• Home
  • >
  • Male
  • >
  • 5 Fakta Unik Rudy Habibie, Bapak Presiden Ketiga Indonesia

5 Fakta Unik Rudy Habibie, Bapak Presiden Ketiga Indonesia

Selain menjadi mantan presiden Republik Indonesia yang ketiga, tahukah kamu bahwa Rudy Habibie memiliki segudang prestasi lainnya?

Bapak B. J. Habibie atau yang sering disapa dengan nama Rudy Habibie dikenal sebagai mantan presiden Indonesia yang ketiga, menggantikan Soeharto. Selain itu, ia sangat dikenal sebagai salah satu orang tercerdas di Indonesia yang mendapatkan gelar doktor di Jerman untuk industri pesawat terbang.

Ada banyak sekali informasi menarik tentang Rudy Habibie, dan berikut adalah 5 fakta mengenai beliau yang pasti kamu belum tau.

Berkontribusi untuk Dunia Internasional dengan Teori Habibie

Fakta Unik Rudy Habibie Bapak Presiden Ketiga Indonesia 2

Dulu, bodi pesawat terbang mengalami masalah di bagian penghubung sayap dan badan pesawat. Guncangan kuat selama take off dan landing menyebabkan bagian tersebut retak. Retakan yang awalnya kecil akan semakin besar dan membahayakan pesawat karena sayap pesawat bisa terlepas sewaktu-waktu.

Di saat para ilmuwan dunia kebingungan dan nggak menemukan solusi terhadap masalah ini, Rudy Habibie, seorang doktor muda yang baru berusia 32 tahun, hadir. Dengan kalkulasinya yang sangat detail, beliau berhasil menemukan letak titik awal retakan yang disebut Teori Crack Progression atau Teori Habibie.

Teori tersebut berhasil meningkatkan standar keamanan pesawat dan dipakai di seluruh dunia. Habibie pun dijuluki Mr. Crack karena penemuannya ini.

Menyandang Predikat Summa Cum Laude

Fakta Unik Rudy Habibie Bapak Presiden Ketiga Indonesia 3

Selama 10 tahun, Habibie menggeluti pendidikan Desain dan Konstruksi Pesawat di Fakultas Teknik Mesin di Jerman. Ia menempuh pendidikan S1 dan S2 hingga memperoleh gelar Diplom-Ingenieur (setara dengan gelar Master di negara lain) dengan predikat Summa Cum Laude.

Setelah kembali ke Indonesia, beliau melanjutkan pendidikan S3 dan berhasil menyandang gelar Doctor Ingenieur pada tahun 1965 dengan predikat Summa Cum Laude.

Pernah Menjadi Vice President MBB

Fakta Unik Rudy Habibie, Bapak Presiden Ketiga Indonesia 4

Sumber: Yaskum

Melihat judul Vice President, kamu pasti langsung berpikir tentang jabatan Wakil Presiden RI yang pernah dipegang Rudy Habibie pada akhir masa pemerintahan Soeharto. Eits, jangan salah. Yang dibahas di sini adalah posisinya di MBB (Messerschmitt-Bölkow-Blohm), sebuah perusahaan pesawat terbang yang berpusat di Hamburg, Jerman.

Rudy Habibie bekerja di MBB setelah memperoleh gelar Doktor. Selama 4 tahun bekerja, kinerja dan kecerdasannya pun membawanya menjadi Vice President di perusahaan tersebut. Beliau pun menjadi satu-satunya orang Asia yang berhasil menduduki posisi setinggi itu di MBB.

Menerima Penghargaan Internasional

Fakta Unik Rudy Habibie, Bapak Presiden Ketiga Indonesia 5

Sumber: Tempo

Kecerdasan dan prestasi Rudy Habibie juga diakui oleh dunia internasional. Hal ini terbukti ketika beliau mendapatkan penghargaan Theodore Von Karman Award dari International Council of The Aeronautical Sciences pada tahun 1992

Nggak hanya itu, International Civil Aviation Organization juga menganugerahi beliau dengan penghargaan bergengsi, Edward Warner Award, pada 1994. Nggak tanggung-tanggung, penghargaan tersebut pun diberikan langsung kepadanya oleh Boutros Boutros Ghali, Sekretaris Jenderal PBB pada saat itu.

Pesawat R80

Fakta Unik Rudy Habibie Bapak Presiden Ketiga Indonesia 6

Sumber: Strategi Militer Blogspot

Ketika bekerja di bawah PT. Dirgantara Indonesia, Habibie pernah berhasil menciptakan pesawat terbang bernama N250 Gatotkaca yang berkapasitas lebih dari 50 orang dan melakukan terbang perdana pada tahun 1995 di Bandung. Namun, karena beberapa alasan, proyek N250 terpaksa dihentikan oleh IMF ketika masih dalam tahap sertifikasi.

Kini, Habibie sedang membuat suksesor dari N250, yang disebut dengan R80. Pesawat ini didesain dengan turboprop engine sebagai basis mesinnya. Kabarnya, pesawat ini merupakan pesawat yang lebih ekonomis dari segi perawatan dan bahan bakar. Selain itu, pesawat ini memiliki kapasitas yang lebih banyak jika dibandingkan dengan N250, yaitu sebanyak 80-90 penumpang.

R80 ini didesain dan dikembangkan oleh orang-orang Indonesia sehingga dapat kita banggakan sebagai hasil karya anak bangsa. Rencananya, R80 akan bisa diterbangkan pada tahun 2021 nanti.


Semoga kamu nggak jiper membaca rentetan prestasi Habibie di atas. Bisa dibilang, salah satu prestasi besar beliau juga mendapatkan hati seorang Ainun. Paling tidak, kamu juga bisa lah ya mencari “Ainun” untuk diri kamu sendiri?

Baca juga: Agar PDKT Lancar Jaya, Hindari 7 Pertanyaan Ini Guys!

Sumber gambar utama: Cosmopolitan

Categorised in: ,

This post was written by Karen Tungka