Baru Hobi Mancing? Ini 7 Alat Pancing yang Wajib Kamu Punya

Memancing bukan sekadar melempar kail dengan umpan dan menunggu ikan memakannya. Intip hal-hal apa saja yang wajib kamu siapkan untuk mulai memancing.

Sebagai hobi, memancing adalah salah satu hobi tertua yang dilakukan manusia. Dulu awalnya memancing adalah kegiatan untuk bertahan hidup karena ikan yang mereka dapatkan dapat dimakan. Namun sekarang, alat pancing banyak dijual di toko hobi. Memancang memang lebih dipandang sebagai hobi untuk mengasah kesabaran. Tapi nggak cuma itu, memancing juga bisa dipakai sebagai pengusir stres karena aktivitas ini butuh lingkungan yang tenang dan hening. Duduk di tepi kolam atau sungai, pemancing bakal merasa rileks dengan suara angin yang berembus, suara air mengalir, atau suara kecipak ikan. Apalagi mancingnya di tengah hutan seperti di Gunung Pancar.

Di bawah ini, kami menyajikan beberapa alat pancing mendasar buat kamu yang ingin menekuni hobi ini.

hobi memancing

Joran

Zaman kamu kecil, mungkin kamu sudah pernah memancing dengan joran dari bambu. Ya itu dia alat pancing yang paling sederhana. Kalau bisa, buatlah sendiri. Kalau nggak bisa, kamu bisa membelinya di pasar dengan harga di bawah Rp15.000. Joran bambu ini memiliki keterbatasan dari sisi kelenturan dan beban yang bisa ditahannya.

Joran yang lebih modern terbuat dari berbagai macam bahan, seperti fiber glass, karbon, grafit, boron atau kevlar. Untuk pemula, pilihlah joran dengan panjang antara 120-180 cm. Joran ini cukup memadai untuk kegiatan memancing sederhana dengan ikan incaran yang nggak terlalu besar. Joran yang seperti ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp50.000.

Penggulung Tali

Penggulung tali yang baik bisa menggulung tali hingga panjangnya 200-400 meter. Untuk pemula, penggulung tali yang bisa menahan beban antara 2-8 kg sudah cukup baik.

Tali Pancing

Tali pancing atau kenur yang umum dan layak digunakan biasanya yang berukuran 8-20 lbs (3,6-4,5 kilogram) dengan bahan terbuat dari nilon. Tali pancing jenis ini bisa meregang hingga 30 persennya. Yang harus diperhatikan tentang tali pancing ini adalah perawatannya. Simpan tali pancing di tempat kering dengan suhu ruangan karena cairan dan panas matahari bisa menggerogoti kekuatannya.

hobi memancing

Timah/Pemberat

Timah atau pemberat ini berfungsi untuk membuat umpan tenggelam dalam air. Pilihlah pemberat dengan bentuk lonjong atau seperti peluru karena pemberat yang berbentuk bulat bisa membuat tali pancing melintir.

Pelampung

Maksudnya bukan pelampung untuk manusia ya, tetapi alat pancing yang berfungsi menjaga agar tak seluruh bagian tali pancing masuk ke air. Pelampung juga menjadi indikator apakah umpanmu dimakan ikan atau tidak. Benda ini terbuat dari kayu, busa, gabus, fiber glass atau plastik.

hobi memancing

Mata Kail

Kail yang paling sederhana berbentuk melengkung dengan ujung tajam dan di sana umpan untuk iklan diletakkan. Tapi itu bukan satu-satunya bentuk kail. Ada pula 2-4 kail yang dipasang bergandengan di bawah sebuah umpan yang berbentuk ikan.

Umpan

Dulu, kamu mungkin cuma mengenal cacing sebagai umpan. Tapi sebenarnya, umpan untuk ikan bisa bermacam-macam, mulai dari serangga seperti belalang atau jangkrik, udang, sampai ikan kecil.

Nah, kalau sudah tahu apa saja alat pancing yang harus dibawa, sekarang kamu sudah siap kan untuk memancing di sungai? Kuncinya, sabar.

Baca Juga:
Untuk yang Hobi Main Game, Ini 5 Game yang Wajib Kamu Coba
Tertarik Koleksi Lego Minifigures? Coba Baca yang Satu Ini

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza