4 Tip Membeli Smartphone untuk Orang Tua

Ingin membeli smartphone untuk orang tua kamu? Berikut adalah 4 hal yang harus kamu perhatikan di smartphone tersebut.

Perkembangan smartphone telah menarik minat berbagai kalangan. Termasuk kalangan orang tua yang nggak terlalu mengikuti perkembangan teknologi terkini, tapi tetap ingin menggunakannya untuk tetap bisa berkomunikasi dengan anak dan keluarga yang lain.

Namun, terkadang kecanggihan smartphone malah membuat banyak orang tua bingung untuk menggunakannya. Apalagi fitur-fitur smartphone yang semakin banyak, seperti sensor sidik jari, teknologi NFC untuk berbelanja, dan bahkan ada smartphone modular yang dikeluarkan oleh LG baru-baru ini, yaitu LG G5 .

Untuk orang tua kamu yang mungkin menggunakan smartphone hanya untuk sekedar kebutuhan komunikasi atau hiburan saja, fitur-fitur canggih di atas nggak terlalu diperlukan. Jadi untuk membantu kamu memilih perangkat yang tepat, berikut adalah lima tips yang perlu kamu perhatikan saat membeli smartphone untuk orang tua.

1. Antarmuka dan navigasi yang mudah

Sumber: Design Code

Android dan iOS bisa dibilang merupakan dua sistem operasi mobile yang menguasai pasar smartphone saat ini.

Dari segi antarmuka, nggak dipungkiri lagi bahwa iOS di iPhone memiliki antarmuka yang lebih sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna. Bisa dilihat dari penempatan jajaran aplikasi yang berada di tampilan beranda. Selain itu, iPhone hanya memiliki satu tombol fisik navigasi utama, yaitu tombol ke beranda.

Namun bukan berarti antarmuka Android kurang bersahabat untuk orang tua karena beberapa produsen smartphone bahkan telah melakukan kostumisasi khusus agar antarmuka Android menjadi lebih sederhana dan mudah digunakan. Seperti ROM MIUI milik Xiaomi misalnya, yang mana terdapat pengaturan besar kecilnya ukuran teks dan ikon-ikon aplikasi.

Sebagai alternatif di Android, kamu juga bisa memasang Launcher yang telah didesain khusus untuk orang tua, seperti Wiser dan Necta .

2. Layar yang besar

4 Tip Membeli Smartphone untuk Orang Tua

Sumber gambar: Dariusz Sankowski

Orang tua biasanya memiliki sedikit masalah dengan indra penglihatan mereka, yaitu kondisi rabun jauh atau mata plus. Jadi saat membeli smartphone, pastikan kamu memilih perangkat yang memiliki ukuran layar cukup besar. Mulai dari ukuran layar 4,5-5,5 inci merupakan ukuran yang ideal untuk orang tua.

Smartphone dengan layar besar juga akan memudahkan para orang tua untuk melakukan navigasi, seperti membuka aplikasi dan juga mengetik di keyboard untuk mengirim pesan.

Selain itu, ada baiknya apabila kamu memperhatikan resolusi smartphone dan kemampuan mengatur keterangan cahaya secara otomatis. Sehingga orang tua lebih mudah membaca isi smartphone.

Baca juga: Ngaku! Kamu Pasti Punya 1 dari 5 Kebiasaan Ini Pas Pakai Smartphone di Restoran

3. Mudah dibawa

4 Tip Membeli Smartphone untuk Orang Tua

Sumber gambar: jcfrog

Ukuran layar memang menjadi hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli smartphone untuk orang tua. Akan tetapi pastikan kamu memilih smartphone yang sesuai dengan ukuran tangan orang tua kamu dan nggak terlalu berat, sehingga mereka lebih mudah membawa dan menggunakan smartphone tersebut.

Jadi bila tangan orang tua kamu nggak terlalu besar, smartphone dengan ukuran layar 4,5-5 inci seperti iPhone 5s, Xiaomi Redmi 3, atau Sony Xperia Compact mungkin bisa menjadi rekomendasi. Ketiganya memiliki layar yang cukup besar serta beban yang nggak berat sehingga mudah untuk dibawa.

Begitu juga saat memilih aksesoris tambahan untuk smartphone, pastikan aksesoris tersebut sesuai fungsinya. Aksesoris yang bisa dibilang wajib adalah screen protector dan casing untuk smartphone. Kedua aksesoris tersebut akan membantu ketahanan smartphone kamu, bila saja orang tua kamu nggak sengaja menjatuhkan smartphone mereka.

Cek harga iPhone 5 , Redmi 3 , dan Xperia Z5 Compact sekarang!

4. Kamera yang memadai

4 Tip Membeli Smartphone untuk Orang Tua

Sumber gambar: snicky2290

Kamera mungkin menjadi fitur tambahan yang perlu diperhatikan, Alasan mengapa kamera menjadi hal yang penting adalah sebagai alternatif untuk berkomunikasi selain menggunakan telepon dan SMS. Dengan kamera yang memadai kamu bisa melakukan video call, dan orang tua kamu juga bisa memberi informasi dengan lebih jelas melalui gambar.

Membeli smartphone untuk orang tua memang merupakan hal yang menantang karena beberapa alasan. nggak hanya karena opsi yang terbatas saat memilih perangkat yang tepat, kamu juga harus meluangkan waktu untuk mengajari cara menggunakannya ke mereka.

Bagaimanapun dengan informasi yang telah dijelaskan di atas, senggaknya sudah dapat membantu kamu untuk mencari dan mendapatkan smartphone yang tepat untuk orang tua.

Sumber gambar utama Sjoerd Lammers

Categorised in: , ,

This post was written by Krisna Wijaya