Baru Lihat Bisa Langsung Sayang, Mitos atau Fakta?

Pernah ngerasain cinta pada pandangan pertama? Yakin itu cinta? Sebenarnya ini mungkin atau nggak sih? Dan berapa lama perasaan ini bertahan?

Pernah ngerasain cinta pada pandangan pertama? Yakin itu cinta? Ya mungkin nggak yang cinta deep banget gitu, tapi perasaan naksir yang parah banget sampai bikin kita terlintas mikir, “Kayaknya dia masa depan gue!”

Mungkin nggak sih love at first sight ini emang beneran terjadi? Baru pertama lihat langsung sayang gitu. Atau mungkin cuma ilusi kita aja, karena beberapa hal seperti cewek yang kita lihat pertama kali itu emang keliatannya tipe kita banget, atau ya udah kelamaan jomblo aja.

Setelah ngobrol sama beberapa cowok tentang topik ini, sebagian besar emang bilang nggak percaya sama cinta pada pandangan pertama. Menurut mereka, naksir karena itu cewek lucu banget sama sekali bukan cinta atau sayang. Buat dua hal itu disebut butuh waktu berkali-kali ngobrol dan jalan bareng, baru bisa terasa, sayang atau nggak.

Walaupun ada juga 1-2 cowok yang percaya, karena menurut mereka gejala itu lebih ke chemistry yang langsung terasa klik. “Susah juga jelasinnya. Bukan berarti udah langsung sayang gitu sih, tapi lebih kayak yakin aja. Klik gitu!” Kata Uky (24 tahun).

Baca juga: 5 Tipe Cewek di Tinder yang Perlu Kamu Hindarin

Emang nggak gampang ngejelasinnya, tapi cinta pada pandangan pertama itu beneran ada lho!

A post shared by h. jung ko (@h._jung_ko) on


Hah, emang iya? Gini, menurut studi psikologi, cinta pada pandangan pertama itu termasuk jenis cinta yang romantis dan punya potensi untuk menguatkan hubungan cinta yang lebih dalam di masa depan. Mungkin kebanyakan dari kita mikir kalau pandangan pertama itu nggak mungkin lah cinta, orang belum kenal kan? Gimana kita bisa cinta, padahal belum tahu karakternya kayak gimana. Ya nggak?

Nah, masalahnya soal penilaian karakter sebelum kenal ini nggak bisa kita pegang banget juga, karena penilaian kita bakalan terpengaruh banget sama stereotype tampilan seseorang.

Misal nih, kita mengalami pandangan pertama sama cewek yang dandanannya punk berat gitu. Seneng sih ngeliatnya, cakep dan ketawanya nyenengin. Tapi, karena kita termasuk yang menganggap orang berdandan punk itu nggak bener, kita langsung buru-buru mengabaikan perasaan itu. Padahal bisa aja itu cinta, dan bahkan mungkin kalian bakal cocok banget sampe tua.

Atau mungkin juga anggapan bahwa cinta pandangan pertama itu nggak mungkin karena cinta itu bukan soal perasaan, tapi juga aktivitas yang nggak bisa dilihat cuma dari pas pandangan pertama.

Iya, bisa. Tapi aktivitas juga belum tentu bisa jadi dasar kesimpulan mencintai seseorang pada sekian banyak pandangan berikutnya. Karena, menurut ilmu psikologi, seseorang bisa saja tidak melakukan aktivitas tertentu karena pertimbang seperti moral, biaya, atau aksi normal. Contohnya nih, orang yang lumpuh total juga bisa jatuh cinta dong, tapi dia nggak akan pernah bisa menunjukkannya dengan aktivitas otot.

Intinya, oke aja kalau mikir nggak percaya sama cinta pada pandangan pertama, karena informasi tentang si dia nggak cukup dan susah diandalin. Tapi kan bukan berarti momen itu nggak bisa jadi awal dari hubungan cinta yang langgeng. Ya nggak sih?

Baca juga: Cara Bikin Baper Cewek Sesuai Karakter Mereka

Nikmati momennya, dan jalani sepenuh hati. Karena cinta pandangan pertama bisa aja jadi awalan cinta yang dalam


Ada penelitian yang menyatakan kalau kebanyakan hubungan cinta yang romantis banget itu diawali atau didasari ilusi positif atau ideal. Jadi yang awalnya emang mesti ngarep banget gitu lho! Optimis dan PD aja sama momen romantis yang kamu alami. Karena kata penelitian tadi juga, jarang ada hubungan cinta tulus banget dari hasil perhitungan sistematis. Ya cinta mah, emang abstrak aja gitu kan.

Selain itu ada pendapat juga kalaupun pandangan pertama itu rasa cinta, sebentar juga bakalan ilang kan? Itu sih bukan cinta lah. Untuk ini, jawabannya, waktu bukan ukuran yang oke banget buat urusan cinta. Setahun atau semenit, yang namanya naksir sampe gugup dan bikin dengkul lemes ya terjadi aja.

Cinta ya cinta aja. Yang mungkin ngebedain banget dengan cinta yang kita pikirin adalah seberapa deep-nya kita terlibat dalam hubungan cinta itu.

Cinta pandangan pertama, menurut D. Barelds di Journal of Social and Personal Relationships, bisa dibilang romantisme dalam bentuk snapshot dari moment tertentu. Sementara romantisme yang dalam lebih ke hasil kebiasaan menjalani kegiatan bersama dalam waktu yang relatif panjang. Cinta pandangan pertama nggak mungkin bisa dalam, karena kedalaman emang butuh waktu. Tapi ya nggak bisa disebut dangkal juga.

Ibaratnya nih, anggap aja kita nonton bola 30 detik pertama, terus karena banyak pemain utama cedera dan oper-operannya keliatan boring, kan bukan berarti pertandingan bakal nggak menarik sampai menit 90. Jadi perasaan saat pandangan pertama itu jangan diremehin juga loh! Nikmati aja, dan jalanin seenaknya. Siapa tahu cocok banget dan akhirnya bisa seperti gambar di bawah ini:

Baca juga: 4 Aplikasi Online Dating Buat Yang Ngebet Nikah

Jadi ya gitu ya. Cinta pandangan pertama itu emang termasuk jenis cinta kok. Bahkan berpeluang banget berkembang jadi sesuatu yang oke banget buat kamu sama dia. PRnya adalah, gimana rasa saat pandangan itu dilanjutin ke perkenalan, dan seterusnya buat kamu kenal dia lebih dekat lagi. Pokoknya jangan dilawan, lemesin aja!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza