Ini 5 Etiket Baik Bagi Para Non-Muslim di Bulan Puasa

Bulan puasa telah tiba bagi teman-teman muslim kita. Bagi kamu yang non-muslim, apa saja sih etiket yang baik pada bulan puasa ini? Yuk disimak ulasannya.

Bulan Ramadhan sudah tiba bagi teman-teman umat muslim. Pada bulan ini, akan ada banyak tantangan yang akan mereka hadapi selama sebulan penuh. Mulai dari menahan rasa lapar sampai dengan menjaga konsentrasi sambil menjalani aktivitas sehari-hari. Sedangkan bagi kamu yang non-muslim, tentunya nggak ingin menganggu ibadah bagi mereka yang menjalankan puasa dong.

Nah, sebagai umat beragama, agar bulan Ramadhan ini berjalan dengan lancar. Berikut adalah lima etiket bagi para non-muslim selama bulan Ramadhan berlangsung.

Menahan makan atau minum di tempat umum

Ini 5 Etiket Baik Bagi Para Para Non-Muslim di Bulan Puasa

Sumber gambar: Unsplash

Kebayang nggak sih kalo kamu lagi lapar atau haus, lalu kamu melihat ada orang yang makan di depan kamu? Pasti rasa lapar dan haus itu semakin terasa dong. Nah, walaupun temanmu yang sedang puasa mungkin bilang, “Gapapa kok, kalian makan aja.”, lebih baik kamu menahan makan di depan mereka ataupun di tempat umum lainnya.

Usahakan untuk makan dulu di rumah sebelum pergi beraktivitas, atau kamu juga bisa makan dan minum di tempat yang lebih tertutup sehingga yang berpuasa pun nggak tergoda saat kamu makan. Dengan begitu kita hormat terhadap ibadah teman-teman kita secara nggak langsung.

Jalankan aktivitas bersama yang nggak bikin capek, tapi bermanfaat

Ini 5 Etiket Baik Bagi Para Para Non-Muslim di Bulan Puasa

Sumber gambar: skitterphoto.com

Biarpun sekarang waktunya bulan puasa, bukan berarti kamu nggak bisa beraktivitas dengan teman kamu, loh. Teman kamu yang sedang puasa juga pastinya tetap menjalankan aktivitas sehari-hari dan butuh refreshing. Kamu tetap bisa mengajak teman kamu jalan-jalan ataupun belanja. Lebih bermanfaat lagi jika aktivitas yang dilakukan seperti beramal bagi orang-orang yang membutuhkan.

Alasannya, selain bermanfaat bagi orang lain, kegiatan ini juga baik untuk dilakukan oleh teman kamu yang sedang beribadah puasa. Masih banyak aktivitas lain yang dapat kamu lakukan bersama. Yang penting hindari melakukan aktivitas yang menguras energi ya, seperti olahraga bareng ataupun karaoke. Yuk coba cari kegiatan lain yang bisa kamu lakukan bareng temanmu!

Jaga perkataan dan sikap

Ini 5 Etiket Baik Bagi Para Para Non-Muslim di Bulan Puasa

Saat bulan puasa, teman-teman kamu nggak hanya harus menahan rasa lapar dan haus loh, tapi juga harus menjaga emosi biar nggak marah. Karena itu, lebih baik jaga perkataan dan sikapmu, supaya nggak menyinggung atau memancing amarah temanmu yang sedang puasa ya.

Berdiskusi tentu saja boleh, tapi pikirkan baik-baik sebelum berucap atau berprilaku. Kalau itu dapat melukai atau memancing perasaan nggak enak, lebih baik jangan dilakukan atau dikatakan. Dengan begitu, kamu juga membantu mempermudah temanmu menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Canggung Ditanyakan ke Teman yang sedang Berpuasau

No gossip!

Ini 5 Etiket Baik Bagi Para Para Non-Muslim di Bulan Puasa

Sumber gambar: Katie Tegtmeyer

Ketika sedang berbincang-bincang dengan temanmu yang sedang puasa, alangkah baiknya kalau kamu nggak mulai membicarakan orang lain alias gosip. Hal itu nggak baik loh, karena dapat mengurangi pahala puasa temanmu. Jadi, lebih baik kamu jangan mengajak temanmu untuk bergosip ya. Solusinya adalah memiliki topik lain yang nggak kalah serunya saat sedang berkumpul dengan teman-temanmu.

Dengan melakukan hal ini. Selain nggak mengganggu temanmu yang sedang puasa, kamu juga bisa menjadi orang yang lebih baik dengan menghindari membicarakan hal yang nggak pasti kebenarannya. Bermanfaat bagi kamu, bermanfaat bagi mereka.

Bersabarlah selama puasa

Ini 5 Etiket Baik Bagi Para Para Non-Muslim di Bulan Puasa

Sumber gambar: BizzyBlanco

Menahan rasa lapar dan haus saat melakukan aktivitas sehari-hari sangatlah nggak mudah. Hal itu bisa membuat orang-orang yang berpuasa menjadi sulit untuk konsentrasi. Karena itu, cobalah untuk lebih mengerti keadaan temanmu dan tetap sabar kalau mereka kurang fokus saat berbicara denganmu.

Jangan malah jadi malas bicara dengan teman-temanmu ya. Coba kamu bicara dengan lebih pelan dan jelas agar ucapanmu juga dapat lebih mudah dimengerti. Jagalah komunikasi agar tetap lancar dan harmonis. Ingat, orang sabar disayang Tuhan! Kamu juga pasti makin disayang teman-temanmu kalau kamu mau tetap sabar dan mengerti mereka.

Nah, kelima hal tersebut merupakan beberapa panduan etiket dasar yang dapat kamu lakukan selama bulan puasa ini. Yang paling penting, kamu harus ingat untuk menghargai mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa. Dengan saling menghargai, kita semua bisa hidup lebih rukun damai sejahtera. Selamat mencoba ya!

Sumber gambar utama: Ahmed Alsaraf

Categorised in: , ,

This post was written by Caroline Winata