Ini Dia Cara Bikin Film Seperti Pro Pakai Smartphone Kamu

Bikin film yang bagus nggak harus nguras biaya yang super mahal. Ikutin cara bikin film berkualitas hanya dengan kamera smartphone kamu.

Sekarang, banyak ponsel pintar yang dilengkapi kamera dengan kualitas gambar bermega pixel tinggi. Nah, untuk kamu yang pengen bikin film Indie, kamera smartphone kamu sebenernya bisa dimanfaatin, ada banyak cara bikin film yang irit lho. Bayangin aja, sekarang banyak smartphone yang kameranya udah nyampe di atas 15 mega pixel. Ini jelas di atas kamera-kamera digital generasi pertama yang dulu banyak dipake sutradara buat bikin film.

Kalo kamu ngerasa udah punya konsep film yang matang dengan skrip atau naskah yang menurut kamu bakal menarik buat banyak orang, coba deh jadiin sebuah film. Jangan sampe kreativitas kamu nggak tersalurin hanya karena kendala teknis, yaitu kamera profesional. Banyak lho film yang sukses dibikin pake kamera smartphone. Contohnya film I Play With the Phrase Each Other yang banyak dapet penghargaan, atau film Tangerine yang sinematografinya keren banget udah kayak profesional. Bahkan film lokal seperti Cai Lan Gong yang bertema horor juga dibuat pakai smartpone Android, sampe berhasil masuk MURI.

Nah, setelah kamu punya konsep dan naskah yang mateng, juga pemain yang bagus, sekarang saatnya kumpulin tim buat wujudin kreativitas kamu bikin film pakai kamera smartphone kamu. Yang perlu kamu perhatikan biar sukses adalah beberapa hal berikut ini.

1. Pencahayaan adalah hal terpenting

Processed with VSCO with e5 preset

Tentu aja buat semua orang yang berkreasi pakai kamera, apa pun kameranya, pencahayaan adalah hal nomor satu yang perlu diperhatiin. Terutama buat kamu yang mau bikin film pakai kamera smartphone. Walau smartphone punya kualitas kamera di atas 10 mega pixel, tapi nggak seperti kamera pro, sensor gambar pada lensa kamera nggak bisa nangkep cahaya lebih banyak. Jadi, cobalah lebih banyak mengambil gambar di tempat yang cukup terang buat ngindarin pecahnya gambar atau bayangan yang nggak semestinya ada.

Baca juga: 4 Smartphone Dengan Kamera Terbaik Pilihan Gadget Freak

2. Perhatikan fokus kamera

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Walau kebanyakan kamera smartphone sekarang memiliki kamera dengan fungsi auto fokus, kamu juga harus perhatikan ke mana fokus kamera mengarah. Biasanya, kamera smartphone juga dilengkapi dengan pengaturan fokus lewat sentuhan atau touch focusing. Jadi, selalu perhatikan dengan detail apakah objek yang kamu ambil gambarnya sudah fokus di layar? Jika belum, sentuh pada layar bagian yang ingin kamu buat fokus.

3. Coba untuk tetap stabil

6_pexels-photo-171947

Nggak ada tangan yang bisa stabil megang smartphone tanpa gerak. Kamu tentu nggak pengen orang yang nonton film kamu pusing gara-gara gambar yang kamu ambil goyang ke sana-sini. Walau kamera smartphone sekarang banyak dilengkapin Image Stabilizer, tetep aja nggak semaksimal kamu ngambil gambar pake tripod. Tapi, tripod tentu aja ngebatasin gerak kamu. Kalau memang kamu harus ngambil gambar bergerak yang nggak memungkinkan kamu pakai rel (yang pastinya nggak murah), kamu bisa pakai handheld stabilizer yang memungkinkan kamera kamu tetep stabil walau kamu bergerak.

4. Audio sangat penting

4_pexels-photo-164960

Sebagus apa pun kamu ngambil gambar, kalo kualitas audionya jelek, bakal ngerusak film kamu. Kualitas audio sangatlah penting, karena audio yang bagus akan membuat film kamu lebih hidup. Nah, kalo kamu ngandalin mic yang ada di smartphone kamu, ada kemungkinan hasil video kamu nggak bakal sempurna. Karena mic smartphone sangat terbatas dalam ngerekam suara. Baiknya, kamu makai microphone terpisah buat ngerekam audio. Kamu bisa pake mic yang didekatin sama sumber suara, atau bisa pake microphone wireless yang disembunyiin di baju pemain.

Baca juga: Ini Rahasia Sukses Mengambil Gambar Pakai Kamera Smartphone

5. Sebisa mungkin tetep deket sama objek gambar

5_smartphone-face-woman-eyes-122428

Semakin jauh objek gambar yang mau kamu tangkap, semakin sulit kamu ngatur kualitas gambar. Dengan nyoba untuk tetep deket sama objek gambar kamu, bakal ngebantu kamu buat mastiin pencahayaan udah bagus, fokusnya udah pas, lebih sedikit digital noise dan sebagainya. Oh ya, jangan terlalu banyak pakai zoom kamera dari smartphone, karena kebanyakan zoom kamera ini menggunakan digital zoom, bukan optical zoom. Ini artinya gambar yang diambil hanya diperbesar secara digital sehingga kemungkinan bakal pecah gambarnya waktu di zoom sangat besar.

6. Udah pasti harus ngambil gambar horizontal

opener_2_pexels-photo-296757

Ini kayaknya hal basic yang semua orang perlu tau kalo ngambil gambar video harusnya secara horizontal, bukan vertikal! Kesalahan ini banyak dilakuin orang karena kebiasaan makai smartphone dengan layar vertikal. Liat aja di Youtube, banyak banget yang unggah video dalam kondisi gambar vertikal. Jadi, peganglah smartphone selalu dalam posisi horizontal!

7. Tingkatkan kualitas gambar dengan aplikasi

7_pexels-photo-201889

Banyak banget aplikasi gratis yang disediain smartphone buat bantu editing video kamu biar jadi lebih keren. Beberapa di antaranya bahkan udah kayak profesional. Tapi, kalo kamu pengen lebih profesional lagi, nggak ada salahnya kamu investasi beli aplikasi yang bagus buat bantu ningkatin kualitas video kamu. Seperti film indie Tangerine, film ini make aplikasi Filmic Pro yang bisa diberi dengan harga cuma $8 aja. Buat hasil yang maksimal, jangan ngandalin pake hanya satu aplikasi aja. Coba gabungkan beberapa aplikasi, karena masing-masing aplikasi punya kehebatan tersendiri. Gunakan juga software di PC atau laptop kamu buat ngedukung editing film yang lebih profesional.

Terakhir, jangan terlalu cepat puas dengan hasil yang kamu dapat. Cobalah pancing diri kamu sendiri buat ngedapetin hasil yang maksimal. Teruslah belajar dan banyak mencoba teknik-teknik yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Jangan batasin kreativitas kamu karena ide-ide liar kamu justru bakal bikin film kamu jadi lebih hebat lagi.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza