• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • Download 4 Aplikasi yang Bikin Smartphone-mu Lebih Hemat Memori

Download 4 Aplikasi yang Bikin Smartphone-mu Lebih Hemat Memori

Sudah nggak jaman mengandalkan memori smartphone hanya untuk simpan foto. Pakai aplikasi ini!

Dengan kecanggihan kamera smartphone yang nggak kalah kualitasnya dengan kamera DSLR atau bahkan kamera mirrorless yang lagi happening itu, rasanya mengabadikan momen–seperti saat nonton konser misalnya--dengan smartphone sudah cukup. Tapi masalah seringkali muncul saat storage smartphone kamu sudah tak cukup lagi untuk menampung semua fotomu. Solusinya, bisa dengan menambah kapasitas menggunakan memory card. Namun bagaimana dengan smartphone yang nggak punya extra storage seperti iPhone? Coba download aplikasi cloud storage ini untuk menyimpan fotomu secara online.


aplikasi simpan foto

Apple iCloud

Jika kamu pengguna iPhone, maka kamu bisa meng-upload seluruh foto kamu ke iCloud secara gratis. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu tidak perlu download aplikasi lagi cukup mengaktifkan fitur Photos di iCloud, dan foto kamu akan otomatis ter-upload setiap harinya. Namun, kapasitas iCloud dibatasi hanya 5GB per akun. Jika kamu membutuhkan storage lebih besar lagi, kamu harus rela merogoh kocek senilai sekitar Rp14 ribuan per bulan untuk 20GB.

aplikasi simpan foto

Dropbox (Carousel)

Sejatinya, Dropbox adalah salah satu jasa penyimpanan cloud terbaik untuk dokumen dan jenis file lainnya. Biasanya Dropbox digunakan untuk menyimpan file dokumen, video hingga foto. Nah, untuk menyimpan foto dari smartphone kamu secara otomatis, kamu perlu menginstall app tambahan bernama Carousel. Walaupun nggak terlalu ngetop, tapi Carousel mampu mengupload seluruh fotomu ke Dropbox dengan instan dan otomatis di background, bahkan tanpa perlu kamu buka aplikasinya setiap harinya.

Dengan Carousel, kamu juga bisa berbagi foto dengan mudah ke teman kamu lewat fitur Sharing-nya. Seperti biasa, jika kamu butuh storage tambahan, kamu harus rela membayar $10 atau sekitar Rp140.000 per bulan untuk kapasitas sebesar 10TB. Jika danamu terbatas, coba ajak temanmu untuk download aplikasi ini melalui link yang disediakan, sebab Dropbox memberikan tambahan ‘jatah’ kapasitas penyimpanan yang lumayan untuk setiap temanmu yang ikut menginstall Dropbox. Asik kan?

aplikasi simpan foto

Flickr

Sebelum Instagram booming, semua orang download aplikasi milik Yahoo ini untuk sharing foto-foto mereka dengan mudah. Rasanya, hampir semua fotografer (profesional atau semi-pro) tahu apa itu Flickr. Setelah tertindas Instagram dalam lima tahun terakhir, Flickr meluncurkan app baru yang memungkinkan penggunanya untuk mengupload foto secara otomatis dari smartphone. Untuk mendukung fitur ini, Flickr pun memberikan 1TB storage gratis bagi semua pengguna.

aplikasi simpan foto

Google Photos

Aplikasi besutan Google ini, adalah yang terbaik di antara kompetitor lainnya. Alasannya mudah, proses automatic sync berjalan sangat mulus. Saat mengupload foto, kamu bisa memilih dua kualitas foto: Original, atau High Resolution. Kualitas original, berarti mengupload foto dengan resolusi dan ukuran sesuai di smartphone kamu. Sedangkan dengan memilih High Resolution, foto kamu akan diperkecil kualitas dan ukurannya sesuai dengan standart Google.

Keuntungan dari memilih High Resolution, kamu mendapatkan kapasitas penyimpanan yang tak terbatas. Jika kamu memilih Original, maka kamu hanya mendapatkan 15 GB secara gratis. Jika koleksi foto kamu melebihi 15 GB, kamu bisa membeli kapasitas tambahan dengan harga $2 atau sekitar Rp28.000 per bulan untuk tambahan 100 GB.

Nggak hanya itu, berkat Google face detection, aplikasi ini juga bisa mengenali wajah mantan kamu yang ada di foto, dan lalu membuat satu album yang berisi foto kamu dengan dia. Kurang apalagi coba? Dengan adanya aplikasi ini, kamu nggak perlu takut lagi koleksi fotomu hilang karena handphone yang dicuri atau rusak tak bisa diperbaiki lagi. Download satu–boleh lebih–untuk smartphone-mu.

Baca Juga:
Ini Aplikasi Edit Foto Terfavorit Plihan Kami
7 Cara Biar Fotomu Nggak Backlight

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza