Begini Cara Mulai Semester Yang Benar Biar Cepat Lulus

Bagaimana kamu memulai semester baru sebenarnya akan menentukan apakah kamu bakal lulus lebih cepat dengan nilai tinggi.

Kuliah semester baru sudah dimulai. Setelah liburan panjang, kamu merasa punya semangat baru untuk kembali ke kampus, ketemu gebetan cantik dari jurusan desain, kembali dalam kegiatan ekstra kulikuler dan terlibat urusan kemahasiswaan. Tapi, jangan lantas terlena dengan suasana kampus. Kamu harus memahami bahwa memulai semester baru harus dengan strategi yang tepat. Jika tidak, maka kuliah yang kamu jalani bisa keteteran dan nilai IPK 3 bakal sulit untuk diraih. Saatnya kamu membuat perencanaan dalam memulai semester baru ini, karena keberhasilan kamu biar cepat lulus mata kuliah dan mendapat nilai tinggi, tergantung pada minggu-minggu (bahkan hari-hari) pertama kamu memulai kuliah. Mulailah dengan:

Bikin jadwal kegiatan.

Jangankan ngatur waktu buat kuliah, kadang kamu aja masih suka telat dateng ngapelin pacar kamu. Memang, ngatur waktu adalah hal terberat buat mahasiswa. Tapi, gagal ngatur waktu bisa bikin kamu gagal juga lulus tepat waktu, apalagi dapet nilai bagus. Jadi, nggak ada salahnya kamu mulai belajar ngatur waktu. Cobalah pakai kalender. Mau cetak, atau digital, itu terserah kamu, yang penting catat semuanya. Mulai jadwal kuliah, kelas, bahkan waktu buat janjian sama gebetan di kantin kampus. Buatlah jadwal sampai sebulan ke depan.

Siapin buku, diktat atau materi kuliah.

Nggak punya materi kuliah seperti buku dan diktat di awal semester bakal bikin kamu ketinggalan dari mahasiswa lainnya. Kalo kamu membelinya online, atau bukunya belum sampai waktu kuliah sudah mulai, kamu wajib membaca materi itu dari perpustakaan, atau copy bab pertama dari teman kamu yang sudah punya. Pastiin juga kamu bisa ngelarin tugas-tugas yang ada di bab pertama sampai buku kamu tiba.

Jangan rakus ngerjain latihan.

Jangan bikin target ketinggian dengan ngerjain soal latihan sampai bab 10. Ini bakal jadi bumerang buat kamu. Karena pas kamu dapat nilai kecil waktu ngerjain latihan, maka hal ini bakal menghantui kamu sepanjang semester. Coba deh kerjain soal latihan secukupnya dan stop waktu kamu merasa tidak mengerti. Bikin catatan dari soal latihan buat nanya ke dosen kamu biar ngerti.

Jangan kebanyakan ikut ekskul.

Jangan sampe kamu kecapean dan kehabisan waktu gara-gara kebanyakan ikut kegiatan di kampus. Tapi nggak ikut ekstra kulikuler sama sekali bakal bikin kamu rugi, karena kamu nggak punya koneksi sama senior atau temen satu angkatan. Ikut ekskul kampus bisa ngasih kamu akses untuk dapet soal latihan, kisi-kisi ujian, lowongan magang dan sebagainya.

Siapin dana kuliah kamu.

Kamu bisa aja dapat nilai tertinggi di beberapa mata kuliah, tapi kalau uang kuliah kamu berantakan, maka kamu bisa gagal ngelarin semester. Pastiin dana kuliah kamu aman sampai akhir semester. Ini termasuk uang praktikum sampai uang ujian semester.

Pastiin kamu nggak kere di kampus.

Ini beda sama dana kuliah, dan setiap orang bakal beda-beda kebutuhannya. Hal dasar penting seperti uang kos, uang makan sehari-hari, sampai uang transport, harus udah kamu buatin pos-posnya sendiri biar setoran uang kuliah lancar dan kamu bebas dari stres.

PDKT-in dosen pembimbing.

Tiap mahasiswa di kampus punya dosen pembimbing. Kamu harus bisa punya hubungan baik dengan dosen tersebut, termasuk curhat masalah akademis dan masalah lain di kampus. Kadang, tiap mahasiswa bakal ngerasain masa-masa sulit di kampus, entah itu kesulitan dengan mata kuliah atau ketinggalan mata kuliah akibat hal-hal tertentu. Jika ini terjadi, maka dosen pembimbing adalah orang yang tepat buat bantu kamu melewati masalah itu.

Gali info dari sesepuh jurusan.

via GIPHY

Salah satu cara cerdas biar nggak jadi mahasiswa abadi adalah nyari peninggalan senior kamu yang udah lulus matakuliah bersangkutan. Entah itu catatan mereka atau soal-soal latihan dengan jawaban yang udah pernah mereka kerjakan. Termasuk contoh-contoh soal ujian dari senior kamu ketika ikut mata kuliah yang sedang kamu ambil.

Bikin gank kampus.

via GIPHY

Lupain gank motor kamu, saatnya bikin gank yang lebih berguna di kampus. Kebanyakan mahasiswa berhasil ningkatin nilai kuliah mereka berkat ‘teman kampus’ atau kelompok belajar. Apalagi kalau salah satu mahasiswa di gank kamu ada yang pinter, maka kamu bisa ketularan pinter darinya.

Harus kelewat PEDE!

via GIPHY

Terakhir, hal paling mandasar dalam buat dapat nilai tinggi dan cepet lulus adalah sikap: PEDE dan percaya –benar-benar percaya– kalau kamu mampu melakukannya (dan lakukanlah!). Jangan dengerin orang-orang yang meremehkan kamu, lupain masa-masa buruk di sekolah dulu, yakinlah kalau kamu bisa jadi yang terbaik. Selamat memulai semester baru!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza