8 Spot Selfie Underwater di Indonesia Yang Bikin Orang Merinding

Saatnya meningkatkan keahlian selfie kamu. Selfie underwater akan membuat teman-teman kamu kagum, apalagi kalau kamu selfie di spot diving berikut ini.

Selfie dengan latar belakang gunung dan sunset udah terlalu mainstream. Mungkin itu yang bikin Instagram kamu belakangan ini jadi kurang laku. Cobalah selfie underwater pasti bikin Instagram kamu makin keren. Bagi kamu yang sudah punya GoPro, mungkin bukan hal yang sulit untuk foto selfie di dalam air. Tapi kalau kamu belum punya, kamu bisa kok foto selfie dengan kamera ponsel, bahkan ponsel yang harganya di bawah Rp. 3juta sekalipun. Kamu cukup memakai pelindung ponsel atau cover kamera anti air yang banyak dijual online. Salah satu yang terbaik adalah Bingo,

Nah, biar hasil foto underwater kamu makin mengagumkan, cobalah kamu selfie di salah satu dari spot diving paling keren saat ini di Indonesia, dijamin followers Instagram kamu jadi nambah.

Pulau Togian

Lokasi: Sulawesi Tengah

Saat ini, kepulauan Togian menjadi salah satu destinasi diving yang populer di Indonesia. Kepulauan ini memiliki banyak titik diving yang tersembunyi dan menawarkan keindahan biota laut yang mengagumkan. Bahkan masih banyak spot diving di kepulauan ini yang belum dijelajahi, jadi bisa memberikan pengalaman seru buat kamu yang ingin menjelajahi tempat menyelam baru. Dari 56 kepulauan yang ada, kamu bisa menjumpai tiga titik diving yang paling populer di sini. Salah satunya terdapat bangkai pesawat Bomber B24 yang jatuh pada masa Perang Dunia Kedua.

Pulau Weh

Lokasi: Aceh

Ini adalah pulau paling Barat di Indonesia. Di sekitar pulau Weh terdapat pulau-pulau kecil yang menjadi tempat diving menarik. Salah satunya adalah Pulau Rubiah. Pulau Weh terkenal kaya akan ekosistem laut serta rumah bagi banyak spesies langka. Tak heran bila pulau ini dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena kekayaan alamnya. Keindahan terumbu karang di pulau Weh menarik banyak wisatawan yang ingin menyelam di lokasi yang bisa dibilang cukup terpencil ini. Dijamin kamu nggak bakal kebingungan mencari tempat selfie menarik saat diving, karena warna warni terumbu yang tumbuh alami, serta spesies laut yang beragam tersebar luas di sekitar pulau ini.

Taman Nasional Wakatobi

BrrrrrπŸ‘ŒπŸ‘πŸ‘ŽβœŠ#dcdcwakatobi #dive #wakatobi #vitaminsea

A photo posted by @dhidy_ld on

Lokasi: Sulawesi Tenggara

Kalau kami ingin melihat keindahan terumbu karang yang sebenarnya, kamu bisa menyelam di Wakatobi. Sejak ditetapkan menjadi Taman Nasional, Wakatobi menempati prioritas teratas dalam konservasi laut di Indonesia. Terdapat sekitar 112 jenis terumbu karang dari 13 famili yang tersebar di 25 titik sepanjang 600 km garis pantai. Bayangkan, kamu bisa mengambil foto selfie kamu dengan latar belakang terumbu karang yang indah di sepanjang gugusan terumbu tersebut. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menemukan 93 jenis ikan yang berenang di sekitar Taman Nasional Wakatobi.

Teluk Tomini

Lokasi: Gorontalo

Di bagian Selatan propinsi Gorontalo, terdapat lokasi penyelaman yang berupa tebing menjorok langsung ke dalam laut, dan letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Tebing ini memang sangat terkenal dan merupakan bagian dari Tebing Kontinental Sulawesi. Tebing pertama dan kedua memiliki kedalaman 30 dan 120 meter. Namun pada Teluk Tomini, kedalamannya mencapai lebih dari 4000 meter. Karena itulah banyak terdapat hewan-hewan pelagik yang mendekati pesisir pantai, seperti paus, lumba-lumba dan masih banyak hewan laut bebas lainnya. Kamu bisa menyelam sambil berenang dengan hiu paus yang fenomenal di sini.

Pulau Komodo

MANTA!!! MANTA!!!! #manta #mantaray #komodo #indonesia #mantapoint #epicselfie #selfie #gopro

A photo posted by Fabian Skopp (@fskopp) on

Lokasi: Nusa Tenggara Timur

Tak hanya menjadi rumah bagi satu-satunya spesies purba yang tersisa di bumi ini, namun perairan di sekitar pulau Komodo merupakan surga bagi para penyelam. Di sini, kamu nggak hanya dapat melihat beragam biota laut yang indah, tapi juga akan berjumpa dengan pasukan ikan pari. Tepatnya di sekitar titik Manta atau Manta point, di bagian Selatan pulau Komodo, kamu bisa melihat beberapa ikan pari sedang asik berenang di area ini. Jika kamu menyelam pada kisaran waktu bulan September hingga Juni, maka kamu akan menjumpai sekitar 10 hingga 20 ekor pari sekaligus.

Danau Kakaban

Lokasi: Kalimantan Timur

Menyelam nggak hanya bisa kamu lakukan di laut saja, danau pun bisa jadi tempat atau destinasi diving yang seru. Apalagi kalau kamu menyelam bersama jutaan ubur-ubur. Jangan khawatir, ubur-ubur ini termasuk jenis yang aman kok. Danau Kakaban ini terletak di pulau Kakaban, tepatnya di kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Di danau ini, tedapat empat jenis ubur-ubur yang aman dan nggak membahayakan manusia. Kamu bisa dengan bebas berenang bersama, dan tentu saja selfie dengan dikelilingi oleh ubur-ubur.

Tulamben

Inside the shipwreck #Tulamben #bali #scubadiving #gopro #goprohero4 #divetrip

A photo posted by Adam B (@adambenjamin45) on

Lokasi: Bali

Di kalangan penyelam, Tulamben sudah sangat terkenal sebagai tempat menyelam yang menyenangkan. Tulamben merupakan sebuah desa nelayan kecil di Timur Laut Bali. Menjadi terkenal sejak terdapat bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam akibat rusak parah karena dibom oleh Jepang. Bangkai kapal ini kemudian menjadi rumah bagi spesies laut dan terumbu karang. Kamu nggak perlu menyelam hingga laut dalam untuk menemukan bangkai kapal ini, karena kapal ini berada hanya 30 meter dari permukaan air dan kira-kira 25 meter dari pantai.

Raja Ampat Buat Selfie Underwater

Lokasi: Irian Jaya

Jaman sekarang, siapa yang nggak kenal dengan Raja Ampat? Situs menyelam di Raja Ampat sudah jadi destinasi utama dari para penyelam baik lokal maupun mancanegara. Perairannya yang sangat jernih membuat jarak pandang kamu saat menyelam jadi lebih tajam dan jauh. Ditambah lagi warna warni biota laut di Raja Ampat yang sangat kaya dan beragam, membuatnya seperti sebuah lukisan indah yang keren buat jadi latar belakang selfie kamu. Di sini, kamu bisa menjumpai 1200 spesies ikan! Ini merupakan rekor dunia di mana ditemukan spesies ikan terbanyak dalam satu situs.

Bagaimana? Udah menemukan destinasi yang bisa jadi sumber inspirasi kamu buat foto selfie di dalam air? Saatnya kamu persiapkan perlengkapan selam dan gadget kamu. Dan ingat, kamu harus punya sertifikat menyelam untuk melakukan diving demi keselamatan kamu.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza