• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Fingerprint Scanner di Smartphone, Emang Penting?

Fingerprint Scanner di Smartphone, Emang Penting?

Katanya sih fingerprint scanner lebih aman… apa benar?

Para pecinta gadget pasti ngiler melihat salah satu fitur terbaru smartphone yang sedang happening, yaitu fingerprint scanner. Saat ini, semua smartphone papan atas seperti iPhone 6S dan Samsung Galaxy S7 sudah wajib membenamkan fitur ini atau nanti gadgetnya akan dicap kurang canggih.

via GIPHY

Memang sih, punya fitur fingerprint scanner di smartphone tampaknya seru. Tapi apakah fitur itu sebegitu pentingnya untuk membuat kamu rela membeli smartphone seri terbaru?

Kenapa penting?

via GIPHY

Kepraktisan dan Kenyamanan

Bagi kamu yang pernah menggunakan layar kunci password, kode PIN, ataupun pattern, pasti sudah sering pusing menentukan kombinasi yang super ribet agar nggak bisa di-unlock orang lain. Namun karena kombinasinya terlalu rumit, kamu sering gagal dan kerepotan ketika membuka layar kunci apalagi ketika kamu harus buru-buru. Atau bahkan parahnya sampai bisa lupa, nah loh!

Dengan fitur fingerprint scanner, kamu cukup menempelkan jarimu di sensornya dan smartphone akan terbuka. Sangat praktis dan cepat!

Keamanan Tingkat Tinggi

via GIPHY

Dengan fitur sensor sidik jari, kamu nggak perlu lagi takut apabila smartphonemu dimainkan orang lain, karena pada dasarnya mereka nggak akan bisa membukanya. Kamu nggak perlu lagi was-was jika membuka layar kunci di depan teman-temanmu. Bahkan saking amannya, maling juga akan berpikir dua kali kalau mau nyuri!

Pembayaran dengan Smartphone

via GIPHY

Supaya keamanan berlipat, orang lain (atau keponakan kamu) juga nggak akan lagi bisa menguras uangmu dengan membeli in-app purchase di Clash of Clans. Karena, mereka membutuhkan sidik jari kamu untuk verifikasi pembelian di iTunes dan Google PlayStore.

Ahh… kantong jadi (lebih) aman.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Move On dari iPhone ke Smartphone Android

Kenapa fingerprint scanner nggak penting?

Membuka Layar nggak 100% Berhasil

via GIPHY

Meski lebih praktis dibandingkan layar kunci jenis lainnya, namun fingerprint scanner nggak menjamin keberhasilan hanya dengan sekali percobaan. Terkadang fingerprint scanner juga bisa membuat smartphone hang. Jadi jangan terlalu optimis ya!

Bisa Kena Hack

via GIPHY

Sudah banyak berita tentang hacker yang mencoba untuk meretas fitur fingerprint scanner smartphone. Beberapa cara yang dicoba adalah dengan meletakkan gambar beresolusi tinggi dari foto sidik jari di sensor smartphone. Kemudian ada juga yang menjiplak sidik jari dengan menggunakan lilin mainan seperti Play-Doh.

Bedanya dengan layar kunci lainnya, kamu nggak bisa mengubah sidik jari kamu. Sehingga bila sidik jarimu dicuri, maka semua data kamu yang menggunakan sidik jari akan terancam juga.

*Paranoid mode on.

Fitur pembayaran nggak super penting

via GIPHY

Fitur ini tentu saja nggak akan berguna jika kamu nggak memiliki kartu kredit atau debit. Di Indonesia sendiri, belum ada ekosistem yang bisa menerima pembayaran Apple Pay dan Android Pay. Ya penting ga penting sih, apalagi kalau kamu nggak punya rencana membeli apapun di iTunes dan Google PlayStore.

Bagaimana menurut kalian? Apakah fitur fingerprint scanner cukup penting saat nanti kalian membeli smartphone baru? Atau nggak perlu?

Kabar baiknya sih, smartphone yang lebih terjangkau pun sudah mulai mengadopsi fingerprint scanner. Contoh saja Xiaomi Redmi Note 3, Lenovo Vibe P1 Turbo, dan Samsung Galaxy A6. Semua smartphone ini bisa kamu beli secara online dengan cicilan 0% no minimum loh!

Nggak punya kartu kredit? Jangan khawatir, kamu juga bisa mencicil smartphone dengan cicilan tanpa kartu kredit kok!

Categorised in: , ,

This post was written by Gunawan Saputra