• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 4 Hal-hal Keren Dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu

4 Hal-hal Keren Dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu

Google akhirnya meluncurkan OS terbarunya, Android 7.0 Nougat. Apa saja sih hal-hal keren yang ada di update OS terbaru ini? Yuk, cari tau!

 

Bagi kamu pengguna Android yang sudah bosan dengan OS Marshmallow, kabar baik telah tiba. Setelah cukup lama menunggu, akhirnya Google melakukan merilis beta terhadap sistem operasi terbarunya, yaitu Android N atau Android 7.0 Nougat.

Uniknya, update terbaru dari Android ini banyak mengintegrasikan fitur-fitur teknologi yang sedang nge-tren saat ini. Contohnya adalah penambahan emoji yang beragam dan dukungan untuk teknologi VR (Virtual Reality). Aspek-aspek apa saja sih yang berubah semenjak Marshmallow beralih ke Android Nougat kali ini? Mari kita lihat satu per satu.

Komunikasi: Allo, Emoji, and Bahasa

4 Hal-hal Keren Dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu2

Sumber: Android Police
 

Hal pertama yang menarik dari OS Nougat adalah perkembangan teknologi chatting yang bagus. Pada OS ini, Android meluncurkan aplikasi chatting Allo. Allo merupakan aplikasi chat ‘pintar’ andalan Google yang mengintegrasikan pencarian web, chatting, dan pembelajaran mesin. Dengan menggunakan Allo, kamu bisa menelusuri web, menggunakan layanan online, dan berkomunikasi dengan temanmu sekaligus. Aplikasi ini hampir mirip aplikasi Wechat-nya Tencent.

Emoji yang tersedia dalam chat kini lebih beragam. Akhirnya, Android mengikuti langkah Apple dengan menambahkan Emoji dengan berbagai ekspresi, gestur tangan, hingga ras. Bahkan, sekarang ada tangan ‘live long and prosper’ khas Star Trek, lho!

Dari segi bahasa, kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu bahasa di waktu yang sama ketika chatting. Jadi, kamu nggak harus bolak-balik setting mengubah bahasa lagi. Hasil terjemahan kata-katanya juga semakin akurat.

Multi-Window Support

4 Hal-hal Keren Dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu3

Sumber: The Verge
 

Bagi kamu yang merasa capek dan ribet berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, Android dengan upgrade baru ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menikmati dua tampilan aplikasi sekaligus. Untuk mengaktifkannya, tekan dan tahan tombol Overview (tombol berbentuk persegi) ketika kamu membuka sebuah aplikasi. Secara otomatis, layarmu akan terpisah dan kamu bisa memilih aplikasi lain yang ingin ditampilkan bersamaan.

Dengan ini, kamu bisa melakukan dua kegiatan sekaligus, misalnya kamu sedang berdiskusi tentang sebuah e-mail dengan rekan kerja. Kamu bisa membuka e-mal di bagian kiri dan conference call di bagian kanan layar. Jadi, diskusinya akan lebih lancar dan aktif. Fitur ini tentu lebih nyaman digunakan jika layar smartphone anda cukup lebar, yakni sekitar 5,5 inci dan ke atas.

Hiburan: Vulkan dan DayDream

4 Hal-hal Keren Dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu4

Sumber: NVdia
 

Apakah kamu pecinta game? Mantap! Dalam Nougat, OpenGL telah diganti dengan API Vulkan. Dengan Vulkan, Google menjanjikan grafik dan performa yang sangat menggigit ketika bermain game favorit kamu. Hal tersebut mungkin terjadi karena API Vulkan memberikan kesempatan bagi developer game untuk mengontrol dan berinteraksi lebih dengan GPU di masing-masing smartphone.

Hasilnya, game-game yang kamu miliki akan terasa lebih ringan, lancar, cepat, dan tajam warnanya ketika dimainkan. Jika kamu men-download game di luar Google Play Store, kamu sekarang juga bisa melacak dari mana aplikasi tersebut berasal. Ditambah lagi, game-game tersebut dapat kamu nikmati dengan Realita Virtual-nya Google!

Baca juga: Smartphone-smartphone Murah Meriah Buat Para Gamers!
4 Hal-hal Keren Dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu5

Sumber: Road to VR
 

Perkembangan teknologi Virtual Reality (VR) sudah semakin pesat dan sudah bisa diraba sejumlah pengguna smartphone Android. Daydream merupakan platform resmi Virtual Reality-nya Google. User Interface Nougat khusus dibuat untuk mendukung VR Daydream (berisi headset dan kontroler) yang menampilkan Virtual Reality yang lebih sederhana, mudah, dan lancar, terutama untuk smartphone kamu.

Performa dan Kenyamanan Penggunaan

4 Hal-hal Keren Dari Android 7.0 Nougat yang Ditunggu-tunggu6

Sumber: Frandroid
 
Di update terbaru ini, OS Nougat dirancang lebih ringan, halus, cepat, dan juga cocok untuk smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. Jadi, para pengguna smartphone Android manapun berkesempatan menikmati fitur terbaru di Android ini.
Selain itu, fitur Doze yang berfungsi untuk menghemat baterai smartphone juga akan aktif apabila layar smartphone sedang dalam keadaan mati. Di versi sebelumnya, Doze hanya aktif jika kamu sedang nggak aktif menggunakan smartphone dalam keadaan lama. Dengan fungsi terbaru Doze, baterai kamu pun akan lebih awet.
Baca juga:[Smartphone-smartphone Android dengan Baterai Super Besar!](http://mozaic.co.id/male/5-smartphone-android-murah-dengan-baterai-jumbo/)

Nggak hanya itu! Android Nougat akan semakin menjadi OS dambaan kamu. Pasalnya, aplikasi yang dibuat dan di-download oleh smartphone kamu akan memakan lebih sedikit memori, serta kecepatan download dan install menjadi 75% lebih cepat! Jadi, kamu nggak perlu cemas atau frustasi ketika ingin download aplikasi baru.
Terakhir, yang membuat Nougat lebih sempurna adalah seamless update, yaitu update OS dan aplikasi dapat berjalan di belakang layar. Dengan ini, kamu bisa mengaktifkan aplikasi tanpa perlu menunggu proses update aplikasi kamu selesai.

Bagaimana? Apakah kamu sudah nggak sabar untuk segera meng-upgrade ke Android 7.0 Nougat? Eits, tunggu dulu! Bagi pengguna smartphone non-Nexus (Samsung, Xiaomi, LG, dan smartphone Android lainnya), Google masih mencoba mengintegrasikan OS ini ke flagship-flagship perusahaan smartphone kamu. Jadi, tetap sabar ya!

Baca juga: Alasan-alasan iOS X Patut Kamu Tunggu!
Sumber gambar utama: Android Authority
 

 

Categorised in: , ,

This post was written by Tommy Prayoga