• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Cara Menggunakan Smartphone Android untuk Virtual Reality

Cara Menggunakan Smartphone Android untuk Virtual Reality

Maksimalkan smartphone Android kamu untuk pengalaman lebih seru dengan virtual reality. Live dan lebih mendebarkan!

Tahukah kamu, kalau untuk menikmati video 360 atau virtual reality, kamu nggak harus punya device seperti Samsung Gear VR, Oculus Rift, atau bahkan PlayStation VR yang harganya memang jutaan.

Makanya, daripada pusing mikirin harga, sementara rasa penasaran untuk bisa menikmati video 360 udah semakin memuncak, kamu bisa coba memanfaatkan smartphone Android kamu untuk melakukannya.

Gimana caranya?

Ternyata gampang banget kok! Setidaknya, ada dua cara mudah untuk menikmati video 360 secara maksimal lewat ponsel pintar, pertama ya dengan mengakses aplikasi YouTube. Untuk ini pastikan dulu kalau kamu sudah meng-update aplikasi kamu ke versi terbaru, agar fiturnya sudah siap buat dipakai menonton video 360.

Baca juga: Kenalan dengan Kamera Format Baru, 360-Degree Camera!

Kalau sudah update, kamu tinggal cari aja kata kunci “#360video”, biasanya langsung nongol di atas kok. Kalau sudah ketemu, langsung klik aja, dan kamu tinggal pilih video apa yang ingin kamu tonton dari yang tersedia di layar ponsel.

Selanjutnya, kamu sudah bisa menikmati virtual reality, caranya hanya dengan menggeser-geser ponsel kamu; karena video 360 yang kamu tonton akan menyesuaikan sudut pandang, dengan arahan ponsel tadi.

Pingin merasakan pengalaman menonton VR yang lebih asyik lagi, di smartphone Android kamu? Bisa! Tapi, untuk ini kamu membutuhkan perangkat dan langkah tambahan. Seperti apa? Ikuti tahapannya berikut ini:

1. Kamu perlu perangkat VR

google_cardboard_app

 

Apa itu perangkat VR? Ia adalah alat yang bisa membantu kamu menjelajah dunia virtual reality secara lebih ‘nyata’ lewat smartphone. Dan, kebetulan, kini perangkat VR sudah mudah sekali ditemukan, bahkan banyak yang menjualnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Seperti cardboard head mount Riem misalnya, yang dijual dengan harga Rp69 ribu; atau bahkan VR BOX yang bisa kamu beli dengan harga lebih murah lagi, yaitu mulai dari Rp40 ribu, sampai Rp60 ribu untuk yang generasi kedua.

Atau, kamu pingin nyobain cardboard untuk nonton VR yang sudah cukup populer, Google Card Board? Tenang aja, walaupun bawa-bawa merek Google, perangkat ini justru termasuk yang paling murah; harganya cuma Rp24 ribu kok!

Nggak mahal kan? Kalian tinggal pilih aja yang harganya sesuai kantong, dan desain yang paling cocok dengan selera. Sip, kalau sudah punya perangkat ini, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi.

Baca juga: Kenalan dengan Google Cardboard dan 5 Aplikasi Wajibnya

2. Aplikasi VR ada yang ngajak kamu keliling kota, main game, sampai membuat kamu merasakan sensasi nonton film di bioskop

bombsquad_vr_game

Untuk urusan aplikasi ini, kamu bisa coba Cardboard. Aplikasi resmi dari Google ini bisa dipakai untuk berbagai perangkat VR kamu. Selain nantinya bisa kamu tambahakan sendiri, pada Cardboard juga sudah tersedia beberapa program bawaan, seperti tur ke berbagai tempat di dunia, bahkan ada yang dilengkapi dengan pemandu lokal.

Aplikasi sejenis yang juga bisa kamu coba unduh adalah Fulldive, atau ARTE360 VR buat kamu yang tertarik menjelajahi gunung, sampai hanyut dalam pemandangan laut yang indah. Ingin yang lebih ekstrem? Kamu bisa coba aplikasi Orbulus yang bahkan bisa ngajak kamu ke planet Mars!

Buat kamu yang suka ngikutin berita, NYT VR dari New York Times menyajikan berita dalam format virtual reality melalui aplikasi ini. Sementara penyuka game, bisa coba jajal aplikasi BombSquad VR.

Dan tentunya, buat kamu yang suka cerita serem, coba cek aplikasi Sisters. Apalagi kalau kamu tonton pas malem lagi sendirian di kamar kost. Saik!

Ngomong-ngomong aplikasi, kamu tahu Prisma kan? Kalau iya, baca ini deh: 4 Jenis Foto Yang Oke Diedit Pakai Aplikasi Prisma

3. Cardboard udah, aplikasi udah, tinggal pasang smartphone kamu!

menu_cardboard_di_youtube

Biasanya pada perangkat VR sudah tersemat fitur untuk memasang atau memasukkan ponsel kita ke dalamnya. Maka, segera pasang smartphone kamu ke perangkat VR, lalu buka aplikasi yang sudah terunduh di ponsel kamu. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih materi VR yang mau kamu nikmati.

Kalau kamu bahkan tertarik untuk membuat video 360, baca artikel ini: 5 Ide Keren Video 360 yang Bakal Bikin Video Kamu Menarik Banyak Penonton

Kalau mau yang lebih gampang, kamu bisa coba buka saja aplikasi YouTube. Lalu masukkan kata kunci “#360video” di boks pencarian, seperti pada ulasan di atas; lalu tinggal putar videonya.

Ketika video sudah berjalan, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, dan kamu akan melihat menu pengaturan; dan tap menu Cardboard. Setelah itu, masukkan smartphone ke dalam perangkat VR, dan kamu sudah bisa menikmati video 360 dengan cara lebih maksimal!

Mudah kan? Nah, buat kamu yang udah punya perangkat VR-nya bisa langsung aja cobain nonton video dari YouTube berikut ini:

Selamat mencoba!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza