• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Fashion
  • >
  • 6 Tips Agar Tak Menyesal Saat Belanja Sepatu Online

6 Tips Agar Tak Menyesal Saat Belanja Sepatu Online

Saat melakukannya dengan benar, belanja sepatu online justru sangat mengasyikkan. Kamu nggak perlu terbang jauh ke luar negeri untuk sepatu idaman.

Beberapa tahun lalu, belanja produk fashion via online – dalam hal ini sepatu – belum menjadi budaya. Apalagi banyak kekhawatiran yang muncul di aspek pembayaran, hingga ketidaksesuaian ukuran. Pasti setuju, kalau sepatu itu harus pas. Kelebihan ukuran akan membuat kakimu nggak nyaman, apalagi bila kekecilan. Well, kalau dilakukan dengan benar dan tahu caranya belanja online kita bisa menghemat waktu dan biaya, lho.

Pastikan Ukuran Kaki

Bila sudah sering membeli produk fashion, tentu mengamati bahwa ada label pengukuran yang biasanya disesuaikan dengan standar beberapa negara. Yang awam kita perhatikan adalah ukuran untuk Eropa (EU) dan Amerika (US). Seharusnya, tiap membeli sepatu kita sudah paham ukuran kaki kita di standar Eropa berapa, di Amerika berapa. Setia pada patokan pengukuran ini.

Beda Brand, Beda Ukuran, Beda Patokan

Sayangnya, untuk sepatu, beda brand patokan ukuran Eropa dan Amerika bahkan sering nggak sama. Misalnya, ukuran kakimu untuk brand A adalah 40. Tapi, untuk brand B ternyata justru kakimu cocok dengan ukuran 41. Ukuran kaki di sneakers bisa berbeda pada jenis sepatu yang lebih resmi. Hal ini juga harus diingat bila kamu cenderung membeli sepatu dari brand tertentu saja.

belanja online

Jangan Malu Bertanya

Biasanya setiap toko online akan memiliki customer service tempat kita bertanya segala hal. Nah, untuk semakin meminimalisasikan kesalahan ukuran saat membeli, biasakan juga berkonsultasi dan bertanya pada customer service tersebut soal ukuran kaki kita. Kamu bisa bertanya seperti ini, “Saya biasanya pakai sepatu Converse ukuran xx, apakah kalau beli sepatu xx juga kira-kira sama ukurannya?” Buat suatu brand sepatu terkenal untuk menjadi acuan, siapa tahu customer service yang kamu hubungi juga menggunakan sepatu tersebut dan mengetahui acuan pengukuran brand sepatu yang kamu mau.

Best Deals

Bila kamu belanja sepatu online, kamu akan mendapatkan sepatu yang belum pernah dicoba siapapun. Nggak seperti belanja di toko, kan? Next, kamu bisa belanja sepatu dan menyortir favoritmu bahkan pada pukul jam 1 pagi. Dan biasanya, pilihan sepatu di toko online lebih lengkap daripada di toko sebenarnya (ingin mencari warna lain, misalnya). Dan kadang, saat belanja online kamu akan menemukan diskon yang jarang sekali diberlakukan di toko sebenarnya.

belanja online

Pertimbangan Waktu

Bila ingin sepatu yang diincar dipakai pada acara khusus, lakukan belanja online jauh-jauh hari. Karena beda portal belanja, waktu pengirimannya juga nggak sama. Semakin bagus reputasi portal belanja, biasanya waktu pengirimannya semakin cepat. Tapi, perhatikan juga apakah waktu pengiriman yang cepat ini dikenai biaya tambahan atau nggak.

Kebijakan Pengembalian dan Pengiriman

Ini harus kamu perhatikan betul, bila pada akhirnya salah membeli barang atau ingin sepatu yang kamu beli dikirim ke rumah. Ada portal yang menambahkan biaya pengiriman, ada yang nggak. Ada juga yang nggak membebankan biaya penukaran atau pengiriman kembali barang salah beli pada periode waktu tertentu (30 hari, misalnya). Baca prosedur bagian ini dengan seksama, jadi belanja online juga tenang. Dan ingat untuk menyimpan semua struk pembayaran sebagai bukti bila sewaktu-waktu diperlukan.

Kelihatannya rumit ya? Tenang saja, bila sudah paham kamu akan belanja sepatu online seperti profesional. Mumpung Lebaran masih jauh, bisa cek toko online favoritmu sekarang untuk cari sepatu baru.

Baca Juga:
Susah Padu Padan Batik dan Sepatu Sneakers? Ini Caranya
Sneakers Putih yang Membuat Para Pria Makin Gaya

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza