Alasan Untuk Bangga dengan Indonesia

Sebetulnya kita punya banyak banget alasan untuk bangga dengan Indonesia, kamunya aja yang melewatkannya.

Mungkin kamu bosan, setiap hari berjumpa dengan kemacetan atau membaca berita-berita nasional yang cuma bikin gerah. Kamu merasa, Indonesia ini nggak ada bagus-bagusnya. Tapi Indonesia sebetulnya keren banget. Ada banyak hal yang bisa kita banggakan selain keindahan alam negeri kita. Apa aja contohnya? Simak aja!

A post shared by NAK BALI Ne (@nakbaline) on

Indonesia Kaya Budaya

Mungkin kamu sudah dengar berita tentang Bahasa Jawa yang digunakan di bandara Dubai. Atau bahasa Sunda yang bisa digunakan pada situs pencarian Google. Tapi bahasa daerah di Indonesia bukan hanya Sunda dan Jawa saja. Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa yang aktif digunakan di seluruh penjuru nusantara. Beragamnya jumlah bahasa daerah ini punya potensi tersembunyi lho! Menurut penelitian, orang yang menguasai 2 bahasa atau lebih, akan lebih mudah beradaptasi di tempat baru, lebih cerdas, dan lebih cepat dalam mengambil keputusan. Jadi, kamu harus bangga kalau kamu menguasai bahasa daerahmu!

A post shared by Veronique Yang (@golden_heart) on

Indonesia Punya Banyak Hari Libur

Salah satu efek dari beragamnya budaya dan kepercayaan di Indonesia ternyata membuat negara kita memiliki jumlah hari libur yang cukup banyak: 16 hari libur nasional + 4 hari cuti bersama. Hal ini menempatkan Indonesia di urutan ke-5 dari negara dengan jumlah hari libur terbanyak di dunia. Dengan banyaknya jumlah hari libur, kamu gak perlu banyak-banyak ambil cuti deh buat liburan. Bangga kan tinggal di negara ini?!

Indonesia Kaya Rasa

Kamu pasti sudah sering dengar tentang rendang bisa disebut sebagai salah satu menu makanan terlezat di dunia. Sebetulnya hal ini nggak mengherankan sih, sebab rendang punya racikan istimewa yang terdiri dari berbagai bumbu atau rempah yang sanggup menggoyangkan lidah. Tanah Indonesia itu ideal banget untuk menanam berbagai jenis tumbuhan bumbu dan rempah. Buktinya: bangsa lain sampai menjajah negeri kita selama ratusan tahun demi rempah-rempah. Karena rempah lebih bernilai dari emas! Jadi, kamu harus bangga sama makanan Indonesia yang enak-enak ya!

Indonesia Kaya Produk Berkualitas

Banyak banget orang Indonesia yang bangga waktu Indomie diakui sebagai mie instant terlezat di dunia. Dari situ kita jadi berharap akan ada produk lain dari Indonesia yang diakui kualitasnya. Sebetulnya negara kita punya banyak banget produk yang kualitasnya setara dengan produk asing. Sayangnya produk-produk bagus ini masih dipasarkan dalam jumlah kecil karena keterbatasan biaya promosi, jadi nggak banyak orang yang tahu. Untungnya penduduk Indonesia sudah mulai melek digital. Sekarang semua orang bisa jualan dan belanja lewat situs & aplikasi online seperti MatahariMall.com. Dan bukan cuma belanja barang, bayar-bayar tagihan listrik dan air pun sudah bisa dilakukan secara online. Praktis banget! Semoga dengan adanya situs jual beli online semua penjual jadi bisa menjajakan barangnya dengan mudah. Para pembeli pun bisa mencari produk Indonesia berkualitas dengan mudah.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, kita punya banyak alasan untuk bangga sama Indonesia lho. Negara kita rutin meraih medali di olimpiade sains, skill tentara kita yang mampu mengalahkan negara kuat di ajang adu ketangkasan militer, dan lain-lain. Kita merasa Indonesia belum ada apa-apanya karena seringkali kita menilai negara kita dari satu hal saja. Sudah saatnya kita buka mata dan mulai bangga dengan berbagai prestasi dan potensi negeri kita tercinta. Kalau perlu, kita sendiri yang bikin Indonesia Bangga!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza