Cegah Kebotakan Sejak Dini Dengan Melakukan Cara Ini

Kalau kamu merawat rambut dengan baik dan benar, mungkin rambut kamu nggak bakal minggat ninggalin kamu dari tempatnya sekarang.

Selama ini, rambut kamu mengalami masa-masa penuh ‘siksaan’ sejak bertengger di atas kepala kamu. Jangan heran kenapa mereka mulai nggak betah dan satu per satu pergi dari tempatnya. Mungkin kamu ngerasa kalau kamu udah cukup merawat, merapikan, sampai membersihkannya. Tapi kamu juga sering menyiksanya dengan membubuhkan produk-produk kimia, mengeringkan dengan pemanas, menyisirnya ke samping, ke bawah, bahkan ke atas, sampai membuatnya kaku nggak bergerak walau kena badai sekalipun. Nggak ada cowok yang rela berpisah dengan rambutnya. Karena itu, cegah kebotakan dari sekarang.

Sebelum kebotakan memperkenalkan dirinya, lebih baik kamu mengenal lebih jauh hal-hal yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Temukan perawatan yang tepat buat rambut kamu, sebelum kamu nanti merindukannya.

Selidiki sampai ke akar!

1 (1)

Ada banyak faktor yang bikin rambut kamu rontok, dan tiap orang berbeda-beda. Cari tahu apa penyebabnya pada diri kamu. Apakah faktor keturunan, atau ada faktor lain, seperti penggunaan zat kimia, penyakit kulit dan sebagainya. Dari sinilah kamu bisa menentukan langkah pencegahan dan perawatan.

Hentikan penyiksaan

2 (1)

Ada hal yang perlu kamu tahu: rambut cowok lebih gampang rontok ketimbang cewek. Jadi, sedikit siksaan udah bisa bikin rambut kamu stres, hal ini termasuk mewarnai rambut, membentuknya dengan gel atau wax, dan apa pun yang mengandung kimia. Jadi hentikan siksaan dengan nggak bergonta ganti warna rambut, menuangkan berbagai produk kimia, dan sejenisnya.

Baca juga: Model Rambut Pria yang Cocok Berdasarkan 6 Tipe Wajah

Rajin-rajinlah membilas

3 (1)

Kebersihan kulit kepala wajib terjaga. Pakailah shampo yang mengandung bahan aktif AHA, ceramide Bio-metic, Plimer Kationik, Clycerol, atau Bisabolol. Bahan-bahan aktif ini bisa memberi vitalitas, memperbaiki kerusakan, menguatkan tiap helai rambut, dan menjaga kulit kepala biar tetap memberi pasokan nutrisi ke akar rambut.

Tuangkan ramuan khusus

4 (1)

Sekarang ada banyak obat-obatan yang mengandung zat tertentu yang bisa membantu menyehatkan dan menyuburkan rambut kamu. Dua zat yang terkenal saat ini adalah minoxidil dan finasteride. Kedua bahan ini bekerja dengan menghambat kadar hormon androgen, khususnya testosteron yang bisa merusak folikel rambut.

Baca juga: 5 Gaya Rambut yang Bikin Cewek Ilfil

Keringkan alami

5 (1)

Pakailah handuk yang bersih dan kering. Kalau perlu, biarin kering secara alami. Tapi kalau pengen cepat, pakai blow dry dengan panas medium dan kecepatan rendah. Jangan terlalu panas!

Atur perlahan

6

Pakai jari tangan atau sisir dengan gigi yang nggak terlalu rapat buat merapikan rambut. Sisir yang rapat bisa membuat rambut kusut jadi patah dan akhirnya jadi rapuh serta gampang rontok.

Kalau semua sudah dilakukan dan masih rontok juga, kamu nggak perlu ragu buat ke dokter kulit, agar dilakukan perawatan intesif yang lebih tepat sasaran.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza