pundak.

Baca Juga: Sering Males Bikin Rencana Liburan? Google Trips Buat Semuanya Simpel!

Cari Backpack yang Anti Air

memilih backpackSumber: Unsplash
Cuaca memang sulit diprediksi saat traveling. Hujan bisa turun kapan saja, bahkan saat cuaca sedang panas. Karena itu lebih baik kamu mencari backpack yang memiliki material anti air. Selain bisa melindungi barang-barang yang kamu bawa dari air, material ini juga biasanya lebih awet loh. Jadi, kamu nggak perlu beli backpack yang baru lagi setiap tahun untuk keperluan traveling. Selain itu, jangan lupa mencari material backpack yang anti air, tapi nggak terlalu tebal. Sehingga nggak terlalu berat saat dibawa.

Pastikan Ritsletingnya Bisa Digembok

memilih backpackSumber: Tortugabackpacks
Tentunya kamu nggak mau dong ada barang-bang yang hilang saat menaruh backpack di hostel ataupun bagasi pesawat. Karena itu pastikan backpack yang kamu pilih memiliki dua ritsleting yang bertemu satu sama lain, sehingga bisa ditambah dengan gembok agar lebih aman.

Selain itu, kamu juga harus mengecek kondisi ritsleting tersebut. Jangan sampai ritsleting yang kamu pilih itu tipis dan kelihatan mudah patah, karena kondisi ritsleting yang seperti itu bisa mengundang orang jahat untuk merusaknya.

Baca Juga: Kamu Bosan dan Ingin Hidup Menarik? Coba Lakukan 8 Hal Ini

Pilih Backpack yang Memiliki Banyak Kantong

memilih backpackSumber: Fattonybmx
Backpack yang bagus itu harus memiliki banyak kantong, agar kamu bisa mengelompokkan barang-barang yang sama ke kantong-kantong tersebut. Kamu pun bisa lebih mudah saat ingin mencari barang yang ada di backpack. Misalnya, kamu bisa menaruh sandal dan juga payung di bagian atas. Lalu barang-barang yang berukuran kecil, seperti kunci dan kartu bisa kamu simpan di kantong kecil bagian dalam. Intinya, kantong-kantong tersebut akan memudahkan kamu mengatur dan mengambil barang-barang bawaan.

Pilih backpack dengan kerangka internal

memilih backpackSumber: backpackinglight
Backpack untuk traveling biasanya memiliki kerangka khusus untuk membantu distribusi berat dari bahu dan punggung ke pinggul. Dahulu, kerangkat ini biasanya terletak di bagian luar (eksternal). Namun, sekarang sebagian besar backpack telah meletakkan kerangka tersebut di bagian dalam (internal).

Jadi, saat ingin membeli, lebih baik kamu pilih backpack dengan kerangka internal. Selain penampilannya yang lebih bagus, backpack dengan kerangka internal biasanya lebih ramping, sehingga kamu bisa lebih mudah bergerak. Berat backpack model ini juga lebih enteng jika dibandingkan dengan backpack dengan kerangka eksternal.


Jika kamu memperhatikan keenam hal tersebut saat memilih backpack, dijamin backpackmu bisa bertahan lebih lama dan kamu nggak akan menyesal setelah membelinya. Jadi, sudah siapkah kamu untuk memilih backpack untuk traveling?

Baca Juga: Menebak Kepribadian Wanita Berdasarkan Jenis Tas yang Digunakan

Categorised in: ,

This post was written by Caroline Winata