Awas! 7 Penyakit Ini Bisa Nular Lewat Ciuman!

Nikmatnya sesaat, tapi sakitnya bisa berhari-hari. Pikirkan dulu saat ingin nyium seseorang karena ada penyakit yang bisa nular lewat ciuman.

Sebesar apa pun kamu dan pasangan terinspirasi sama Instagramnya Awkarin, lebih baik kamu hati-hati untuk foto-foto ciuman sama cewek kamu, apalagi sama cewek yang baru kamu kenal dari sosmed. Bukan cuma masalah UUITE, tapi kamu berdua perlu waspada sama lima penyakit yang bisa nular lewat ciuman ini.

Mungkin sebagian besar dari kamu belum tau kalau mulut adalah bagian terkotor dari tubuh kita. Ini karena air liur kamu mengandung banyak banget mikroorganisme. Bahkan menurut Badan Penanggulangan dan Pengendalian Penyakit Menular di Amerika Serikat, gigitan orang lebih berbahaya dibandingin sama gigitan seekor anjing. Ngeri, kan? Bayangin betapa gampangnya penyakit berpindah kalo si pembawa virus dalam satu hari ciuman sama beberapa orang.

Tapi jangan khawatir, buat kamu yang punya budaya cium pipi dan cium tangan buat menghormati orang yang lebih tua, atau cium jauh biar tetep kekinian, kamu nggak bakal tertular kok. Virus-virus ini bisa menular lewat ciuman yang ngelibatin kontak atau pindahnya air liur. Nah, lebih baik, pikirin dulu sebelum kamu nyium lawan jenis atau pacar kamu, apakah dia cukup sehat atau keliatan sedang sakit. Jangan berganti-ganti pasangan, dan jaga daya tahan tubuh kamu biar kamu nggak tertular salah satu dari penyakit ini.

1. Mononucleosis

via GIPHY

Kamu mungkin pernah denger penyakit Mono, atau orang bule nyebutnya kissing disease. Karena kebanyakan kasus penularan penyakit ini disebabkan oleh ciuman. Biang keroknya adalah virus Epstein Barr, yang biasa nemplok di air liur. Begitu kamu ciuman sama orang yang sedang mengidap Mono, dan kejadian kontak air liur, maka kamu otomatis bakal ketularan juga.

Kalo kamu kena infeksi virus ini, kamu bakal nunjukin gejala seperti demam, mual, pusing, tenggorokan sakit, nafsu makan hilang sampai gelisah. Walau bisa diobati dan sembuh, kamu bakal tersiksa dalam waktu lama, bisa sampai 2 bulan!

2. Cytomegalovirus

via GIPHY

Ini adalah sejenis virus herpes simpleks yang bisa nyebar lewat kontak air ludah, dan juga darah, urine, ciaran sperma juga air susu. Seperti kebanyakan virus herpes lainnya, Cytomegalovirus(CMV) bisa singgah di tubuh kamu dalam waktu lama. Walau kamu keliatan sehat, tapi sebenernya virus ini ada di tubuh kamu. Makanya kamu nggak bakal nyadar kalau sebenernya kamu udah ciuman dengan pembawa virus ini.

Biasanya kamu baru ngerasain gejalanya waktu daya tahan tubuh kamu lagi drop. Kamu bakal ngerasain mual, demam, nyeri otot, dan yang lebih serius bakal bikin radang paru dan otak, sampai kejang-kejang.

3. Flu

via GIPHY

Sebenernya, nggak perlu sampe ciuman pun, kamu udah bisa ketularan virus influenza. Hanya dengan ngobrol berdeketan atau lagi di sebelah orang flu yang bersin, kamu bisa langsung ketularan. Apalagi ciuman sama orang yang lagi kena flu. Dalam sehari, kamu udah bisa ngerasain gejalanya.

Biasanya kamu bakal ngerasain demam, batuk, sakti tenggorokan, badan pegel-pegel dan pusing. Biasanya orang bisa sembuh sendiri dalam waktu kurang dari dua minggu, tergantung daya tahan tubuh kamu.

4. Kutil

via GIPHY

Agak ngeri sih dengernya. Tapi kutil beneran bisa nular lewat ciuman lho! Penyakit yang disebabin virus Human Papillomavirus atau HPV ini diperkirakan ada 100 macam jenisnya. Nah, kutil yang ada di dalam mulut, bisa nyebar lewat ciuman. Risiko kamu terkena kutil mulut ini bakal lebih besar kalau ada luka yang terbuka di dalam mulut kamu. Biasanya proses terjadinya kutil bakal butuh waktu, dan kamu nggak bakalan nyadar setelah kutil ini muncul di dalam mulut kamu.

5. Gingivitis

via GIPHY

Walau saat ciuman nggak terjadi kontak ludah, kamu sebenernya juga bisa terinfeksi bakteri, terutama bakteri yang nyebabin penyakit gingivitis atau radang di gusi kamu. Penyakit ini nggak hanya bisa bikin gusi kamu radang, tapi juga bisa ngancurin gusi kamu. Bakteri jenis ini seneng banget bersarang di rongga mulut yang nggak bersih. Awalnya kamu bakal ngerasain tanda-tanda radang gusi dengan munculnya bercak-bercak merah dan bengkak.

6. Hepatitis B

via GIPHY

Walau virus Hepatitis B menyebar di dalam darah, tapi ada kemungkinan juga virus ini nular lewat ciuman. Itu biasanya karena ludah dan darah penderita bercampur dan terjadi kontak dengan ludah orang yang ia cium. Risiko lebih besar kalau orang yang dicium punya luka yang terbuka di dalam mulutnya. Cara terbaik buat ngehindarin hal ini adalah dengan nggak sembarangan nyium orang yang baru kamu kenal.

7. Meningokokus

via GIPHY

Ini adalah penyakit yang mengancam nyawa, dan meningitis termasuk di dalamnya. Kamu bisa dengan gampang ketularan penyakit ini lewat ciuman dengan orang yang udah terinfeksi atau menderita penyakit ini sebelumnya. Saat kamu ketularan, biasanya kamu bakal ngerasain leher kaku, demam tinggi dan sakit kepala. Kalau ketularan, kamu perlu penanganan serius dari dokter.

Udah ngerti kan bahayanya ciuman? Jadi, pikirkan berkali-kali saat kamu mau ciuman, apakah dia adalah pasangan setia kamu? Apakah kamu dan dia dalam keadaan sehat? Jangan sampe kamu nyesel belakangan.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza