• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Ayo Jadi Warga Jakarta yang Berbakti, Biasakan Lapor Online Menggunakan 3 Aplikasi Ini

Ayo Jadi Warga Jakarta yang Berbakti, Biasakan Lapor Online Menggunakan 3 Aplikasi Ini

Kamu punya keluhan yang mau disampaikan ke pemerintah? Nggak perlu ke istana negara kok. Cukup lapor online lewat smartphone aja.

“Aduh ini jalan kok bolong begini tapi nggak pernah dibenerin sih?” Keluhan seperti ini pasti sering kita keluarkan saat berada di jalan.

Ya, memang banyak banget permasalahan di kota kita yang perlu dibenahi. Mulai dari sampah, jalan rusak, banjir, berbagai pelanggaran, dan masih banyak lagi. Tapi, sering kali kita sekedar ngomel-ngomel aja. Habisnya malas juga kalau harus repot melakukan pengaduan.

Padahal, kalau kita cukup peduli untuk melaporkan masalah yang kita jumpai, kita bisa membantu pemerintah Jakarta untuk memperbaiki kota ini loh. Nah, untungnya sekarang kita sudah dipermudah untuk melakukan pengaduan dengan menggunakan smartphone kita.

Berikut adalah tiga aplikasi yang bisa kamu coba untuk lapor online:

LAPOR!

Aplikasi untuk Lapor Online ke Pemerintah Jakarta lapor

LAPOR! merupakan inisiasi dari Unit Kerja Presiden yang dibuat agar masyarakat dapat melibatkan diri bersama pemerintah dalam pengawasan dan pelayanan masyarakat. Website dan aplikasinya pun terhubung dengan 41 kementerian dan lembaga pemerintah, 15 pemerintah daerah, dan 43 BUMN di seluruh Indonesia.

Melalui LAPOR! kita bisa mengunggah laporan kita lengkap dengan foto maupun dokumen pendukung lainnya. Laporan yang kamu sampaikan akan melalui sebuah proses verifikasi dan perumusan tindak lanjut. Sebagai pelapor, kamu pun akan dikabari terkait hasil rumusan penindaklanjutan laporan dan menjelang penutupan laporan.

Kamu juga bisa memilih untuk merahasiakan laporanmu atau melapor sebagai anonim. Kamu pun bisa melihat laporan-laporan dari orang lain. LAPOR! juga digunakan untuk mengevakuasi korban banjir ketika terjadi banjir bandang di Jakarta loh.

LAPOR! tersedia untuk Android dan BlackBerry.

Baca juga: Perbandingan Kecepatan 4G LTE di Indonesia, Siapa yang Tercepat?

QLUE

Aplikasi untuk Lapor Online ke Pemerintah Jakarta qlue

Aplikasi ini cocok buat kamu yang gemar bermain media sosial nih.

QLUE adalah sebuah media sosial yang diperuntukkan bagi warga Jakarta agar bisa semakin aware dengan lingkungan sekitarnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melaporkan keluhan kamu dengan cara mengunggah fotonya dan memberikan keterangan terkait foto tersebut.

Misalnya, kamu dibikin kesal dengan mobil yang melanggar peraturan dengan masuk ke jalur busway. Kamu tinggal pilih lapor ke pemerintah, memotret keadaan tersebut, pilih kategori keluhan “Pelanggaran”, lalu masukkan judul dan isi pengaduanmu dan diunggah.

Pada foto pengaduanmu, akan ada tanda bulat kecil. Jika tanda tersebut berwarna merah, artinya laporanmu masih menunggu untuk diproses, kuning artinya sedang diproses, dan hijau yang berarti sudah ditangani.

Selain membuat pengaduan, kamu juga bisa melihat pengaduan orang lain sehingga kamu akan terupdate dengan keadaan di sekitarmu. Kamu bisa tuh lihat lokasi yang sedang banjir, macet parah, atau ada pohon tumbang.

Nah, serunya lagi kamu bisa memilih avatar yang lucu-lucu untuk mewakili kamu. Pilihan avatarnya terbatas, tapi kamu bisa unlock lebih banyak avatar dengan mengumpulkan Gem yang bisa didapatkan setiap kali kamu mengajak orang untuk menyampaikan keluhan yang kemudian diselesaikan pemerintah. Wah, jadi tambah semangat nih buat lapor online ke pemerintah!

QLUE tersedia di Android, iOS, dan website.

WBS (Whistle Blower System) Polres Metro Jakbar

Aplikasi untuk Lapor Online ke Pemerintah Jakarta wbs

Nah, kalau yang ini lebih terfokus untuk melapor kepada pihak kepolisian Polres Jakarta Barat. Dengan aplikasi WBS, kamu bisa mengirimkan informasi secara tertulis pada sebuah kotak Message dan mengunggah dokumen pendukungnya, seperti foto.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat informasi mengenai alamat dan nomor telepon kantor polisi di beberapa tempat. Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini memang lebih sederhana dan memiliki fitur terbatas.

Iya, kita juga sadar Polres Jakarta Barat salah pengejaan di aplikasinya. Mungkin itu bisa menjadi laporan online pertama kamu?

Aplikasi WBS tersedia di Android.

 

Membantu pemerintah Jakarta jadinya nggak ribet lagi kan. Kamu cuma butuh jari kamu untuk mengutak-atik smartphone agar bisa melaporkan kejadian janggal di sekitarmu.

Hmmm sebenarnya kamu juga butuh koneksi internet yang oke sih agar bisa mengunggah foto yang mendukung keluhanmu. Kalau sinyal provider smartphonemu lagi jelek, mending kamu bawa modem Bolt aja kemana-mana biar koneksi internet kamu terjamin terus. Mumpung lagi diskon tuh di MatahariMall.

Categorised in: ,

This post was written by Karen Tungka