8 Tempat Seru Buka Puasa yang Dekat Masjid

Memilih tempat berbuka puasa nggak hanya harus seru, dan punya menu andalan yang bikin air liur netes, tapi juga perlu di dekat masjid supaya ibadah tetap jalan terus.

Buka puasa bersama pasti sudah jadi agenda wajib kamu yang sekaligus jadi ajang reuni. Entah itu dengan teman-teman dari bekas sekolah dulu, gank lama yang sudah jarang ketemu, atau bahkan dengan mantan terindah. Tapi ingat, ibadah tentu tidak boleh terlewatkan. Jangan sampai gara-gara terlena dengan iga bakar saus madu, kamu jadi lupa menunaikan kewajiban shalat Maghrib. Karena itu, pilihlah tempat berbuka puasa yang dekat dengan masjid agar kamu –dan teman-teman kamu– bisa break sebentar untuk menunaikan shalat. Beberapa tempat makan seru yang dekat dengan masjid berikut ini, mungkin bisa jadi rekomendasi kamu buat buka puasa bersama. Jangan khawatir, tempat-tempat ini juga seru buat selfie kok!

Abunawas Restaurant


Lokasi: Jl. Kemang Utara No. 15, Kemang, Jakarta Selatan

Dekat dengan: Masjid Al Barkah Kemang Utara

Restoran ini punya pintu masuk seperti gerbang, dan begitu dibuka, kamu seperti masuk ke sebuah istana kecil 1001 malam. Bahkan menu makanan dilengkapi dengan huruf Arab. Kamu bisa berbuka dengan sambosa Abunawas yang terkenal itu. Jangan lupa mencicipi nasi mandi yang kaya rasa atau kebab kambing yang empuk dan gurih. Sebagai penutup, kamu bisa mencoba Muhallabiyah, alias puding susu dengan kismis dan krim karamel yang nikmat. Yang lebih seru, harga makanan di sini sangat bersahabat dengan dompet kamu.

Cut The Crab

A photo posted by Cut The Crab (@cutthecrabid) on


Lokasi: Jl. Cikajang No. 32, Senopati, Jakarta Selatan

Dekat dengan: Masjid Jami’ Nurul Iman

Tempatnya nyaman dengan dinding yang dilapisi kayu dan dilengkapi pelampung dan poster-poster nautical vintage. Kamu seolah-olah sedang berada di dalam kapal pinisi. Kamu bisa pesan Prawn Combo buat diserbu rame-rame. Jangan sampai kelewatan memesan kepiting. Kamu bisa sesuaikan sausnya dan tingkat kepedasannya. Uniknya, hidangan ini akan dituang di atas meja dan kamu bisa menikmatinya tanpa piring. Dijamin yang paling rakus bakal keliatan. Tapi justru ini yang bikin seru.

Dapur Babah Elite


Lokasi: Jl. Veteran 1 No. 18-19, Gambir, Jakarta Pusat

Dekat dengan: Masjid Istiqlal

Interior restoran yang didominasi perabotan tempo dulu ini bakal bikin foto wefie kamu, dan teman-teman jadi makin keren. Kamu seperti merasa masuk ke dalam ruangan dengan atmosfir klasik khas peranakan Tionghoa. Masakan Indonesia yang mendapat pengaruh dari Tionghoa bakal bikin air liur kamu banjir. Cobalah pesan Nasi Tjampoer Babah yang ditemani sayur lodeh khas Dapur Babah. Atau Nasi Kare Kepiting yang cuma bisa kamu temui di sini.

Pelangi Seafood

A photo posted by metobs (@meta_tobing) on


Lokasi: Jl. Johar No. 16, Menteng, Jakarta Pusat

Dekat dengan: Masjid Cut Nyak Dien

Sebenarnya restoran ini jagoannya bikin masakan khas Makasar. Selain hidangan seafood bakarnya, banyak yang ngidam Nasi Goreng Merah khas Pelangi Seafood. Selain itu, Coto Makasar adalah salah satu makanan yang paling cepat habis dipesan di restoran ini. Untuk hidangan laut bakar, cobalah ikan bakar dengan saus parape yang nikmat, wangi dengan sensasi rasa manis dan pedas yang seimbang. Ingin yang segar-segar dan mengenyangkan? Coba saja Sop Konro yang hadir dalam porsi besar.

Saudagar Kopi Juga Dekat Masjid

A photo posted by Sekar (@sekar303) on


Lokasi: Jl. Maleo Blok JC1 No. 26, Pondok Aren, Tangerang Selatan

Dekat dengan: Masjid Raya Bintaro Jaya

Kalo kamu termasuk penggemar kopi coba pesan Es Kopi Kocok yang jadi signature Saudagar Kopi. Selain menyuguhkan macam-macam minuman kopi, kamu juga bisa memesan makanan pembuka seperti Pisang Tempura atau Singkong Garlic. Bila ingin makanan ringan untuk berbuka puasa, kamu bisa memesan Colenak Retro. Berbagai makanan utama seperti Nasi Ayam Bakar Bumbu Rujak, Nasi Sri Redjeki hingga Bakmi Koji bakal membuat buka puasa kamu super kenyang.

Warung Pasta


Lokasi: Jl. Ganeca No. 4, Dago Pakar, Bandung

Dekat dengan: Masjid Salman ITB

Di sini, kamu bakal disuguhkan berbagai sajian aneka olahan pasta yang spesial. Buat kamu yang suka makanan pedas, kamu bisa pesan Spicy Hot Pasta. Tak hanya pasta, berbagai macam pizza juga bisa kamu pesan di sini. Salah satu yang favorit adalah Creamy Cheese Pizza, pizza garing dengan saus krim keju yang ditabur smoked beef dan dilapis keju mozarella yang lumer di mulut.

House of Raminten


Lokasi: Jl. Faridan Muridan Noto No. 7, Gondo Kusuman, Yogyakarta

Dekat dengan: Masjid Agung Syuhada

Perpaduan nuansa jawa kuno dengan imajinasi unik pemiliknya, ditambah alunan musik gending Jawa serasa membawa kamu ke negeri lain. Hidangan khas di sini adalah nasi kucing dengan sate dan lawuh tambahan sesuai selera. Sebagai pemuas dahaga setelah haus puasa, kamu bisa pesan Kelapa Muda Tamanan dengan porsi jumbo. Jangan kaget kalau gelas berukuran super besar akan terhidang di depan kamu. Aneka makanan tradisional seperti Rawon hingga Sego Liwet tersaji di sini dengan harga yang sangat murah.

Momo Milk Barn


Lokasi: Jl. Pakuan No. 3, Bogor

Dekat dengan: Masjid Raya Bogor

Ini adalah restoran yang tepat buat kamu yang ingin buka puasa bareng di tempat kekinian dan bisa foto-foto untuk instagram. Restoran ini menyajikan menu serba susu yang enak banget. Walau tempatnya besar, tapi resto ini selalu ramai dan waiting list. Untuk berbuka, coba saja pesan Harshey Chocolate Milkshake yang segar dengan Nutella Pancake yang lezat. Untuk makanan utama, di sini kamu bisa menemukan masakan Chinese hingga Western.

Kedai Kopi Kimteng


Lokasi: Jl. Senapoelan No. 22 A-B-C, Pekanbaru

Dekat dengan: Masjid Raya Pekanbaru

Saking top nya, tempat ini jadi tempat nongkrong segala kalangan, baik anak-anak muda sampai pejabat. Jangan kaget kalau di dalam restoran ini banyak branding brand-brand yang nggak ada hubungannya sama makanan. Walau di sini khas nya kopi, tapi banyak menu lain yang bisa kamu pesan. Roti gandum bakar dengan selai srikaya sangat pas nemenin seruputan kopi yang kamu pesan. Aneka masakan mie seperti Ifumi Goreng hingga Mie Kuah Tom Yam bisa memuaskan lapar kamu.

River Side Restaurant


Lokasi: Jl. Rumah Bari, Komplek Benteng Kuto Besak, Palembang

Dekat dengan: Masjid Agung Palembang

Di sini adalah tempat yang paling sempurna untuk nongkrong sambil menikmati Jembatan Ampera. Apalagi menjelang buka puasa, lampu-lampu di Jembatan Ampera dan di restoran ini sendiri bakal bikin latar belakang yang keren buat wefie. Restoran yang berada tepat di samping sungai Musi ini menyuguhkan aneka makanan yang beragam. Kamu bisa pesan Pindang Patin yang segar dan gurih, atau pesan Ikan Tengiri Bakar lengkap dengan dua macam sambal yang lezat.

Sudah pada tahu, kan, mau bukber dimana? Yuk, segera bikin reservasi!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza