Sisi Gelap Pokemon GO: 6 Bahaya Pokemon GO yang sedang Heboh Ini!

Pokemon GO memang seru untuk dimainkan. Namun, kamu sudah tahu belum apa saja bahayanya bermain Pokemon GO? Ayo, simak artikel berikut!

Minggu lalu, Pokemon GO dunia gempar dengan hadirnya game Pokemon GO yang telah dinanti-nantikan para pencinta pokemon. Bagi yang belum tahu, Pokemon GO adalah sebuah game Augmented Reality (AR) berbasis lokasi (GPS) untuk smartphone Android dan iOS (maaf ya, windows). Permainan ini memungkinkan penggunanya untuk menangkap pokemon di dunia asli! Memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar, game ini menampilkan pokemon di layar yang bisa kamu tangkap dan koleksi! Selengkapnya di sini.

Game yang terkenal di kalangan remaja tahun 90’an ini memang sangat seru. Pindahnya pokemon dari Nintendo DS ke dunia nyata merupakan terobosan mencengangkan. Namun, belum seminggu setelah dirilis, Pokemon GO dan banyak pihak berwajib sudah giat menyebarkan peringatan keamanan dalam bermain Pokemon GO! Pasalnya, ternyata ada sisi gelap di balik permainan canggih ini. Berikut contoh-contoh kasusnya:

Tersandung, terjatuh, dan terluka

Sisi Gelap Pokemon GO 2

Sumber: Associated Press

Ciri khas utama pemain Pokemon GO adalah berjalan sambil menatap layar smartphone yang digenggam di depan muka. Jari mereka bergerak-gerak dari atas ke bawah, sambil menunjukkan ekspresi senang dan cemas. Mereka berjalan mengikuti tampilan jalan virtual di layar untuk mencari pokemon-pokemon baru. Bagi pemain yang terlalu fokus dan kurang sadar akan lingkungannya, hal ini sangat berbahaya.

Terjeduk, tersandung, dan terjatuh sudah hal biasa bagi sejumlah pemain. Bahkan nggak jarang kasus kecelakaan kecil seperti terjatuh, masuk got, dan terbentur tiang mengirimkan para pemain masuk ke rumah sakit . Hal tersebut terutama disebabkan oleh mata pemain yang ‘tertempel’ pada layar dan mengabaikan lingkungan sekitarnya. Akhirnya, sudah nggak bisa main, rugi sendiri pula.

Bahaya berkendara sambil bermain

Sisi Gelap Pokemon GO 2

Sumber: Brian Jones

Anehnya, terkadang Pokestop (titik temu koleksi barang Pokemon GO) berada di samping, dan bahkan di tengah jalan. Bagi para pemain yang malas, atau sudah bosan bermain di areanya nggak jarang tancap gas keliling kota untuk mencari titik-titik tersebut. Walau masih belum marak di Indonesia, tapi sudah menjadi hal umum bagi pengendara untuk berhenti atau berkendara dengan lambat di negeri barat.

Hal ini tentu nggak baik untuk kepentingan semua pengguna jalan. Berhenti di tengah merupakan perilaku yang nggak bertanggungjawab, karena menyebabkan macet dan mencegah orang lain sampai pada tujuan mereka. Apa lagi, mata yang nggak fokus mengemudi berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu-lintas. Mungkin, undang-undang harus diperketat lagi.

Perampokan

Sisi Gelap Pokemon GO 4

Sumber: [S]hadow

Selain Pokestop, ada juga barang bernama ‘Lure’ yang berfungsi untuk mengumpulkan pokemon liar di satu titik. Hal tersebut tentu dapat menarik berbagai pemain, terutama anak-anak dan remaja untuk berkumpul di daerah tersebut. Hal yang membahayakan adalah, jika ‘Lure’ ini digunakan oleh para penjahat dengan maksud ingin merampok atau bahkan menculik pemain.

Di wilayah Missouri, Amerika Serikat, telah dilaporkan sejumlah kasus percobaan perampokan danor penodongan terhadap remaja yang terpancing oleh ‘Lure’. Ketika para remaja menghadiri lokasi, senjata tajam dan api langsung dikeluarkan oleh pelaku sambil menggertak para korban untuk memberikan barang bawaannya. Walau ada kasus yang berhasil dicegah pihak berwajib, tapi jumlah kasus yang dilaporkan kian meningkat

Baca juga: 5 Tips yang Perlu Kamu Tahu Agar Selamat Bermain Pokemon GO

Tempat yang tak dikenal

Sisi Gelap Pokemon GO

Sumber: Michelle

Para pemain Pokemon GO juga nggak jarang nekat berkelana ke tempat-tempat yang belum pernah dilalui sebelumnya, sengaja atau pun nggak. Demi mencari pokemon dan pokestop baru, bejalan menelusuri peta virtual yang ditampilkan merupakan hal yang sangat menggiurkan.

Namun, jika kamu sampai pada wilayah yang nggak dikenal, kamu harus berhati-hati. Kemungkinan besar, kamu akan melupakan jalan pulang. Belum lagi baterai yang habis karena game yang sangat memakan baterai tersebut, atau sinyal yang hilang. Bisa saja tempat tersebut menjadikan kamu, si pendatang asing yang memegang gadget dan nggak sadar lingkungan sekitar, target empuk untuk perilaku kejahatan.

Pokemon GO palsu

Sisi Gelap Pokemon GO

Sumber: Cara McGoogan

Bagi kalian yang belum mendownload Pokemon GO, sebaiknya berhati-hati. Di luar sana telah banyak beredar aplikasi APK yang mirip dengan Pokemon GO, namun sebenarnya merupakan tiruan games yang palsu . Kini, aplikasi palsu tersebut sedang beredar di internet, terutama di negara yang belum dirilis.

Aplikasi ini dikabarkan mengandung virus, dan menginstal koneksi dari gadget kamu ke pelaku. Hasilnya, semua data pribadi dalam smartphone kamu dapat diambil oleh pelaku tanpa sepengetahuan kamu. Lebih baik segera uninstall jika sudah terlambat, dan carilah sumber terpercaya seperti Google Play Store atau Apple Store untuk men-download-nya.

Kecanduan

Sisi Gelap Pokemon GO 1

Sumber: Miwok

Walau nggak lebih berbahaya dari yang lain, kamu tetap harus berhati-hati agar nggak kecanduan bermain Pokemon GO. Inilah salah satu bahaya pokemon go Game virtual realita yang mewujudkan impian para pecinta pokemon ini dapat dengan mudah membuat nagih para pemainnya. Dari elemen sosial sampai elemen petualangan mengoleksi pokemon, setiap aspek dari permainan ini berpotensi membuat kamu lupa akan dunia.

Tugas, kerja, dan kehidupan kamu bisa terganggu kalau nggak diregulasi dengan baik. Disarankan agar para pemain nggak terlalu ‘gila’ bermain sambil melupakan waktu pulang ke rumah, istirahat, atau menjalani aktivitas sehari-hari. Menangkap pokemon memang menguras keringat, tapi sudah pasti bukan olahraga yang paling sehat.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, kamu disarankan membaca tips-tips berikut agar tetap dapat dengan aman menikmati bermain Pokemon-Go!

Sumber Gambar Utama: Pokemon GO

Categorised in: , ,

This post was written by Tommy Prayoga