• Home
  • >
  • Cinta
  • >
  • Hati-Hati Terjebak Mitos Pernikahan, Pahami Sebelum Kamu Menikah

Hati-Hati Terjebak Mitos Pernikahan, Pahami Sebelum Kamu Menikah

Berencana menikah? Sebelum mengikat sumpah, pahami beberapa mitos pernikahan berikut, biar ekspektasi kamu dan strategimu seimbang dan pernikahan pun anti badai.

Banyak yang bilang kalo menikah bakal bikin hidup kamu lebih bahagia. Kalau begitu, kenapa banyak banget yang cerai? Bisa jadi karena kamu nggak tahan dengan kenyataan yang muncul di tengah-tengah hubungan rumah tangga kamu. Beberapa fakta di balik mitos pernikahan mungkin bakal bikin kamu menelan ludah, atau jadi pesimis dalam mengarungi hidup baru dengan pasangan.

Tapi jangan khawatir, dengan memahami mitos yang ada, kamu sjutri bisa bikin diri kamu lebih siap dan siaga dalam menghadapi berbagai kemungkinan terburuk dalam pernikahan. Jadi, pahami mitos-mitos berikut, dan buat antisipasi dan siasat untuk mengatasi permasalahan yang mungkin bakal muncul dalam pernikahan biar hubungan kalian jadi lebih langgeng.

Mitos pernikahan #1:

Pernikahan bakal bikin kamu nggak kesepian lagi.

Mitos-1

Fakta:

Banyak cowok yang setelah menikah tetep ngerasa kesepian walau udah tinggal bareng pasangannya. Hal ini sering terjadi kalo kamu dan pasangan masing-masing punya pribadi yang tertutup. Kurang terbuka bikin kamu seperti ada jarak dengan pasangan. Kalo di tengah-tengah pernikahan kamu merasa seperti ini, segera atasi dengan lebih banyak komunikasi dan lebih terbuka dengan pasangan.

Mitos pernikahan #2:

Pernikahan bikin kamu jadi lebih bahagia

Mitos-2

Fakta:

Kamu nggak bisa berharap banyak dengan menjadikan pasangan kamu satu-satunya sumber kebahagiaan kamu. Kebahagiaan pribadi seharusnya datang dari diri sendiri. Pernikahan Cuma pelengkap dari kebahagiaan kamu. Kalau kehidupan pribadi kamu di luar hubungan rumah tangga mengalami masalah, besar kemungkinan bakal berimbas sama hubungan kamu dan pasangan. Jadi, coba selesaikan masalah kamu sendiri di luar rumah sebelum membawanya ‘masuk’ ke rumah. Atau kamu bisa minta bantuan pasangan kamu buat ngasih solusi atas permasalahan kamu.

Baca juga:Ketahui 5 hal ini sebelum kamu menikah di umur 20-an!

Mitos pernikahan #3:

Nggak mungkin kamu naksir cewek lain setelah menikah

Mitos-3

Fakta:

Siapa bilang? Bisa jadi karena kamu dikhianati pasangan, atau memang kamu pada dasarnya bukan orang yang setia sebelum nikah. Memang, mempertahankan sesuatu lebih sulit daripada meraihnya. Tapi nggak ada yang nggak mungkin. Kunci kesetiaan adalah harmonisasi hubungan. Selama kamu bisa membuat hubungan kamu harmonis dan penuh kebahagiaan, kamu nggak bakal melirik cewek lain. Well, mungkin cuma sebatas melirik aja, nggak lebih.

Mitos pernikahan #4:

Kamu nggak bakal tersandung masalah besar dalam pernikahan bila saling mencintai.

Mitos-4

Fakta:

Pernikahan yang baik dan indah nggak akan terjadi dengan sendirinya. Dan cinta bukanlah satu-satunya pegangan kamu untuk membangun pernikahan yang diimpikan semua orang itu. Kamu butuh saling berbagi, perhatian, komitmen dan kerja keras untuk mewujudkannya. Kamu berdua harus kompak saling membantu dalam mengatasi masalah yang muncul. Jadi, jangan takut!

Mitos pernikahan #5:

Kamu dan pasangan bakal melakukan segala sesuatu bersama-sama.

Mitos-5

Fakta:

Dengan menikah, bukan berarti kamu dan pasangan selalu bersama-sama di waktu luang. Baik kamu ataupun pasangan kamu bakal terpaksa mengalah mengorbankan hobi dan kegemaran pribadinya demi menyenangkan pasangan. Ini bisa jadi konflik tersendiri. Jadi, ciptakan waktu luang untuk diri masing-masing. Biarkan dia hangout sama temen-temennya, dan kamu bisa nongkrong nonton pertandingan piala dunia di cafe bareng temen-temen kamu.

Baca juga: Jawaban santai paling ampuh pas ditanya kapan nikah

Mitos pernikahan #6:

Perekonomian kamu bakal membaik setelah menikah.

Mitos-6

Fakta:

Hal ini bisa jadi benar, bisa jadi salah. Banyak pasangan yang setelah menikah terpaksa harus sama-sama mencari nafkah (baik suami maupun istri) demi menambah penghasilan dalam rumah tangga. Sebaiknya, sebelum menikah kamu bicarakan atau bikin perencanaan keuangan bersama pasangan. Jadi, kalian berdua bakal tahu berapa banyak uang yang bisa kalian kumpulkan dalam sebulan dan berapa pengeluarannya. Dari situ, bisa diputuskan apakah kalian berdua akan sama-sama bekerja, atau cukup kamu saja. Hal ini ditujukan supaya ekspektasi kalian nggak terlalu besar di awal pernikahan.

Mitos pernikahan #7:

Kehadiran anak bakal lebih mendekatkan hubungan kamu dan pasangan.

Mitos-7

Fakta:

Kelahiran anak pertama justru bisa merenggangkan hubungan suami-suami, dan bisa munculin stres karena istri kamu terlalu sibuk dan lelah mengurus bayi, sementara kamu jadi merasa nggak diperhatikan. Walau begitu, kamu perlu tau kalau angka perceraian tetap lebih rendah pada pasangan yang punya anak dibandingkan pasangan yang nggak punya anak. Kuncinya, toleransi. Pahami beratnya tugas istri kamu, kalau perlu, bantu dia merawat anak. Luangkan waktu lebih banyak buat membantu mengurus anak di rumah.

Nah, udah paham kan konsekuensi sekaligus bagaimana menyiasati kendala yang muncul dalam pernikahan. Semoga nggak menyurutkan niat kamu buat ngelamar si dia, namun justru bikin kamu lebih siap untuk menikah.

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza