Calon Pasangan Hidup Kamu Beda Warga Negara? Penuhi 5 Syaratnya!

Kalau sudah cinta, masalah mengurus surat nikah sih nggak akan jadi urusan yang susah. Setuju, kan?

Jatuh cinta pasti bisa sama siapa, aja. Termasuk sama wanita yang punya banyak perbedaan sama kamu. Salah satu perbedaan yang mungkin bikin kamu sempat berpikir dua kali untuk melamar, adalah perbedaan warga negara. Jangan dulu mundur. Mengurus pernikahan beda warga negara nggak sesusah yang kamu takutkan, kok.

Kapan mulai mengurus surat

Jangan dulu heboh memesan gedung, catering, dan suvenir perkawinan. Hal yang paling pertama yang harus kamu lakukan adalah memberitahukan pejabat pencatat pernikahan selambatnya 10 hari kerja sebelum pernikahan tersebut dilaksanakan.

Tempat mengurus surat nikah

Tenang aja, tempat mengurusnya nggak seribet yang kamu pikirkan kok. Kecuali bagi pihak calon istri kamu, perlu mengurus beberapa surat di kedutaan negaranya. Untuk kamu yang beragama Islam, surat untuk menikah bisa langsung diurus di Kantor Urusan Agama (KUA). Sementara untuk calon pengantin non Muslim, dapat langsung mengurusnya ke kantor Catatan Sipil.

Berkas yang harus disiapkan

OOH LA LA! So excited about the way this cake topper came out! Don't you just love it? Now available in our Etsy store!

A photo posted by Camille Fenn (@handsomelovepaper) on

Karena kamu adalah WNI, maka berkas yang wajib kamu siapkan lebih simpel, yaitu fotokopi KTP, fotokopi akte kelahiran, data orang tua calon mempelai, serta surat pengantar dari RT/RW yang menyatakan bahwa kamu tidak ada halangan untuk melangsungkan perkawinan.

Surat yang harus disiapkan calon istri kamu

Cut the cake! Captured by @vegaprabumi #andienippewedding @andienippewedding

A photo posted by Andien Aisyah (@andienaisyah) on

Sedangkan buat calon istri kamu, pastikan dia menyiapkan fotokopi kartu identitas/ paspor, fotokopi akte kelahiran, surat keterangan bahwa dia tidak sedang dalam status nikah, atau akte cerai bila sudah pernah nikah; atau akte kematian bila pasangan sebelumnya telah meninggal, dan surat keterangan yang menyatakan bahwa diperkenankan menikah dengan WNI. Surat keterangan ini akan dikeluarkan oleh instansi yang berwenang di negaranya. Surat-surat tersebut lalu diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh penerjemah yang disumpah, dan kemudian harus dilegalisir oleh Kedutaan Negara WNA tersebut yang ada di Indonesia.

Selain itu, calon istri kamu harus mengurus Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas) bila ingin menikah di Indonesia. Biaya pengurusan adalah Rp.1juta untuk 1 tahun, dan Rp.55ribu untuk pengambilan pas foto. Nanti setelah menikah, Kitas dapat diganti dengan Kitap (Kartu Izin Tinggal Tetap) agar paspor tidak penuh dengan stempel.

Biaya pernikahan nikah beda warna negara

Sesuai dengan peraturan terbaru yaitu PP No. 48 Tahun 2014 yang berlaku mulai 7 Juli 2014 adalah Rp. 0 (nol) alias gratis untuk pernikahan pada jam kerja di dalam kantor KUA. Jika pernikahan dilakukan di luar kantor KUA atau di luar jam kerja KUA maka biayanya adalah Rp. 600.000 (enam ratus ribu rupiah).

Sudah tahu, kan, mengurus surat nikah beda negara ternyata nggak susah? Good luck with your wedding, guys!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza