• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Fakta-fakta Google Pixel yang Bisa Bikin Kamu Tercengang

Fakta-fakta Google Pixel yang Bisa Bikin Kamu Tercengang

Google baru saja meluncurkan smartphone terbaru, Google Pixel dan Pixel XL. Berikut 6 fakta yang perlu kamu ketahui tentang penerus Google Nexus ini.

Pada tanggal 4 Oktober 2016 kemarin, Google baru saja meluncurkan smartphone terbarunya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Google yang merancang sendiri hardware dan software-nya, tanpa kolaborasi dengan produsen smartphone lain. Jika sebelumnya bernama Google Nexus, sekarang smartphone canggih ini dinamakan Google Pixel.

Google Pixel hadir dalam 2 variasi ukuran, yaitu 5 inci untuk Google Pixel dan 5.5 inci untuk Pixel XL. Nah, daripada kamu penasaran, yuk lihat spesifikasi dan fakta-fakta Google Pixel paska peluncurannya.

Google Pixel Google Pixel XL
Konektivitas 4G LTE – nano SIM 4G LTE – nano SIM
Versi Android Android OS v7.1 (Nougat) Android OS v7.1 (Nougat)
Ukuran bodi 143.8 x 69.5 x 8.5 mm 154.7 x 75.7 x 8.5 mm
Ukuran layar 5.0 inci 5.5 inci
Tampilan AMOLED Full HD dengan kerapatan 441 ppi AMOLED Quad HD dengan kerapatan 534 ppi
Kamera Kamera depan: 8 MP, f/2.4, 1080p
Kamera belakang: 12.3 MP, 1.55μm pixels, f/2.0, dual-LED flash
Kamera depan: 8 MP, f/2.4, 1080p
Kamera belakang: 12.3 MP, 1.55μm pixels, f/2.0, dual-LED flash
GPU Adreno 530 Adreno 530
CPU Qualcomm Snapdragon 821 quad-core 2.15GHz Qualcomm Snapdragon 821 quad-core 2.15GHz
Memori Internal: 32 GB / 128 GB
Eksternal: –
Internal: 32 GB / 128 GB
Eksternal: –
RAM 4 GB 4 GB
Baterai Non-removable 2770 mAh Non-removable 3450 mAh
Harga Sekitar Rp8 jutaan Sekitar Rp9 jutaan

1. Kamera no.1 di dunia

Fakta-fakta Google Pixel yang Bisa Bikin Kamu Tercengang2

Sumber: Madeby Google

Google mengklaim bahwa Google Pixel dan Pixel XL memiliki kamera smartphone terbaik di dunia. Klaim ini juga disertai angka dari hasil penilaian salah satu reviewer kualitas gambar dan video smartphone terkemuka, yaitu DxOMark. Google Pixel mendapatkan nilai 89 yang merupakan nilai tertinggi yang pernah mereka berikan.

Google Pixel dilengkapi kamera 12.3 MP yang mampu menghasilkan gambar yang detil dan bebas noise di ruangan minim cahaya. Menurut DxOMark, kamera Google Pixel merupakan kamera smartphone terbaik yang pernah mereka coba, bahkan melebihi iPhone 7, lho!

2. Google Assistant

Fakta-fakta Google Pixel yang Bisa Bikin Kamu Tercengang3

Sumber: Pocket-lint

Fitur unik lain pada Google Pixel adalah Google Assistant, sebuah AI (Artificial Intelligence) yang diibaratkan sebagai versi terbaru dari Google Now. Cara mengakses Google Assistant juga sangat sederhana. Kamu cukup menekan tombol Home atau mengatakan “OK, Google.”

Yang membedakan Google Assistant dari Google Now adalah tampilan hasil pencariannya. Pada Google Assistant, kamu akan masuk ke sejenis layar chat untuk “mengobrol”. Jika kamu bertanya tentang restoran terdekat, Google Now akan memberi jawaban dengan tampilan serupa hasil pencarian Google di web. Sementara pada Google Assistant, jawaban yang diberikan akan ditampilkan dalam bentuk seperti kartu atau bubble pada aplikasi messaging yang bisa di-tap.

3. Desain kaca dari metal

Fakta-fakta Google Pixel yang Bisa Bikin Kamu Tercengang4

Sumber: Britta O’Boyle

Selain layarnya yang sangat terang dan setara dengan layar Super AMOLED Samsung, desain depan Google Pixel nggak terlalu unik dibandingkan smartphone-smartphone yang ada saat ini. Namun jika dibalik, kamu bisa melihat desain bodi belakang Google Pixel yang menggabung aluminium dengan kaca. Suatu sentuhan baru yang membedakan penampilan smartphone ini.

Pada tampak belakang, bagian atas Google Pixel terbuat dari kaca yang dilengkapi dengan kamera dan fingerprint scanner. Sedangkan bagian bawahnya terbuat dari aluminium dengan logo huruf “G” yang melambangkan Google. Kedua varian smartphone Google ini mempunyai 3 warna, yaitu Quite Black, Very Silver, dan Really Blue.

4. Bukannya Google Pixel diproduksi oleh HTC?

Fakta-fakta Google Pixel yang Bisa Bikin Kamu Tercengang5

Sumber: Rick Ostarloh

Dibalik peluncuran Google Pixel, ternyata yang bertanggungjawab memproduksi smartphone ini adalah HTC, brand smartphone asal Taiwan. Berbeda dengan seri Google Nexus sebelumnya, pada Google Pixel nggak ditemukan logo HTC di bodi smartphone ini. Di bagian belakang smartphone hanya tertera tulisan “Phone by Google”. Wah, ada apa ya sebenarnya?

Google mengambil langkah yang sama seperti Apple, dimana yang bertanggung jawab merancang desain bodi iPhone adalah Apple, sedangkan Foxconn hanya bertugas untuk memproduksinya saja. Untuk Google Pixel, yang bertanggung jawab atas desainnya adalah Google sendiri, sedangkan HTC hanya menjadi pabrik produksinya.

Oh ya, sebelum HTC, Google ternyata terlebih dahulu menawarkan kerjasama ini dengan Huawei, lho. Namun, Huawei menolak karena Google nggak mengizinkan ada logo Huawei di smartphone tersebut.


5. Virtual Reality


Fakta-fakta Google Pixel yang Bisa Bikin Kamu Tercengang6

Sumber: David Pearce

Google Pixel dirancang untuk mendukung mobile virtual reality. Berbeda dengan headset Google yang pertama, Google Cardboard, kini Google meluncurkan headset VR terbarunya bernama Daydream View.

Headset VR ini dirancang dengan bahan kain yang lembut dan ringan, serta dilengkapi sebuah remote. Google juga akan bekerja sama dengan Netflix, YouTube, HBO, dan Hulu untuk pengalaman VR yang lebih baik. Headset Google akan diluncurkan pada bulan November 2016 dengan harga sekitar Rp1jutaan.

6. OS, Cloud Storage, dan Fast Charging

Selain poin-poin di atas, Google juga menanamkan sejumlah fitur baru di Google Pixel. Ketika ada update OS terbaru, Google Pixel akan melakukan automatic download di belakang layar, sehingga kamu bisa menggunakan smartphone sambil menunggu proses update selesai. Selain itu juga dilengkapi Quick Switch Adapter, dimana kamu bisa memindahkan data-data dari iPhone dan smartphone Android dengan mudah.

Meski nggak disediakan slot untuk menambah micro SD, Google akan mendukung hobi berfoto-foto kamu menggunakan kamera smartphone terbaik dengan memberi unlimited cloud storage secara gratis. Kamu bisa secara otomatis menyimpan foto-foto beresolusi tinggi yang ditangkap menggunakan kamera Google Pixel, termasuk video 4K juga, lho!

Kemudian dari segi baterai, Google menambahkan fitur Fast Charging, dimana hanya pengecasan selama 15 menit saja, Google Pixel-mu sudah bisa digunakan sampai 7 jam!

Google Pixel sudah bisa di pre-order di Amerika dengan harga mulai dari Rp8 jutaan untuk Pixel 5.0 inci, dan Rp9 jutaan untuk Pixel XL. Memang harga smartphone Google kali ini jauh lebih mahal dibanding generasi Google Nexus, namun dengan desain dan fitur yang premium, Google Pixel sangat cocok bagi kamu yang menginginkan smartphone unik serta canggih. Tunggu apalagi? Yuk jadi salah satu orang pertama di Indonesia yang mempunyai smartphone keren ini.

Baca juga 4 Hal-hal Keren dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu

Sumber gambar utama: The Verge

Categorised in: , , ,

This post was written by Sharon Hambali